Iklan Atas Artikel

Sebab Erosi Pada Email Gigi, Cara Merawat dan Restorasinya

Sebab Erosi Pada Email Gigi, Cara Merawat dan Restorasinya

Nyongmart.com - Memiliki gigi sehat dan indah adalah dambaan semua orang. Lebih percaya diri dan nyaman dalam berbagai kegiatan. Salah satu faktor penting kesehatan gigi adalah melindungi email gigi dari erosi. Namun tahukah anda, ternyata masih banyak yang belum mengetahui masalah-masalah penyebab erosi pada email gigi dan gejala-gejala yang ditimbulkan. Untuk lebih jelasnya simak saja penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Apa itu email gigi?

Email adalah lapisan tipis yang membungkus gigi. Kulit yang tipis dan keras ini adalah jaringan yang paling keras dalam tubuh manusia. Email meliputi mahkota yang merupakan bagian dari gigi yang terlihat di luar gusi.

Karena email bersifat transparan, kita dapat melihat cahaya yang disorot melalui email. Tapi bagian utama dari gigi, dentin, adalah bagian yang bertanggung jawab untuk warna gigi Kita - apakah putih, sedikit  putih, abu-abu, atau kekuningan.

Kadang-kadang kopi, teh, cola, anggur merah, jus buah, dan rokok memberikan noda pada email di gigi Kita. Kunjungan rutin ke dokter gigi untuk pembersihan rutin dan polishing dapat membantu menghilangkan noda di permukaan gigi dan pastikan gigi Kita tetap sehat.

Apa fungsi email gigi?

Email membantu melindungi gigi Kita dari resiko yang timbul dari penggunaan gigi sehari-hari seperti mengunyah, menggigit, dan menggiling. Meskipun email merupakan jaringan terkeras dari tubuh, email dapat retak. Email juga melindungi gigi dari suhu yang berpotensi merusak gigi.

Tidak seperti patah tulang yang bisa diperbaiki oleh tubuh, sekali gigi menjadi retak atau patah, kerusakan yang ditimbulkan akan bersifat selamanya. Karena email tidak memiliki sel-sel hidup, tubuh tidak dapat memperbaiki pengelupasan atau keretakan email.

Apa yang menyebabkan erosi email?

Erosi gigi terjadi ketika asam merusak email pada gigi. Erosi email dapat disebabkan oleh hal-hal berikut:

  1. Berlebihan dalam mengkonsumsi minuman ringan (tingkat tinggi fosfat dan asam sitrat)
  2. Minuman buah (beberapa asam dalam minuman buah lebih erosif dari asam baterai)
  3. Mulut kering atau aliran saliva rendah (xerostomia)
  4. Diet/Makanan (tinggi gula dan pati)Asam reflux disease (GERD)
  5. Masalah gastrointestinal
  6. Obat-obatan (aspirin, antihistamin)
  7. Genetika (kondisi diwariskan)
  8. Faktor lingkungan (gesekan, keausan, stres, dan korosi)

Apa penyebab lingkungan erosi permukaan gigi?

Gesekan, keausan dan air mata, stres, dan korosi (atau kombinasi dari tindakan ini) dapat menyebabkan erosi permukaan gigi. Istilah klinis yang lebih tepat digunakan untuk menggambarkan mekanisme ini meliputi:

Gesekan

Ini wajar gesekan gigi-to-gigi yang terjadi ketika Kita menggesekkan atau menggiling gigi seperti dengan bruxism, yang sering terjadi secara tidak disengaja saat tidur.

Abrasi

Ini adalah pemakaian dan kerusakan fisik dari permukaan gigi yang terjadi dengan menyikat gigi terlalu keras, flossing yang tidak benar, menggigit benda keras (seperti kuku, tutup botol, atau pena), atau mengunyah tembakau. Abrasi. Hal ini terjadi dari tegangan fraktur di gigi

Korosi

Hal ini terjadi bila kandungan kimia asam menyentuh permukaan gigi seperti dengan obat-obatan tertentu seperti aspirin atau vitamin C tablet, makanan tinggi asam, GERD, dan sering muntah seperti bulimia atau alkoholisme.

Temuan menunjukkan bahwa bulimia sebagai penyebab erosi email dan kerusakan gigi. Bulimia adalah gangguan makan yang terkait dengan makan dan muntah. Sering muntah dapat mengikis email gigi dan dapat menyebabkan gigi berlubang.

Saliva memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan gigi dan email. Tidak hanya air liur meningkatkan kesehatan jaringan tubuh, melindungi email dengan melapisi gigi dengan kalsium pelindung dan mineral lainnya. Air liur juga mencairkan agen erosi seperti asam, menghilangkan bahan limbah dari mulut, dan meningkatkan zat pelindung yang membantu bakteri mulut melawan dan penyakit.

Dalam mulut yang sehat, air liur yang kaya kalsium membantu memperkuat gigi, bahkan jika Kita minum soda atau jus asam.

Apakah erosi email penyebabnya adalah plak?

Plak adalah lapisan lengket terdiri dari air liur, partikel makanan, bakteri, dan zat lainnya. Plak terbentuk di antara gigi dan masuk ke dalam lubang-lubang kecil atau lubang di gigi geraham. Plak juga terdapat di sekitar tambalan rongga dan di samping garis gusi di mana gigi dan gusi bertemu.

Kadang-kadang bakteri dalam plak mengubah pati makanan menjadi asam. Ketika ini terjadi, asam dalam plak mulai menggerogoti mineral yang sehat dalam email gigi. Hal ini menyebabkan email untuk menipis dan berlubang. Seiring waktu, lubang-lubang pada email tumbuh dan berkembang.

Apa tanda-tanda erosi email?

Tanda-tanda erosi email dapat bervariasi, tergantung tingkatannya. Beberapa diantaranya adalah:

Sensitivitas. 

Makanan tertentu (permen) dan suhu makanan (panas atau dingin) dapat menyebabkan sengatan rasa sakit yang terjadi pada tahap awal erosi email.

Perubahan warna. 

Sebagai email terkikis dan nyaris terkena dentin, sehingga gigi mungkin tampak berwarna kuning karena warna dentin tersebut.

Gigi retak dan berlubang. 

Bagian tepi gigi menjadi lebih kasar, tidak teratur, dan bergerigi seperti mengikis email.

Sensitivitas nyeri. 

Pada stadium lanjut erosi email gigi menjadikan gigi sangat sensitif terhadap suhu dan permen. Kita mungkin merasa sentakan menyakitkan ketika dilakukan uji tes terhadap permukaan/kavitas gigi

Ketika email terkikis, gigi lebih rapuh sehingga lebih gampang menjadi gigi berlubang atau menderita kerusakan. Ketika kerusakan gigi mencapai hard dentin/email keras, ia memiliki akses/jalan masuk ke bagian utama gigi.

Rongga kecil tidak menimbulkan masalah pada awalnya. Tetapi ketika rongga itu tumbuh dan berkembang menembus gigi, mereka dapat mempengaruhi serabut saraf kecil, mengakibatkan abses yang sangat menyakitkan atau infeksi.

Bagaimana kita mencegah hilangnya email?

Untuk mencegah hilangnya email dan menjaga kesehatan gigi, pastikan untuk sikat gigi dan memakai dental floss/benang gigi setiap hari. Ke dokter gigi setiap enam bulan untuk pemeriksaan rutin dan pembersihan. Kita juga dapat mencoba hal berikut:

  • Menghilangkan makanan yang sangat asam dan minuman dari daftar diet kita seperti soda berkarbonasi, lemon, dan buah jeruk lainnya dan jus. Bilas mulut kita segera dengan air jernih setelah makan makanan asam atau minum minuman asam.
  • Gunakan sedotan saat kita minum minuman asam. Sedotan mendorong cairan ke bagian belakang mulut kita, dan menghindari gigi kita.
  • Memantau makanan ringan. Ngemil sepanjang hari meningkatkan kemungkinan kerusakan gigi. Mulut akan menjadi asam selama beberapa jam setelah makan makanan tinggi gula dan pati. Hindari ngemil kecuali jita bisa bilas mulut dan sikat gigi kita.
  • Mengunyah permen karet bebas gula di antara waktu makan. Permen karet meningkatkan produksi air liur hingga 10 kali aliran normal. Saliva membantu memperkuat gigi dengan mineral penting. Pastikan untuk memilih permen karet bebas gula dengan xylitol, yang terbukti mengurangi asam dalam minuman dan makanan.
  • Minum lebih banyak air sepanjang hari jika kita memiliki volume air liur yang rendah atau mulut kering.
  • Gunakan fluoridetoothpaste. Fluoride memperkuat gigi, jadi pastikan fluoride terdaftar sebagai bahan dalam pasta gigi kita.
  • Bicaralah dengan dokter gigi kita tentang obat kumur fluoride setiap hari jika kita memiliki riwayat gigi berlubang. Selain itu, mintalah dokter gigi kita jika dapat dilakukan fissure sealant sehingga dapat membantu dalam mencegah erosi email dan kerusakan gigi.

Bisakah kita terpapar dengan banyak fluorida?

Ya, itu adalah mungkin bukan hal yang tidak mungkin terpapar dengan terlalu banyak fluoride. Sementara fluorida berguna dalam mencegah kerusakan gigi, terlalu banyak fluoride dapat menyebabkan masalah seperti email fluorosis. Kondisi ini bisa terjadi pada anak-anak dan menyebabkan cacat pada email gigi.

Anak-anak dengan email fluorosis mungkin telah menelan terlalu banyak fluoride melalui suplemen, atau mereka mengambil suplemen fluoride selain minum air fluoride. Juga, menelan fluoride pasta gigi meningkatkan kemungkinan email fluorosis.

Sebagian besar anak dengan email fluorosis memiliki kondisi ringan yang tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Namun dalam beberapa kasus yang parah, gigi berubah warna, berlubang, dan sulit untuk tetap bersih.

Bagaimana perawatan email gigi?

Perawatan erosi email tergantung pada tingkat dan jenis masalahnya. Kadang-kadang menambal gigi digunakan untuk melindungi gigi dan meningkatkan penampilan kosmetik.

Jika kehilangan email signifikan, dokter gigi dapat merekomendasikan menutupi gigi dengan mahkota. Mahkota dapat melindungi gigi dari pembusukan lanjut.

Demikian ulasan seputar erosi pada email gigi dan beberapa tips pencegahan yang bisa kita lakukan baik pencegahan maupun pengobatannya. Semoga penjelasan pada artikel ini membantu anda yang sedang memiliki masalah pada email gigi.

Penulis: Iqbal Sandira

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel