Iklan Atas Artikel

Cara Mudah Mengusir Kecoa, Semut dan Lalat Dari Rumah


Diantara binatang yang hampir ada disetiap rumah adalah kecoa, tikus, semut dan lalat. Keberadaannya sangat mengganggu. Selain kerap menimbulkan aroma tidak sedap binatang tersebut disinyalir menyebarkan virus pes yang berbahaya bagi kesehatan.

Perkembang biakannya yang sangat cepat membuat kita sering kewalahan untuk membersihkan binatang tersebut. Nah pada tulisan ini kami coba berbagi tips dan cara mengusir binatang rumahan yang mengganggu dengan cara yang bisa dibilang sederhana namun efektif. Mengutip dari buku Memilih dan Menyimpan Sayur dan Buah-buahan, karya R.M Sumoprastowo dengan penjelasan sebagai berikut.

1. Kecoa


Kecoa mempunyai bentuk tubuh tipis, keras, dan tahan benturan. Hewan ini lincah, pandai menghindar, dan gesit. Ia bersembunyi di siang hari dan mencari mangsa di malam hari. Kecoa dapat dipancing atau ditarik perhatiannya dengan cara menggelapkan dapur. Karena mengira hari telah malam, maka mereka akan keluar. Pada saat itu juga nyalakan lampu dan langsung semprot dengan pestisida yang telah disiapkan. Lakukan juga penyemprotan pada tempat-tempat persembunyian mereka seperti di bawah bak cucian piring, rak puring, laci, lemari, sudut-sudut yang terlindung, belakang jendela dan pintu-pintu, dan kolong kursi dan meja. Semprot juga kamar mandi, WC, rak buku, dan tumpukan kertas.

Bila pemberantasan yang pertama masih terlihat ada, berarti pemberantasan harus diulangi lagi. Tetapi jika pemberantasan telah berulangkali dilakukan belum membuahkan hasil, maka perlu dikonsultasikan dengan ahlinya.

2. Semut


Sifat dan tabiat semut berbeda sekali dengan kecoa. Semut bila menemukan makanan, akan berbaris dari sarangnya sampai tempat makanan itu berada. Semut tidak bersembunyi di malam hari dan tidak lari dari manusia. Mereka hanya sibuk menikmati atau membawa makanan beramai-ramai.

Kalau menemukan sekumpulan semut, jangan tergesa-gesa menggilasnya sampai mati, tetapi telusurilah lebih dahulu untuk menemukan sarangnya. Membinasakan sarangnya adalah cara memusnahkan semut yang sangat efektif. Bila setelah sarang semut dimusnahkan, tetapi masih ada serangan semut lagi berarti masih harus ditemukan sarang lainnya, yang mungkin terlewatkan.

3. Bubuk


Jenis insek ini sering bersembunyi di dalam kardus, bungkus, dan bahan makanan seperti: tepung terigu, tepung beras, biji-bijian, kacangkacangan, daging kering, dan buah kering. Bila pada bahan makanan terdapat bubuk, hendaknya bahan makanan tersebut dimusnahkan saja.

Bila suatu tempat terserang bubuk, harus segera diadakan pembersihan total dengan detergen dan sikat yang bersih. Sesudahnya jaga jangan sampai terdapat ceceran tepung barang sedikit pun pada daerah itu. Letakkan kertas di dasar laci atau lemari sebelum menempatkan bahan makanan.

4. Lalat


Lalat bertelur dan berkembang biak pada tempat-tempat yang kotor, seperti tempat sampah. Bila lalat hinggap di atas makanan, meja, dan peralatan masak maka akan meninggalkan bibit penyakit atau mikroba. Untuk itu pasanglah kawat ram di semua jendela dan ventilasi. Bersihkan semua tempat di sekeliling rumah, agar tidak terdapat tempat yang baik untuk berkembang biak lalat.

Berantaslah selagi banyak lalat dengan pestisida yang cocok tetapi sebelumnya amankan makanan agar tidak terkena dampak kimianya.

Cara pencegahan berkembangbiaknya serangga dalam rumah bisa lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Cucilah sudut-sudut dapur, lemari, laci, dan pipa air minum secara periodik;
  • Jangan biarkan tepung, atau sisa-sisa makanan tercecer di mana-mana terutama di tempat penyimpanan bahan makanan;
  • Buanglah sampah secepat mungkin dan jauh dari rumah. Tutup tempat sampah bila isinya belum sempat dibuang
  • Simpan makanan pada wadah tertutup;
  • Jangan menyimpan kardus kosong yang tidak terpakai;
  • Tutup semua lubang dan lorong-lorong kecil;
  • Jika menempatkan kotak hendaknya berada 30 cm dari lantai.

Penutup

Upaya pemberantasan memang harus dilakukan sesuai dengan petunjuk diatas. Namun melakukan upaya pencegahan tentu lebih baik. Dengan senantiasa menjaga kebersihan perabotan rumah tangga dan segala properti yang ada didalam rumah secara berkala. Dengan demikian perkembangan binatang tersebut bisa diminimalisir sedini mungkin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel