Iklan Atas Artikel

Cara Meramu Buah Pinang untuk Pengobatan Berbagai Macam Penyakit


Nyongmart.com - Salah satu buah yang kaya manfaat dan khasiat adalah buah pinang. Buah dengan nama lain (Areca catechu) atau dalam bahasa Inggris disebut Betel palm, adalah salah satu jenis tumbuhan monokotil yang tergolong palem-paleman. 

Pohon pinang juga termasuk ke dalam keluarga Arecaceae pada ordo Arecales. Pohon dan buah pinang menjadi salah satu tanaman yang memiliki nilai ekonomi dan potensi yang cukup tinggi di Indonesia.

Pohon pinang memiliki batang lurus dan ramping serta daun yang mirip dengan daun palm dengan ukuran lebih pendek dan rimbun. Sebagai tanaman obat Pinang memiliki banyak sekali manfaat untuk penyembuhan berbagai macam penyakit.

Kini pemanfaatan tanaman pinang menjadi komoditas ekspor. Saat ini pohon pinang asal Indonesia sampai diekspor ke China dan beberapa negara Asia Selatan, di beberapa daerah Sumatera dan Kalimantan dimanfaatkan untuk acara seremonial seperti ramuan sirih pinang untuk upacara adat. 

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini telah mengubah pola pemanfaatan tanaman pinang seperti untuk keperluan farmasi dan industri, sementara India dan China saat ini telah mengolah pinang menjadi permen.

Nah bagi anda yang ingin menjadikan pinang sebagai obat-obatan bisa meraciknya sendiri di rumah tanpa ribet alias sangat mudah dilakukan. Yuk simak saja tips meramu buah pinang untuk penyembuhan berbagai macam penyakit.

1. Mencegah pengeluaran darah berlebih

Buah pinang muda dapat anda gunakan sebagai obat dalam mengatasi masalah keluar darah berlebih pada luka seperti mimisan, koreng, bisul, kudis, mencret dan juga diare.

Caranya yaitu:

Untuk menghentikan pendarahan pada luka caranya dengan mengkonsumsi air rebusan buah pinang secara teratur.

2. Mengobati sakit pinggang

Selain buahnya ternyata Daun buah pinang juga sangat bermanfaat untuk mengobati sakit pinggang,

Caranya meramunya yaitu :

Siapkan beberapa lembar daun pinang, lalu tumbuk kasar lalu hangatkan. Setelah itu, daun pinang yang telah di tumbuk dikompreskan pada pinggang yang sakit. Lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur.

3. Mengobati kudis

Manfaat lain dari buah pinang adalah untuk mengobati kudis, dengan rutin melakukan pengobatan dengan benar kudis yang mengganggu kulit akan hilang dan kulit menjadi beraih dan sehat

Caranya yaitu :

Ambil satu biji buah pinang muda, lalu buah pinang tersebut di parut. Setelah itu campurkan parutan buah pinang dengan ¼ sendok teh dan 2 gelas air, lalu aduk-aduk hingga semua bahan tercampur merata kemudian oleskan pada bagian tubuh yang sakit.

4. Mengobati difteri

Salah satu penyakit yang bisa diobati dengan pinang adalah sakit difentri

Caranya yaitu :

Ambil 2 biji buah pinang muda lalu memarkan, kemudian rebus dengan menggunakan 2 gelas air sampai mendidih dan hanya tersisa 1 gelas saja. Sebelum di minum, tambahkan 1 sendok makan madu lalu aduk rata. Minum secara rutin 1 kali sehari.

5. Mengecilkan rahim

Sejak dulu biji buah pinang muda sering dijadikan sebagai obat yang sangat berkhasiat untuk membantu mengecilkan rahim.

Caranya yaitu:

Lakukan cara seperti cara untuk mengobati difteri diatas secara rutin setiap hari sampai rahim anda mengecil.

6. Mengobati mata rabun

Manfaat yang terkandung dalam buah pinang adalah untuk mengobati mata rabun

Caraanya yaitu ;

Ambil 1 biji buah pinang yang masih muda, lalu kunyah dan hisap saja airnya, cara ini sangat efektif dalam mengobati mata rabun

7. Meningkatkan gairah seksualitas

Bagi para kaum pria yang merasa kurang bergairah lagi berhubungan inti,m dengan pasangan anda, maka tidak ada salahnya jika anda mencoba mengkonsumsi buah pinang muda untuk mendongkrak gairah anda.

Caranya yaitu ;

Ambil sati biji buah piang yang masih muda dan belum terlalu keras, lalu potong kecil-kecil kemudian kunyah dan telan. Cara lainnya untuk meningkatkan gairah sekual yaitu, anda dapat meminum air rebusan buah pinang.2 jam sebelum melakukan hubungan seksual.

8. Mengobati luka pada kulit

Selain kudis penyakit kulit yang bisa di obati dengan bauh pinang adalah luka pada kulit, baik luka lecet maupun karena benda tumpul

Caranya yaitu :

Tumbuk hingga halus buah pinang yang masih muda, lalu tempelkan pada bagian tubuh yang terluka. Diamkan sampai mengering, setelah itu bersihkan dan ganti lagi dengan yang baru. Lakukan pengobatan ini setiap hari sampai luka sembuh.

9. Mengobati cacingan

Cacingan sering kali mengganggu nafsu makan pada anak-anak. Untuk mengatasi cacingan pada anak maupun orang dewasa bisa menggunakan buah pinang sebagai alternatif pengobatannya.

Caranya yaitu :

Siapkan ¼ biji buah pinang, 1 cm rimpang temulawak 1 cm rimpang kunyit. Setelah itu rebus semua bahan tersebut dengan menambahkan 1 gelas air dan rebus sampai mendidih, kemudian air rebusan di saring dan di buang ampasnya, lalu minum air rebusan nya.

10. Menguatkan gigi dan gusi

Manfaat terakhir dari buah pinang sangat berguna untuk menguatkan gigi dan gusi. Tak heran jika orang tua zaman dulu memiliki gigi yang kuat karena terbiasa menjadikan pinang sebagai cemilan

Cara meraciknya:

Siapkan 2 biji buah pinang yang masih muda, lalu iris dan kunyah. Cara ini sudah terbukti khasiatnya dalam menguatkan gigi dan gusi sejak jaman dulu, maka tak heran jika orang-orang pada jaman dulu memiliki gigi yang sehat dan kuat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel