Iklan Atas Artikel

Cara Alami Obati Anemia dengan Buah Srikaya


Nyongmart.com - Di pedesaan kita akan dengan mudah menjumpai buah srikaya. Biasanya menjadi tanaman hias di halaman rumah maupun di tanah pekarangan sekitar rumah. Buah dengan segudang manfaat untuk kesehatan, kosmetik bahkan untuk keperluan industri makanan ini memiliki bentuk yang mirip dengan buah sirsak, hanya saja ukurannya lebih kecil dan kulitnya yang kasar. Saat matang srikaya memeiliki sedikit aroma wangi yang khas. Daging buahnya lembut dan rasanya manis.

Kini pemanfaatan buah srikaya juga sangat beragam. Ekstrak alami yang dihasilkan dari buah, daun, dan kulitnya banyak digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk keperluan industri makanan, kosmetik serta sebagai pengobatan alami.

Selain memiliki rasa yang enak dalam satu buah srikaya terkandung sekitar 60-100 kalori dan beragam nutrisi, antara lain: karbohidrat, Protein, serat, vitamin C dan B, mineral, seperti kalsium, magnesium, fosfor, zat besi dan kalium.

Mengingat kandungan vitamin dan nutrisi yang komplek dari buah srikaya, manfaat dan khasiatnya juga sangat banyak untuk pengobatan berbagai macam keluhan dan penyakit medis yang kerap dialami sebagaian orang. Salah satunya mengobati Anemia. Kandungan Magnesium dan zat besi dalam buah sirkaya sangat berguna untuk menjaga keseimbangan dalam darah. Karena itu, konsumsi srikaya secara teratur yang mengandung kedua zat ini akan membantu mengatasi penyakit anemia.

Berikut ini beberapa manfaat yang dihasilkan dari buah srikaya untuk penyembuhan berbagai macam penyakit. Baik penyakit ringan maupun yang kronis. In syaa Alloh bisa sembuh dengan konsumsi buah sirkaya.

1. Mengobati sakit Asma


Penyakit yang satu ini menjadi momok bagi penderitanya. Aktivitas mereka akan dibatasi karena sekalinya terkena serangan, akan sangat merepotkan dan menyakitkan. Buah srikaya memiliki manfaat sebagai obat asma. Antioksidan dalam buah ini menjadi penangkal untuk beberapa penyebab kambuhnya penyakit ini.

2. Mengobati Anemia


Magnesium dan zat besi sangat penting untuk menjaga keseimbangan dalam darah. Karena itu, konsumsi srikaya yang mengandung kedua zat ini akan membantu mengatasi penyakit anemia.

3. Menurunkan Kolesterol


Kolesterol jahat akan menyebabkan penyakit yang mematikan. Salah satunya adalah stroke dan kegagalan fungsi organ lainnya. Karena itu, konsumsilah buah srikaya yang mengandung niasin. Zat ini bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh tanpa terkecuali.

4. Sebagai Suplemen Alami bagi Penderita Diabetes


Diabetes atau penyakit gula biasanya akan dibatasi konsumsi gula dan karbohidratnya. Manfaat buah srikaya bagi kesehatan penderita diabetes sangat besar. Karena mengandung gula buah yang tidak akan menaikkan kadar gula dalam darah sekaligus mengandung zat yang dapat menstabilkan gula darah.

5. Menurunkan Hipertensi


Hipertensi juga menjadi salah satu cikal bakal penyakit jantung seperti stroke. Buah srikaya mengandung zat yang akan menurunkan tekanan darah Anda, sehingga resiko tersebut bisa dikurangi.

6. Memperlancar Pencernaan


Serat dalam buah-buahan seperti srikaya sangat tinggi. Jadi kalau ingin lancar BAB dan bebas dari gangguan pencernaan, konsumsilah buah srikaya serutin mungkin. Niscaya pencernaan Anda akan menjadi lebih lancar. Manfaat buah srikaya yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin diet, bukan?

7. Mengobati penyakit Diare


Diare biasa dialami setiap orang setidaknya beberapa kali dalam setahun. Untuk mengatasinya, menjaga pencernaan sangatlah penting. Namun, untuk yang sudah terlanjur terkena diare, maka asupan vitamin, mineral dan zat lain dalam buah srikaya bisa menjadi obat alami untuk menyembuhkan diare.

8. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi


Potassium dan magnesium sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Karena kandungan kedua zat tersebut bisa memenuhi kebutuhan potassium dan magnesium tubuh.

9. Pestisida Alami


Untuk mengusir hama tanaman, biasanya digunakan pestisida. Namun, bahan kimia dalam pestisida akan terakumulasi dalam tubuh sehingga menyebabkan berbagai penyakit hingga kecacatan pada janin. Kandungan resin dan annonain dalam srikaya bisa menjadi pestisida alami yang tidak terlalu membahayakan kesehatan manusia.

10. Merawat Kesehatan Mata


Siapa yang tidak ingin memiliki mata yang sehat? Kalau ingin memiliki mata yang sehat maka asupan vitamin dan riboflavin dalam buah srikaya akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

11. Mencegah Arthritis


Kandungan magnesium dan potassium, serta zat besi sudah pasti akan membuat tulang dan gigi semakin terjaga kesehatannya. Maka bagi yang takut terkena arthritis, konsumsi buah srikaya akan memberi manfaat lebih sebagai pencegah datangnya arthritis.

12. Menyembuhkan sakit Bisul


Manfaat selanjutnya adalah dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti bisul. Caranya, yaitu buah srikaya dihaluskan, lalu dicampur dengan sedikit garam, kemudian balurkan pada bisul. Maka bisul Anda akan segera sembuh.

13. Memelihara Kesehatan Jantung


Jika kolesterol dan hipertensi dapat diturunkan, maka resiko terkena penyakit jantung juga akan menurun. Karena pentingnya menjaga kesehatan jantung, maka konsumsilah buah srikaya agar jantung Anda selalu sehat.

14. Sumber Energi yang besar


Karbohidrat dan gula dalam buah srikaya berbeda dengan yang ada pada makanan pokok. Selain memberi energi, buah srikaya juga lebih sehat karena tidak mengandung tambahan pemanis apapun.

15. Meningkatkan Imunitas


Manfaat buah srikaya yang terakhir adalah untuk meningkatkan sistem imun. Sistem imun tidak akan bertahan selamanya. Akan ada masa naik turun sehingga perlu asupan seperti vitamin untuk menjaga tubuh Anda agar tetap bugar. Buah srikaya mengandung berbagai macam vitamin yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Itulah berbagai manfaat penting buah srikaya yang perlu diketahui. Beberapa di antaranya mungkin tidak berkaitan dengan Anda karena bukan termasuk penderita. Namun, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Jadi tidak ada salahnya rutin mengonsumsi buah srikaya agar tubuh Anda tetap sehat dan kuat. Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel