Iklan Atas Artikel

Teknik Diagnosa Sembelit Melalui Telapak Tangan


Prinsip pengobatan dalam Islam tidaklah menunggu sampai penyakit datang. Memahami prinsip-prinsip ini dan menerapkannya pada kehidupan sehari-hari adalah bagian dari pengobatan herbalis. Dalam menangani penyakit yang diderita pasien, tidak dilihat dari apa yang dirasakan pasien saja, tetapi juga dilihat dari banyak aspek lain.

Semua yang nampak pada bagian tubuh seseorang satu sama lain berkaitan, sehingga sedikit saja ada penurunan fungsi organ akan terlihat meskipun orang yang bersangkutan belum merasakan gejala penyakit tertentu. Oleh karena itu dalam mendiagnosis penyakit, perlu menggunakan berbagai metode untuk mendapatkan hasil analisis yang paling tepat.

Ada 5 (lima) metode yang dapat digunakan untuk mendiagnosa sebuah penyakit yaitu :

a. Q n A (Question and Answer)
b. Five Guides (Petunjuk 5 Organ)
c. Diagnosis Telapak Tangan
d. Pandangan Mata & Suara
e. Penentuan YIN YANG & Denyut Nadi

Diagnosa Penyakit Melalui Telapak Tangan

Alloh berfirman :

"Wahai Muhammad, perintahkan Iah kepada perempuan-perempuan yang beriman, agar menjaga pandanqan mata mereka ketika berhadapan dengan Iaki-laki bukan mahramnya, dan menjaga kemaluan mereka dari zina. Janganlah mereka menampakkan bagian leher dan dada mereka. Yang boleh tampak hanyalah wajah dan telapak tangan mereka. Kepala dan dada mereka hendaklah ditutup dengan kerudung lebar. Janganlah mereka menampakkan kepala, leher, dada, dan tangan mereka, kecuali kepada suami, ayah, mertua, anak laki-laki kandung atau tiri, saudara laki-laki, keponakan laki-laki dari saudara laki-laki atau perempuan mereka atau sesama perempuan muslim atau budak laki-laki mereka atau laki-laki pembantu rumah tangga mereka yang tidak punya birahi atau anak-anak yang belum mengenal aurat perempuan. Janganlah perempuan itu membunyikan gelang kaki mereka agar orang lain mengetahui perhiasan yang tersembunyi pada kaki-kaki mereka. Wahai orang-orang yang beriman, hendaklah kalian bertaubat kepada Allah, supaya kalian mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat."(QS. An-Nuur : 31)

Dalam ayat tersebut Allah SWT melarang para wanita mukmin untuk menampakkan perhiasan (bagian tubuh)-nya kecuali perhiasan (bagian tubuh) yang biasa tampak. Menurut Allah SWT. ada dua bagian tubuh yang boleh ditampakkan oleh seorang wanita yaitu wajah dan telapak tangan.

Sesungguhnya jika kita cermati secara lebih mendalam, ayat tersebut mengandung rahasia yang sangat besar dan sangat berguna bagi kehidupan manusia, terutama dalam bidang kesehatan (pengobatan).

Wajah dan telapak tangan adalah dua bagian tubuh, dimana kita bisa mengetahui kondisi kesehatan serta penyakit yang diderita oleh orang yang bersangkutan. Melalui raut wajah kita dapat mengetahui apakah orang yang bersangkutan dalam keadaan sakit atau sehat. Raut wajah juga mengekspresikan karakter, apakah ia dalam keadaan senang, sedih, gembira atau stress.

Demikian halnya dengan telapak tangan, ia bisa menggambarkan kondisi serta kelainan-kelainan yang terdapat pada organ-organ tubuh lainnya. Melalui telapak tangan pasien, seorang Herbalis capat mengetahui berbagai penyakit serta kelainan yang terjadi dalam organ tubuh seseorang.

Tangan merupakan bagian saraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apa saja yang terjadi pada organ tubuh manusia akan terlihat pada tangan.

Di antara bagian-bagian tangan yang bisa menunjukkan keadaan suatu penyakit yang berlaku pada manusia adalah: telapak tangan, punggung tangan, semua jari (mulai dari kelingking hingga ibu jari), ruas-ruas jari hingga kuku. Pengamatan pada telapak tangan meliputi perubahan warna dan perubahan fisik (misal bengkok ke kiri/kanan/depan).

ANALISIS "THE SIGN OF HAND"

Analisis akan difokuskan pada permasalahan organ atau penyakit yang kemungkinan diderita pasien. dimulai dari pengertian/masalah penyakit, tanda-tanda yang dapat dilihat pada telapak tangan, gejalanya sampai dengan resep mengatasi permasalahan yang ada.

Masalah Kolon (Sembelit)

Penyakit sembelit berasal dari masalah usus besar (kolon). Tanda-tanda di tangan pasien untuk masalah sembelit dan permasalah kolon lainnya adalah sebagai berikut:
  • Garis ruas jari-jari pada punggung tangan berwarna gelap. Semakin gelap warnanya, mengindikasikan semakin parah permasalahan sembelitnya.
  • Garis-garis pada telapak tangan dan ruas seluruh jari berwarna gelap, semakin gelap warnanya mengindikasikan semakin parah permasalahan sembelitnya.
  • Terdapat bayangan kehitaman secara keseluruhan dari telapak tangan, menandakan Iebih kronik dari garis-garis berwarna gelap pada ruas jari.
  • Apabila jari telunjuk dan jari tengah direntangkan terasa sakit, maka mengindikasikan juga adanya masalah sembelit.
  • Permasalahan usus besar lainnya dapat dilihat pada keadaan ibu jari (jempol) yang bengkok.
  • Jari telunjuk bengkok juga mengindikasikan adanya permasalahan pada usus besar.
Gejala-gejala sembelit adalah sebagai berikut:
  • Najis dikeluarkan melebihi 14 jam ( > 14 jam)
  • Najis dikeluarkan seperti pasta gigi
  • Buang air besar (BAB) sering (tiap hari) tapi tak cukup kadarnya
  • Buang air besar (BAB) sering (tiap hari) tapi tak keluar habis
  • Terjadi kekurangan air dalam badan (kurang minum air)
  • Selalu mengantuk
  • Buang air besar selang satu hari atau bahkan selang dua hari
  • Diare (mencret) menandakan sembelit yang para
Jika terjadi keadaan sembelit yang sangat parah, dalam pengobatan alopati dapat diterapi dengan mesin kolon hydrotherapy, dimana ampas makanan yang menempel pada usus akan dikeluarkan dengan bantuan mesin dan biasanya berwarna kehitaman (seperti ter/aspal).

Sembelit adalah gejala penyakit, boleh jadi merupakan gejala utama maupun gejala penyerta pada penyakit-penyakit degeneratif seperti kencing manis, darah tinggi, asam urat, dan sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel