Iklan Atas Artikel

Tips Menjalankan Bisnis Online di Masa Pandemi

Tips Menjalankan Bisnis Online di Masa Pandemi

Nyongmart.com - Penyebaran covid-19 yang cepat memang merubah interaksi antara bisnis dan pelanggan. Banyak bisnis mulai merasa penurunan penjualan yang drastis atau bahkan tidak memiliki pelanggan sama sekali karena pelanggan sudah mulai beraktivitas di rumah mereka masing-masing. Tetapi, keberlanjutan bisnis harus tetap dilakukan agar bisnis dapat dipertahankan. Mempertahankan bisnis yang berarti juga memperjuangkan penjualan selama wabah Virus Corona memang tidak mudah. Banyak yang bertanya-tanya bagaimana bisnis menjual produk di minggu atau bulan mendatang. Berikut beberapa tips agar bisnis Anda tetap berjalan.

1. Berikan Diskon

Memberikan diskon kepada para pembeli menjadi salah satu cara berjualan online yang sangat jitu di tengah pandemi. Pemberian diskon sendiri selain bertujuan agar para pembeli tertarik dengan barang yang dijual tentu mengurangi kerugian akibat barang yang sudah di stok dalam jumlah yang cukup banyak.

Dengan memberikan diskon, maka diharapkan penjualan online pun masih bisa berlangsung meskipun di tengah pandemi yang menyerang.

2. Semakin Rajin Promosi

Semakin rajin promosi menjadi salah satu cara berjualan online yang sangat jitu di tengah-tengah pandemi. Karena ditengah-tengah pandemi, orang akan lebih senang berbelanja online dibanding harus datang ke toko langsung. Maka dari itu, rajin-rajinlah promosi barang yang dijual baik itu di sosial media maupun di marketplace.

Dengan begitu, barang yang dijual pun akan laku keras. Mempromosikan produk pun bisa dilakukan pada tiga waktu yakni pada pagi, siang, dan malam hari. Karena pada waktu-waktu tersebut orang-orang lebih banyak membuka sosial media atau marketplace. Dengan begitu saat promosi dilakukan, maka orang-orang pun bisa pas melihat produk yang dijual.

3. Pelayanan yang Cepat dan Ramah

Meskipun di tengah-tengah pandemi, tidak jarang membuat pikiran panik, bagi para penjual online sebaiknya bisa mengatasi hal tersebut. Karena para penjual online sendiri harus tetap memberikan pelayanan yang cepat dan ramah. Dengan memberikan pelayanan yang cepat dan ramah, maka diharapkan bisa membuat usaha online yang dijalankan tetap berjalan lancar seperti biasanya.

4. Lakukan Strategi Giveaway

Memberikan giveaway di tengah pandemi dirasa menjadi salah satu cara agar orang-orang mengetahui usaha online di instagram atau marketplace yang sedang dijalankan.

Selain mengetahui usaha online di instagram atau marketplace yang sedang dijalankan, dengan adanya giveaway maka diharapkan agar orang-orang bisa membeli barang yang dijual di instagram atau marketplace yang dijalankan.

5. Turunkan Harga

Menurunkan harga pun menjadi cara jitu agar jualan online masih tetap laris manis dan diminati oleh orang-orang di tengah-tengah pandemi.

Karena tidak sedikit di tengah pandemi corona sendiri banyak para pekerja yang diberhentikan. Dengan menurunkan harga dari barang yang dijual selain bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon pembeli juga bisa membantu orang-orang yang sedang membutuhkan.

6. Beri Bonus Pada Setiap Pembelian

Selain memberikan diskon dan giveaway, memberikan bonus pada setiap pembelian menjadi salah satu cara berjualan online agar tetap laris di tengah-tengah pandemi. Dengan pemberian bonus setiap pembelian, maka orang-orang pun akan senang dan tidak menutup kemungkinan untuk membeli barang di toko online yang sedang dijalankan.

7. Tetap Memperhatikan Kualitas Produk

etap memperhatikan kualitas produk merupakan cara berjualan online yang sangat patut untuk diperhatikan. Karena meskipun di tengah-tengah pandemi kualitas produk harus tetap dipastikan agar para pembeli tidak kecewa dan merasa puas berbelanja.

Bahkan sebaiknya di tengah-tengah pandemi seperti ini kualitas produk harus benar-benar diperhatikan baik itu dari segi barangnya maupun dari segi kehigienisannya.

8. Posting Hal Yang Bermanfaat

Selain memposting barang jualan, memposting hal-hal yang bermanfaat yang berkaitan dengan pandemi pun menjadi salah satu cara berjualan online yang sangat jitu di tengah-tengah pandemi.

Karena dengan memposting hal-hal yang bermanfaat selama pandemi, maka orang-orang pun akan senang berkunjung pada akun instagram jualan dan tidak menutup kemungkinan akan membeli barang-barang yang dijual.

9. Manfaatkan Sosial Media Sebagai Media Promosi

Memanfaatkan sosial media seperti facebook, whatsapp, maupun instagram sebagai media promosi merupakan cara berjualan online yang bisa dilakukan di tengah-tengah pandemi. Karena saat di tengah-tengah pandemi seperti sekarang ini, orang-orang lebih memilih diam di rumah dan berselancar di media sosial untuk mencari hiburan.

Maka dari itu, memanfaatkan sosial media sebagai media promosi sendiri merupakan cara yang jitu agar barang yang dijual secara online bisa dikenal oleh banyak orang dan banyak peminatnya.

10. Prioritaskan Menjual Barang Yang Dibutuhkan

Di tengah-tengah pandemi seperti ini tidak ada salahnya memprioritaskan menjual barang yang dibutuhkan. Karena dengan penyediaan barang yang dibutuhkan oleh orang-orang, selain bisa membantu hajat hidup orang banyak juga bisa mendapatkan keuntungan.

Namun meskipun demikian, usahakan jangan memberikan harga yang terlalu besar dan mengambil keuntungan yang banyak. Karena hal tersebut bisa memberatkan si pembeli. Bukan hanya itu saja, meskipun menjual barang-barang yang dibutuhkan, usahakan tidak menjadi penjual yang curang yakni dengan menimbunnya.

Dengan melakukan cara-cara di atas, maka bisnis online pun akan tetap bisa berjalan meskipun di tengah-tengah pandemi yang mengancam seperti sekarang ini. Bahkan jika cara-cara di atas dilakukan dengan benar, dijamin usaha online yang sedang dijalankan pun tidak akan gulung tikar. Namun justru akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.


Pesan Ini dipersembahkan oleh, Muslim Entrepreneur University

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel