Iklan Atas Artikel

Mau Coba Menanam Biji Kurma? Begini Caranya


Nyongmart.com - Bagi anda yang suka bercocok tanam, tips ini mungkin akan sangat berguna. Cara budidaya pohon kurma. Siapa yang tidak tahu buah kurma, hampir bisa dipastikan semua orang mengenalnya dan pernah merasakannya.

Buah kurma, atau dalam bahasa arab disebut: تمر‎, (Tamr); nama latin dari kurma Phoenix dactylifera sebagai tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buah pohon kurma dapat dikonsumsi setelah matang.


Bagaimana Cara Menanam Pohon Kurma Agar bisa Tumbuh?


Mungkin ada yang penasaran bagaimana caranya menanam pohon kurma di Indonesia? Mungkinkah pohon kurma bisa ditanam begitu saja seperti pohon-pohon pada umumnya? Bagaimana agar pohon kurma bisa tumbuh di Indonesia, Mengingat iklimnya yang tropis sementara pohon kurma yang kita kenal tumbuh di wilayah yang iklimnya kering atau arid seperti saudi, mesir dan negara-negara lain yang memiliki iklim yang sama.

Karakter Pohon Kurma


Sebelum kita jelaskan langkah-langkah menanam pohon kurma ada baiknya kita kenali terlebih dahulu karakternya. Pohon kurma memiliki ukuran sedang dengan ketinggian antara 15-25 m. Kurma tumbuh secara tunggal atau bisa juga membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daun pohon kurma memiliki panjang 3-5 m, dengan diliputi duri pada tangkai daun. Bentuknya yang menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang kurang lebih 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar antara 6 sampai 10 meter.

Untuk bisa menikmati buah kurma setelah ditanama dibutuhkan waktu 4 sampai 7 tahun dan baru bisa dipanen setelah berusia 7 sampai 10 tahun. Pohon kurma yang telah dewasa bisa menghasilkan buah hingga 80-120 kg (176-264 lb) pada setiap musim panennya. Kualitas kurma yang dihasilkan akan sangat bergantung pada jenis dan perawatannya dari semenjak ditanam hingga berbuah.

Cara Menanam Pohon Kurma


Kini kita bahas langkah-langkah menyemai biji kurma yang hendak ditanam.

Pertama-tama terlebih dahulu bersihkan biji kurma yang akan kita semai. Cuci dengan air bersih sampai hilang sisa-siasa daging yang menempel di kurma. Setelah biji kurma bersih jemur beberapa saat sampai mengering.

Setelah biji kurma mengering proses selanjutnya direndam. Ambil air bersih menggunakan wadah yang tidak terlalu besar secukupnya. Kemudian rendam biji kurma tersebut selama 4-6 hari, dan setiap hari air diganti dengan yang baru.

Setelah 6 hari biji kurma siap di semai, siapkan 1 siung bawang merah, untuk digiling, kemudian rendam seluruh biji kurma tersebut dengan air yang sudah dicampur bawang merah giling selama 1 jam.

Selanjutnya angkat biji kurma dan Siapkan wadah atau baskom, letakkan tisu sebagai alas kemudian tisu dibasahi dengan sedikit air. Susun biji kurma seperti gambar dibawah ini:


Selesai disusun selanjutnya tutup baskom tersebut kemudian tempatkan ditempat yang tidak terkena sinar matahari. Tunggu satu minggu kemudian biji kurma akan berkecambah.

Baca juga: Khasiat Kurma Muda untuk Meningkatkan Seksualitas Pasutri

Setelah biji kurma berkecambah kemudian siapkan media tanam, seperti polibek dengan komposisi Sekam, kompos dan tanah. Aduk hingga merata. Setelah media siap Masukan biji kurma ke polibek tadi. Masukan tunas kurma tersebut kedalam polibek dengan posisi ujung tunas yang dimasukkan kedalam tanah (dibalik). Terakhir letakkan polibek di tempat yang teduh dan aman. Dan tunggu hasilnya biji kurma akan tumbuh dan siap dialihkan. Semoga berhasil.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel