Iklan Atas Artikel

Download Buku Dzikir Pagi dan Petang [PDF]


Nyongmart.com - Dzikir pagi dan petang adalah salah satu sunnah Nabi yang penting untuk diamalkan. Dengan bacaan dan doa-doa ma'tsur yang dicontohkan oleh Nabi. Dzikir pagi dan petang juga berguna sebagai benteng dari perangkap dan tipu daya syaithan (sihirnya).

Keutamaan lain Dikir pagi dan sore adalah sumber kekuatan bagi hati dan jiwa seorang muslim. Menumbuhkan sakinah, thuma'ninah, ketenangan dan kebahagiaan hidup. Mendapat penjagaan, perlindungan, keamanan dan keselamatan dari keburukan dunia dan di akhirat. Merupakan sebab dibukakannya pintu kebaikan dan barokah. Meraih pahala yang besar serta menjadi senjata terampuh untuk menolak bala' dan musibah, baik yang belum atau yang sudah terjadi. Dan yang terpenting adalah menguatkan hubungan seorang hamba dengan Rabb-nya, mengakui akan kenikmatan-Nya, dan mendorong untuk senantiasa mensyukuri karunia-Nya.

Kapan waktu membaca dzikir pagi? Ada tiga pendapat dalam hal ini, disini kita ambil salah satunya yaitu pendapat dari lajnah Daimah bahwa waktu yang dibolehkan membaca dzikir pagi adalah dimulai dari terbit fajar hingga waktu zawal (matahari bergeser ke barat). Dan ini adalah pendapat yang rajih (kuat). Karena pada dasarnya tidak ada batasan akhir waktu dzikir pagi yang ditegaskan dalam dalil, ssehingga penentuan waktu dalam hal ini dikembalikan ke dalam bahasa Arab yaitu apa yang dimaksud akhir waktu pagi. Begitu pula karena waktu masaa’ (sore atau petang) dimulai dari waktu zawal, maka waktu pagi berakhir hingga zawal.

Adapun dzikir petang waktunya dimulai dari tenggelamnya matahari hingga berakhirnya waktu shalat isya. Ini merupakan pendapat Ibnul Jazari, Asy Syaukani, Ibnu Hajar Al Haitami, dan Syaikh Abul Hasan ‘Ubaidullah Al Mubarakfuri. Dan ini pendapat yang terkuat dalam masalah ini, waktu dzikir petang dimulai dari tenggelamnya matahari dan berakhir hingga batas terakhir shalat ‘Isya, yaitu pertengahan malam.

Apa saja bacaan dzikir yang dibaca di pagi dan petang hari? Dzikir adalah ibadah, sebagaimana syarat mutlak untuk diterimanya amal ibadah adalah harus memenuhi dua syarat, yaitu ikhlas lillahi ta'ala dan melakukannya sesuai tuntunan yang diajarkan oleh Nabi. Bagi anda yang sedang mencari buku atau ebook dzikir pagi dan petang sesuai sunnah, anda bisa download secara gratis buku dalam format PDF melalui link dibawah ini. Silahkan klik dan download. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel