Iklan Atas Artikel

Mengenal 5 Air Terjun Lampung Yang Menyegarkan Mata Wisatawan

 

Lampung merupakan salah satu provinsi yang berada di pulau sumatera. Provinsi ini beribukotakan Bandar Lampung yang diresmikan pada tanggal 18 Maret 1964 dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 3/1964 yang kemudian menjadi Undang-undang Nomor 14 tahun 1964. Provinsi lampung terdiri atas 2 kota dan 13 kabupaten. Selain di kenal dengan kota tapis lampung juga memiliki berbagai pusat wisata yang tidak banyak orang ketahui. Apa saja wisata yang berada di Lampung ini, kita sajikan sebagai berikut.

1.     Air Terjun Ciupang Pesawaran


https://www.nyongmart.com/

Air Terjun Ciupang atau dikenal juga dengan nama Curup Ciupang ini menyuguhkan pemandangan yang masih sangat alami. Air terjun ini terletak di Dusun Purwajaya, Desa Sumberjaya, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Wisata yang satu ini, cukup mudah untuk dijangkau dan memiliki daya tarik yang sangat menarik untuk di kunjungi karena keindahannya.

Berdasarkan foto yang diunggah @yadii0304 melalui instagram Air Terjun tersebut memiliki tatanan bebatuan yang bisa digunakan untuk memanjat, namun Anda juga harus tetap hati-hati karena masih banyak bebatuan yang ditumbuhi lumut hijau yang licin. Dengan suasana yang indah dan asri membuat Air Terjun Curup Ciupang ramai dikunjungi para wisatawan baik dari dalam Provinsi maupun luar Provinsi Lampung.

Sangat sayang kan bila kita sudah sampai di Lampung tidak berkunjung di Air Terjun ini, kita bias mengabadikan momen dengan latar belakang Air Terjun ini. Tenang saja untuk masuk ke wisata ini tidak dipungut biaya dan sebaiknya anda beserta keluarga membawa makanan dan minuman dari rumah dikarenakan jarang yang berjualan dilokasi tersebut. Ketinggian air Terjun ini pun dijamin membuat Anda puas, aliran air terjun yang jatuh menimbulkan suara khas yang akan memaksa Anda untuk menikmati suasana alam yang masih alami dan indah.



2.   Air Terjun Lubuk Lau Pesawaaran

https://www.nyongmart.com/

Sama halnya dengan Air Terjun Ciupang, Air terjun Lubuk Lau ini juga terletak di Pesawaran Lampung yaitu di Desa Way Sabu. Untuk menuju ke Air terjun ini  aksesnya cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan perjalanan ke arah pesawaran melewati pantai sari ringgung, pantai ketapang dan pantai klara, tak jauh dari pantai klara itu terdapat markas TNI Anggkatan Laut, Brigade Infanteri -3 Marinir, Batalyon Infanteri -9. Sampai menemukan pertigaan ambil jalur kanan masuk menuju sebuah perkampungan sampai ke titik akhir di tandai dengan adanya bendungan.

Berdasarkan unggahan @ahmadazzam18 di media instagram Air Terjun ini tidak terlalu tinggi namun dalam hal ini tidak mengurangi rasa untuk berkunjung menikmati guyuran air terjun dan berenang serta bersantai dengan menikmati makanan dan minuman  yang dibawa sendiri. 


3.     Air Terjun Way Tayas Lampung Selatan

https://www.nyongmart.com/

Berbeda halnya dengan kedua Air Terjun yang telah disampaikan diatas, Air Terjun ini terletak di Lampung bagian Selatan Yaitu Kalianda. Air Terjun ini bernama Air Terjun Way Tayas, wisata ini berada di Dusun Pangkul Desa Sukaraja Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan yang berada di ketinggian sekira 500 mdpl.

Objek wisata Air Terjun ini memang belumlah terlalu dikenal secara luas. Akses untuk menuju ke Air Terjun ini yang relatif memerlukan sebuah perjuangan, hal tersebut menjadi satu alasan belum ramainya pengunjung yang datang. Sehingga kita dapat menikmati air terjun tersebut dengan penuh kenikmatan. Berdasarkan unggahan akun @yadii0304 dimedia Instagram kita dapat mengabadikan sebuah moment yang berharga setelah melalui berbagai hambatan untuk berkunjung di Air Terjun ini.  


4.      Air Terjun Batu Lapis Tanggamus 

https://www.nyongmart.com/


Pernah mendengar berbeda tempat berbeda pula kebiasaan, berbeda pula bahasa dan berbeda juga cuaca serta

 kondisi tempat tersebut. Kali ini keindahan lainnya datang dari Kabupaten Tanggamus, Lampung. Wisata tersebut adalah Air Terjun Batu Tapis. Lokasi dan alamat Air Terjun Batu Lapis berada di Pekon Talang Beringin, Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Berdasarkan unggahan dimedia instagram dengan akun @jeckyge pesona keindahan karena ketinggiannya. Tinggi Air Terjun Batu Lapis Lampung diperkirakan mencapai 60-75 meter. Untuk menuju ke Air Terjun ini Batu Lapis sebaiknya menggunakan sepeda motor. Supaya trekkingnya tidak begitu terlalu jauh.

Dikarenakan belum adanya keputusan yang resmi, jam operasionalnya pun dbuat ala kadarnya. Namun para pengunjung diharapkan kembali saat menjelang sore, atau saat cuaca buruk. Serta di Papan Informasi Hanya tertulis batas maksimal kunjungan pukul 16.00 WIB. bagi para pengunjung, harap mematuhi protokol kemanan, dan kesehatan. Dan jangan membuang sampah sembarangan, karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.


5.     Air Terjun Way Kalam Lampung Selatan


https://www.nyongmart.com/

Masih berada di area Lampung Bagian Selatan Yaitu Kalianda. Air Terjun ini bernama Air Terjun Way Kalam yang diambil dari nama Desa tempat dimana air terjun tersebut berada, yaitu Desa Way Kalam. Arti Way Kalam sendiri memiliki arti dalam beberapa versi, jika dalam bahasa Lampung Way memiliki arti air, sedangkan Kalam artinya batu cadas. Jadi Way Kalam adalah  air yang keluar dari batu cadas.

Untuk menuju ke Air Terjun ini tidak terlalu jauh dari kota Kalianda sekitar 15 km atau 16 km dari Pelabuhan Bakauheni serta jalan yang beraspal, pengunjung  langsung dapat melihat pemandangan alam yang dapat memanjakan mata dan sejuknya udara pegunungan saat menuju ke lokasi Air Terjun Way Kalam.

Bagi para pengunjung tidak perlu khawatir terkait tariff yang dikenakan, dengan tarif yang sangat terjangkau sebesar Rp 5.000 /orang, parkir roda empat Rp.15.000 dan ronda dua Rp. 2.000, anda sudah dapat menikmati sensasi luar biasa yang ada disini. Ditempat ini juga telah disediakan tempat parkir kendaraan roda dua yang cukup nyaman.

Itulah pemaparan yang dapat disampaikan kepada Anda semua, selamat berkunjung di Lampung dengan berbagai  keragaman yang berbeda. Lampung asik, Lampung indah, Lampung Keren


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel