Iklan Atas Artikel

Masako Owada, Wanita Cerdas nan Cantik Penuh Inspirasi


Berbicara tentang wanita inspiratif yang namanya populer pada era 90-an, maka kita akan teringat sosok perempuan cantik nan sangat cerdas yang bernama Masako Owada.

Siapa dia?

Masako Owada (小和田雅子), perempuan kelahiran 1963 ini adalah putri dari Hisashi Owada, seorang professor hukum, diplomat senior di Kemlu Jepang, dan pernah menjabat sebagai presiden dari the International Court of Justice (ICJ) di Den Haag.

Sebagai putri seorang diplomat, Masako kecil ikut ayahnya bertugas ke mana-mana, sehingga ia pernah sekolah di berbagai kota besar di Dunia seperti Moscow dan New York. Ia pun seperti mewarisi skill kediplomatan ayahnya yaitu fasih (ini fasih ya, bukan cuma bisa baca!) berbahasa asing seperti Inggris, Perancis, Spanyol, Jerman, dan Russia. Bahkan semasa semasa SMA di Amrik, ia tergabung dalam klub Matematik dan klub bahasa Perancis. Bahkan ia pernah mendapatkan penghargaan dari Goethe Society untuk puisinya yang ia tulis dalam bahasa Jerman.

Masako ini juga sangat cerdas, ia diterima masuk ke Economics Department di Harvard / Radcliff College di Boston (sekolah Ekonomi yang sangat prestisius di Dunia – FYI, masuk S1 di sekolah-sekolah prestisius di Amrik itu susah banget ya, jauh lebih susah dari S2nya) pada tahun 1981. Skripsi Masako dibimbing langsung oleh Jeffrey Sachs (seorang yang sangat ekonom top) dan ia lulus dengan A.B. Magna Cum Laude in Economics.

Selepas lulus dari Harvard, Masako langsung melamar pekerjaan di Kemlu Jepang, dan ia merupakan salah satu 28 orang yang lulus (hanya ada 2 perempuan) dari 800 pelamar seleksi masuk.

Karier Masako di Kemlu pun cemerlang, pada tahun 1988 ia ditawari beasiswa Post Graduate fully-paid di Oxford / Baliol College di bawah bimbingan Sir Adam Roberts (pakar Hubungan Internasional di Oxford). Namun sayangnya Masako tidak menyelesaikan thesisnya dan kembali ke Jepang pada 1990.

Masako ini sebenarnya sudah berkenalan dengan Pangeran Naruhito (Putra Mahkota Tahta Chrysanthemum) sejak tahun 1986. Pangeran Naruhito bahkan sampai melamarnya sebanyak 3x, 2x ditolak, dan pas yang ketiga (Desember 1992) barulah diterima. Mereka pun menikah di bulan April 1993… hiks

Begitulah kisah perempuan cantik, sangat cerdas, dan berkarir cemerlang bernama Masako Owada yang kini adalah Her Royal Highness Empress of Japan. (Arsyad Syahrial)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel