Iklan Atas Artikel

Tips Menyimpan Aneka Sayur-Mayur Didalam Kulkas Agar Terjaga Nutrisinya


Saat berbelanja sayuran terkadang tidak seluruhnya langsung dimasak, otomatis masih tersisa. Untuk menyimpan sayuran yang tersisa sudah pasti kulkas atau lemari es tempatnya. Namun tahukah bunda jika penyimpanan sayur di dalam lemari es harus dilakukan dengan benar. Dan jika salah cara menyimpannya bisa mengakibatkan sayur busuk dan tidak layak untuk dikonsumsi. Alhasil yang semula bertujuan untuk menghemat malah mubadzir.

Hampir semua jenis sayuran bisa disimpan di kulkas, seperti Asparagus, bit, tomat, bayam dan sayuran lainnya. Lalu bagaimana cara menyimpan sayuran tersebut didalam kulkas? Berikut ini tips dan cara yang benar menyimpan sayuran didalam lemari es.

1. Asparagus

Asparagus Merupakan sejenis sayuran primadona. Tetapi jenis sayuran ini cita rasanya sangat labil. Asparagus cepat kehilangan rasa manisnya segera setelah dipetik. Selain itu, tangkainya cepat berubah menjadi berserabut. Sedikit saja terlihat perbedaan penampilan, akan terasa perbedaan yang sangat besar akan kelezatannya. Asparagus juga dapat dimakan mentah sebagai lalap.

Cara memilih asparagus

Untuk mendapatkan asparagus dengan kualitas bagus perhatikan tipsnya berikut ini:
  • Pilih pucuk yang masih menyatu, utuh, dan halus, bebas dari jamur, dan kerusakan-kerusakan lain.
  • Pilih asparagus yang 2/3 tangkai bawahnya masih berwarna hijau. Ujung yang putih sangat dikehendaki.
  • Pilih tangkai yang membulat, sebab tangkai yang tua akan berubah menjadi berlingir-lingir.
  • Pilih tangkai yang segar, kencang, tetapi empuk jika ditusuk. Asparagus yang telah layu tidak bisa empuk bila dimasak. Asparagus kalengan sering tidak dapat jelas dilihat keasliannya, karena telah agak hancur akibat pengaruh goncangan selama proses pendistribusian. Jadi, asparagus kalengan itu berasal dari pucuk atau tangkai sukar dibedakan. Asparagus kalengan yang berasal dari asparagus
  • Yang hijau dalam penyimpanan yang lama akan berubah menjadi pucat.

Cara menyimpan asparagus

Asparagus yang akan disimpan di dalam lemari es, wadahi dengan kantong plastik. Sebaiknya jangan menyimpan asparagus. Beli secukupnya untuk keperluan hari itu, karena asparagus yang disimpan akan berangsur-angsur kehilangan zat gula dan menjadi bertambah alot sein'ng dengan lama penyimpanan.

Cara membekukan asparagus

Cuci asparagus yang akan dibekukan, buang sebagian pangkalnya, kemudian rebus selama 2 menit untuk asparagus yang berbatang kecil, 4 menit untuk yang berbatang besar. Selanjutnya, kukus selama 1 menit, tiriskan, dan dinginkan, lalu simpan dalam freezer. Dengan penyimpanan ini asparagus tahan selama 8-10 bulan dengan suhu -17,8°C.

2. Sayur Bayam

Varietas bayam bermacam-macam. Ada yang berdaun merah, bulat, dan segitiga. Pada umumnya bayam yang berdaun bulat banyak digemari orang.

Cara memilih bayam

Pilih yang muda, segar, hijau tua bila berdaun hijau, merah tua jika berdaun merah, bertangkai pendek, lemas, dan belum berbunga.

Jangan memilih bayam yang telah layu, menguning, berlend1r, atau rusak.

Cara menyimpan bayam

Bayam dapat disimpan di dalam lemari es dengan dimasukan kedlam kantong plastik dan akan awet selama 2-3 hari.

Cara membekukan bayam

Sebelum disimpan ke dalam freezer, terlebih dahulu buang tangkainya, cuci daunnya dengan sedikit larutan garam, bilas sampai bersih, kemudian kukus selama 1-2 menit. Dinginkan dan tiriskan. Selanjutnya daun bayam yang telah dingin masukkan ke dalam kantong plastik dan tutup rapat, lalu simpan di dalam freezer. Dengan cara penyimpanan seperti ini bayam awet sampai 10 bulan.

3. Bit

Biasanya bit dijual tanpa daun. Bila dipasarkan masih berdaun maka pemilihannya akan lebih mudah, karena dengan melihat kesegaran daunnya berarti masih belum lama dipanen. Bit segar rasanya lebih lezat.

Cara memilih bit :
  1. Pilih bit yang berukuran kecil, agar pada waktu bit akan dimasak tidak banyak yang terbuang. Lagi pula pada bit yang kecil bagian yang mengayu hampir tidak ada.
  2. Pilih bit yang masih utuh, tidak terlihat bercak-bercak berair atau bagian yang telah lunak.
  3. Pilih bit tanpa daun yang masih ada sisa tangkainya. Jika tanpa sisa tangkai, maka sarinya akan merembes keluar. Begitu juga ujung akarnya hendaknya masih ada paling tidak 5 cm.

Cara menyimpan bit:
  • Hilangkan terlebih dahulu daun dan sisakan sedikit tangkainya. Jangan dicuci dan langsung masukkan ke dalam kantong plastik, ikat lalu simpan di dalam lemari es. Dengan cara penyimpanan seperti ini, bit tahan selama 7-10 hari. Untuk bit yang telah dimasak tahan di dalam lemari es hanya 3-5 hari.
  • Bit kalengan yang masih utuh (belum dibuka) dapat disimpan selama 6 bulan pada tempat atau laci yang kering, sejuk, dan gelap.
  • Bit yang diasamkan tahan disimpan selama 2 minggu dalam lemari es.

Cara membekukan bit

Bit yang akan dibekukan harus dimasak lebih dahulu hingga empuk, kemudian dikeringkan, dan dimasukkan ke dalam wadah plastik lalu ditutup rapat. Di dalam freezer bit tahan disimpan sampai 1 tahun.

4. Bunga Kol

Bunga kol memang benar-benar berupa bunga. Bunga itu tumbuh berbentuk gugusan massa yang padat yang enak dimakan.

Cara memilih bunga kol:
  • Pilih bunga kol yang masih segar, gugusannya bersih tanpa bercakbercak cokelat, utuh, putih, warnanya merata, dan tidak terdapat memar.
  • Jangan pilih bunga kol yang telah longgar gugusan bunganya. Bila telah longgar menandakan bahwa bunga kol tersebut telah lama dipetik. 
  • Kadang kala terlihat beberapa daun hijau kecil yang menyembul di antara bunga kol. Hal itu bukan merupakan suatu cacat, tetapi wajar-wajar saja.

Cara menyimpan bunga kol

  • Tempatkan bunga kol tanpa dicuci di dalam wadah atau kantong plastik yang longgar, kemudian simpan di dalam lemari es. Di dalam lemari es bunga kol tahan disimpan selama 4-7 hari.
  • Bunga kol yang telah dimasak dapat disimpan di dalam lemari es selama 2-3 hari. Cara membekukan bunga kol
  • Bunga kol yang akan disimpan di dalam freezer dipotong-potong kecil, dicuci dengan air garam, dikukus, ditiriskan, dan didinginkan. Tahap selanjutnya, bunga kol yang telah tiris dan dingin wadahi dengan kantong plastik lalu simpan ke dalam freezer.
  • Bunga kol yang telah mengalami pembekuan sewaktu dithaw akan menjadi berair. Penyimpanan beku untuk bunga kol maksimal selama 10-12 bulan dengan suhu -17,8° C

5. Kentang

Zaman dahulu orang-orang tua kita menyimpan kentang dengan cara memasukkan ke dalam lubang di tanah Kumudian ditutup dengan timbunan tanah bercampur jerami padi, agar kentang bisa bertahan lama. Jika kentang disimpan pada tempat yang terkena sinar matahari, maka akan berubah warna menjadi kehijau-hijauan dan menimbulkan rasa pahit jika dimasak. Sinar matahari yang mengenai kentang juga menyebabkan terjadinya reaksi kimiawi pada kentang yang dinamakan solanin. Solanin merupakan racun bagi manusia, apabila terkena dosis yang banyak. Sebaliknya kentang disimpan di tempat yang gelap untuk menghindari terbentuknya solanin.

Cara memilih kentang :
  • Amati dulu tumpukan kentang yang akan dibeli. Jika pada tumpukan itu ada sebuah yang busuk, sudah dapat dipastikan bahwa kentang-kentang yang lain pada tumpukan itu telah terkontaminasi. Kentang yang telah terkontaminasi akan memperlihatkan gejala pembusukan sewaktu disimpan.
  • Pilih kentang satu demi satu dengan cermat, yang bentuknya bagus, kulitnya halus, tidak terdapat benjolan-benjolan, dan lekukanlekukan yang berarti.
  • Pilih kentang yang sehat, yang kulitnya kuat, terlihat bersih alamiah, dan jika diremas terasa padat.
  • Pilih kentang yang kulitnya utuh, tidak terdapat sobekan atau memar. Pelepasan lapisan kulit yang halus adalah normal. Mata kentang yang hitam menandakan bahwa kentang telah pernah dibekukan.
  • Bercak hijau pada kentang menandakan bahwa kentang itu rasanya pahit. Kentang bertunas masih bisa dimasak, tetapi seyogianya jangan dibeli, karena hal itu suatu pertanda bahwa kelezatannya sudah hampir hilang.
  • Kentang yang cukup tua sewaktu dipanen tahan disimpan suhu 7,2°C - 10°C selama beberapa minggu hingga 2 bulan. Tetapi kentang yang belum cukup umur sewaktu dipanen hanya tahan disimpan selama 12 minggu saja.
  • Kentang tidak cocok disimpan di dalam freezer. Suhu yang dingin akan mengubah zat tepung pada kentang menjadi gula. Kentang Juga tidak boleh disimpan berdekatan dengan bawang merah, karena keduanya mengeluarkan gas yang berbeda yang dapat memperpendek ketahanan masing-masing.

6. Kubis (Kol)

Seluruh keluarga kubis termasuk kembang kol, brokoli, turnip, dan yang lainya mengandung ikatan-ikatan belerang. Jika kubis sedang direbus, maka sejumlah ikatan belerang bisa menguap akan terus bertambah banyak seiring dengan waktu perebusan. Oleh karena itu, jika kubis direbus terlalu lama maka akan keluar aroma dan rasa yang kurang enak.

Cara memilih kubis

Pilih kubis yang daun pembungkus luarnya masih segar, tidak terdapat tanda-tanda busuk, kepalanya membulat, berwarna keputih-putihan, berat sesuai dengan besarnya, dan keras.

Cara menyimpan kubis

Simpan kubis dengan kepala kubis utuh, tidak usah dicuci, masukkan ke dalam kantong plastik, tutup rapat, kemudian simpan dalam lemari es. Dengan cara penyimpanan ini kubis tahan 1-2 minggu.

Kubis yang disimpan dengan cara lembaran atau diiris-iris tidak tahan lama. Lagi pula, lembaran kubis akan layu dan kehilangan kandungan nutrisinya. Pengambilan sebagian kubis hendaknya diatur agar kepala kubis tetap utuh, meskipun sisanya makin lama makin mengecil. Pengambilan dimulai dari lembaran terluar, lapis demi lapis sesuai keperluan.

Cara membekukan kubis

Sebelum dimasukkan ke dalam freezer, potong-potong kubis dalam ukuran besar, lalu kukus selama beberapa menit, tiriskan, dan dinginkan. Selanjutnya letakkan kubis dalam wadah sampai setinggi 2 cm dari tutup dan tutup rapat-rapat. Lalu simpan dalam freezer. Dalam freezer, kubis tahan 10-12 bulan pada suhu -17,8°C. Kubis yang telah dibekukan hanya cocok untuk dimasak lebih lanjut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel