Iklan Atas Artikel

Inilah Kisah Dzulqarnain Menurut Al-Qur'an


Sepenggal kisah Dzulqarnanin ini terdapat di dalam surat Al-Kahfi ayat 83-101. Selamat membaca dan mengambil 'ibrahnya.

Firman Alloh :



83. Wahai Muhammad, kaum musyrik Makkah bertanya kepadamu tentang Dzulqarnain. KatakanIah: "Aku akan membacakan ayat-ayat Al-Qur'an kepada kalian tentang kisah Dzulqarnain."

84. Sungguh Dzulqarnain Kami jadikan penguasa di muka bumi dan Kami telah memberikan segala macam sarana kepadanya,

85. lalu Dzulqarnain memakai sarana-sarana itu

86. Ketika Dzulqarnain memasuki negeri di sebelah barat ia menemukan mata air di tanah yang hitam. Di negeri itu Dzulqarnain menemukan suatu kaum. Lalu Allah berfirman: "Wahai Dzulqarnain, kamu boleh menyiksa penduduk negeri itu, atau kamu berbuat baik kepada mereka."

87. Dzulqarnain berkata: "Orang yang berbuat zhalim akan kami hukum, kemudian di akhirat terserah kepada Allah. Allah akan mengadzabnya dengan adzab yang sangat pedih.

88. Adapun orang yang beriman dan beramal shalih, ia akan mendapatkan pahala yang baik. Kami akan memperlakukannya dengan perlakuan yang menyenangkan."

89. Kemudian Dzulqarnain melanjutkan perjalanan ke tempat-tempat lain.

90. Ketika Dzulqarnain memasuki negeri di sebelah timur, di negeri itu ia mendapati suatu kaum yang tinggal di padang pasir yang sangat luas.

91. Demikianlah, Kami Maha Mengetahui perbuatan perbuatan yang dilakukan oleh Dzulqarnain.

92. Kemudian Dzulqarnain meneruskan perjalanannya

93. Ketika Dzulqarnain sampai di daerah yang terletak antara dua bukit, di tempat itu ia mendapati suatu kaum yang bahasa mereka hampir-hampir tidak dimengerti oleh Dzulqarnain.

94. Kaum itu berkata kepada Dzulqarnain: ”Wahai Dzulqarnain, sesungguhnya Ya'juj dan Ma'juj telah berbuat kerusakan di negeri ini. Apakah kalau kamu membuatkan tembok pembatas antara kami dengan Ya'juj dan Ma'juj, kami perlu memberikan upah kepadamu?

95. Dzulqarnain berkata: "Apa yang telah dikaruniakan oleh Tuhanku kepadaku jauh lebih baik. Oleh karena itu, kalian harus menolong aku dengan kekuatan yang ada pada kalian. Aku akan membuatkan benteng perlindungan yang menghalangi Ya'juj dan Ma'juj masuk ke negeri kalian,

96. bawalah kepadaku potongan-potongan besi." Tatkala Dzulqarnain memasang potongan-potongan besi itu setinggi bukit, ia berkata: "Nyalakanlah api tungkunya. Letakkanlah potongan-potongan besi lain di atas tungku itu." Tatkala besi-besi itu telah meleleh, ia berkata: "Bawalah lelehan besi itu kepadaku agar dengan lelehan besi itu aku dapat merekatkan pagar besi ini."

97. Dengan demikian, musuh mereka, Ya'juj dan Ma'juj tidak sanggup mendaki benteng itu, dan mereka tidak pula sanggup menembusnya.

98. Dzulqarnain berkata: "Benteng perlindungan ini adalah rahmat dari Tuhanku. Oleh karena itu, jika kiamat yang dijanjikan Tuhanku datang, bumi ini akan hancur berkeping-keping. Janji Tuhanku itu pasti benar."

99. Ketika menjelang hari kiamat kelak, sebagian manusia yang Kami biarkan tinggal dalam benteng diterobos oleh Ya'juj dan Ma'juj dari luar benteng, lalu mereka berbaur. Ketika terompet tanda hari kiamat ditiup, Kami kumpulkan semua manusia menjadi satu untuk menghadapi perhitungan amal.

100. Pada hari kiamat Kami perlihatkan neraka Jahanam dengan jelas kepada orang-orang kafrr,

101. yaitu orang-orang yang menutup mata hati mereka untuk memahami tanda-tanda kekuasaanKu dan tidak mau mendengarkan kebenaran hujah RasuI-Ku.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel