Iklan Atas Artikel

Inilah Buku Parenting Islam yang Wajib Dimiliki Oleh Setiap Orangtua


Jika ditanya buku apa yang rekomended untuk pegangan orang tua dalam mendidik anaknya secara islami? Maka jawabannya adalah buku Islamic Parenting. Mengapa?

Untuk mengetahui alasannya baca terus tulisan ini sampai selesai.

Penulis adalah Syeikh Jamal Abdurrahman. Beliau seorang praktisi pendidikan islam. Seorang Dai yang berguru pada banyak masyayikh di Mamlakah 'arobiyah. Yang tidak diragukan lagi keilmuan dan pengalamannya.

Dalam kata pengantarnya sang penulis menyebutkan beberapa point penting terkait isi buku. Salah satunya adalah penukilan dalil dalam setiap pembahasan, bahwa setiap pembahasan selalu bersandar pada hadits-hadits shahih. Yang sudah di tashih oleh ulama ahli hadits semisal Syaikh Al-albani, rohimahulloh. Dengan demikian bobot keabsahannya tidak perlu diragukan lagi.

Sebagai buku parenting buku ini disajikan dengan sangat sistematik. Dengan mengacu pada konsep pendidikan Nabi. Sehingga sangat mudah dipahami dan sangat aplikatif.

Melalui buku ini penulis menjelaskan secara lengkap tahap demi tahap pendidikan sesuai dengan konsep pendidikan Nabi.

Menurut penulis sistem pendidikan islam mengacu berdasarkan pada tahap umur anak. Sehingga faktor keberhasilan dalam pendidikan anak adalah berdasarkan pada penerapan konsep yang benar sesuai dengan kebutuhan pada fase atau tahap perkembangan anak.

Terdapat lima tingkatan/tahap pendidikan anak ditinjau dari segi umur. Pertama usia 0-3 tahun, kedua usia 4-10 tahun, ketiga 11-14 tahun, keempat 15-18 tahun dan terakhir usia pranikah.

Secara detail penulis menjelaskan pendidikan apa yang diberikan pada masing-masing fase tersebut. Misal, Pada usia 0-3 tahun terdapat 50 pendidikan yang dibutuhkan seorang anak yang harus diberikan kepada anak. Begitu seterusnya masuk tahap kedua, ketiga sampai tahap kelima. Total sub pembahasan dari 5 tahapan tersebut sebanyak 120 pembahasan. Semua diuraikan dengan sangat jelas sehingga akan mudah diterapkan pada anak.

Keterangan buku :
  • Judul buku : Islamic Parenting, Pendidikan Anak Metode Nabi
  • Penulis : Syaikh Jamal Abdurrahman
  • Penerjemah : Agus Suwandi
  • Penerbit : PT. Aqwam Media Profetika, Kartasura-Solo
  • Judul asli : Athfalul Muslimin Kaifa Rbbahum An-Nabiyu Al-amiin Shallallohu 'alaihi wasallam.
  • Tebal buku : 310 halaman.
  • Harga : -

Mendidik anak adalah tanggung jawab orang tua. Karenanya sudah semestinya orang tua memahami terlebih dahulu bagaimana konsep pendidikan islam yang benar.

Konsep pendidikan islam menjadi jawaban dari persoalan pendidikan saat ini. Pesatnya perkembangan teknologi menjadi tantangan terbesar dalam menuju keberhasilan pendidikan anak. Sudah saatnya dirubah arah tujuan pendidikan yang ada saat ini, yaitu pendidikan yang bertumpu pada penguatan aqidah dan penanaman karakter anak dari semenjak dini.

Artikel terkait: Hukum Memukul Anak Dalam Pandangan Islam

Nabi Shallallohu 'alaihi wasallam adalah tauladan dalam segala hal, termasuk dalam pendidikan anak. Dimana Nabi telah memberikan konsep pendidikan dengan sangat detail seperti dijelaskan didalam buku ini.

Agar tidak bingung segera beli dan baca buku ini sebagai panduan dalam mendidik anak di rumah. Semoga Alloh menganugerahkan anak-anak yang shalih dan shalihah kepada kita. Aamiin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel