Iklan Atas Artikel

Tips Sederhana Cegah Gigi Bernoda

Tips Sederhana Cegah Gigi Bernoda

Gigi bernoda selalu nampak di sebuah senyum yang lebar. Faktanya adalah, apa yang kita makan dan minum memiliki dampak besar pada level putihnya gigi kita. Walaupun beberapa makanan dan minuman dapat menodai gigi, ada juga makanan dan minuman yang membantu menjaga senyum kita agar tetap cerah.

Makanan yang menimbulkan noda di gigi kita

Apapun yang meninggalkan bekas di tangan kita atau pakaian juga bisa menodai gigi kita. Beberapa  makanan dan minuman favorit kita mungkin berada di daftar ini:

  • Kopi
  • Teh
  • Soda
  • Anggur putih dan merah
  • Jus cranberry
  • Bluberi
  • Bit
  • Kecap
  • Saus tomat

Kita masih bisa menikmati makanan ini, tapi kita harus berhati-hati dan segera menyikat atau membilas mulut kita secara menyeluruh setelah itu.

Makanan yang Mencegah Noda Gigi

Kejutan! Beberapa buah-buahan dan sayuran yang secara umum menggosok gigi kita dengan lembut saat kita mengunyah mereka. Mereka juga membantu kita membuat air liur, yang dapat melawan asam dan membersihkan mulut kita. Buah-buahan dan sayuran anti noda meliputi:

  • Apel
  • Wortel
  • Seledri
  • Kembang Kol
  • Keju dengan konsistensi keras juga memberikan sedikit gosokan pada gigi


Minum dengan sedotan. Ketika kita minum soda, jus, atau es kopi atau teh, dengan menggunakan sedotan membantu menjaga cairan yang diminum dari permukaan depan ggi kita, sehingga cairan bisa lebih terlihat.

Sikat, floss, dan kumur/bilas. Plak membuat gigi kita terasa lengket dan memberikan noda tempat untuk berpijak/berpegang. Menyikat gigi dua kali sehari, floss, dan menggunakan obat kumur anti bakteri dua kali sehari akan membantu kita melawan plak, membuat gigi kita lebih kecil kemungkinannya untuk terkena noda.

Bersihkan gigi kita secara profesional. Setidaknya dalam dua kali setahun, pergilah ke dokter gigi untuk melakukan pembersihan menyeluruh di dokter gigi.

Jangan merokok. Apakah kita mengunyah tembakau atau merokok tembakau, kedua hal itu dapat menimbulkan noda di gigi.

Masih melihat noda? Ada pilihan lain. Pemutihan dapat menjadi cara yang baik untuk mencerahkan gigi. Pemutihan gigi bekerja dengan baik pada gigi yang kuning, tetapi gigi yang berwarna coklat atau abu-abu sering memiliki masalah yang pemutih tidak bisa memperbaikinya. Dan sementara kita dapat kembali memutihkan jika noda kembali, pemutihan berlebihan secara permanen dapat merusak permukaan luar gigi, yang disebut enamel. Membaca label dan menggunakan produk tersebut dengan benar adalah langkah yang tepat.

Bicarakan dengan dokter gigi anda untuk mengetahui apakah pemutihan gigi adalah ide yang baik untuk kita. Sehingga anda mempunyai opsi-opsi untuk dipilih.

Pemutih, pasta gigi atau obat kumur : Beberapa pasta gigi dan larutan kumur membantu memutihkan gigi. Ikuti petunjuk pada label. Beberapa orang mengalami gigi sensitif jika mereka menggunakan pasta gigi dan pemutih gigi.

Pemutih gigi profesional : Jika gigi kita telah di bleaching memutih di praktek dokter gigi, mungkin diperlukan satu atau lebih kunjungan. Dokter gigi akan menempatkan gel pelindung atau rubber shield/perisai karet pada gusi kita dan kemudian mengoleskan agen bleaching ke gigi kita. Dokter gigi lalu menggunakan laser atau lampu untuk meningkatkan proses pemutihan.

Perawatan gigi yang tepat dapat membantu menjaga gigi kita cerah. Jadi nikmatilah makan dan minum anda dan tak lupa sikat gigi secara teratur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel