Iklan Atas Artikel

Wajib Dihindari, Inilah 7 Makanan dan Minuman yang Berbahaya Bagi Bumil


Wanita hamil memang istimewa. Segala sesuatunya harus diperhatikan sedetail mungkin. Tentu saja karena apa yang dilakukan oleh wanita hamil akan berdampak pada janin. Baik dari segi perkembangan fisiknya bahkan perkembangan psikisnya.

Termasuk asupan makanan dan minuman harus pas dan mencukupi kebutuhan sesuai usia kehamilannya.

Wanita hamil rawan dan sensitif sekali terhadap segala sesuatu yang dikonsumsi. Karena kesehatan janin sangat bergantung dengan makanan yang dikonsumsi oleh ibunya. Jika yang dikonsumsi makanan sehat maka janin akan sehat, namun jika makanan yang memiliki kandungan yang tidak sehat akan menyebabkan janin tidak sehat.

Bagi anda yang saat ini tengah hamil ada baiknya perhatikan aneka makanan dan minuman yang harus dihindari saat hamil. Sekalipun merasa sangat kepingin untuk menikmati makanan tersebut, ada baiknya menahan diri selama hamil, hal ini tidak lain demi menjaga kesehatan anda dan juga janin anda.

Ada beberapa aneka macam makanan dan minuman yang tidak baik dikonsumsi saat hamil. Berikut ini jenis makanan dan minuman yang wajib dihindari saat hamil.

1. Daging Mentah (sushi)

Saat hamil hindari makan sushi atau daging yang dimasak setengah matang. Mengapa? Karena daging setengah matang disinyalir mengandung parasit toksoplasmaosis. apa dampaknya? Parasit ini bisa membahayakan janin dan ibunya. Dengan menyebabkan infeksi pada janin. Dampak terburuk mengalami keguguran atau minimalnya terjadi kelainan pada bayi.

2. Jangan Makan Sayur Sembarangan

Sayur yang seperti apa yang dilarang bagi wanita hamil? Sayur yang tidak dicuci dengan bersih. Karena salah satu parasit toksoplasma biasa bersemayam pada sayuran yang tidak bersih. Jadi sebaiknya hindari makan sayur lalapan yang tidak dicuci sampai bersih.

3. Hindari Konsumsi Telur mentah atau Setengah Masak

Makanan yang wajib dihindari saat hamil adalah makan daging ayam mentah dan telurnya. Berdasarkan penelitian kedua makanan tersebut mengandung bakteri salmonella. Dampak yang ditimbulkan biasanya akan terjadi diare hebat saat hamil. Selain itu perhatikan juga perabotan rumah tangga, seperti piring, gelas, sendok dan yang lainnya agar tidak kontak langsung dengan daging dan telur yang masih mentah. Jika sempat tersentuh segera cuci bersih sebelum dipakai.

4. Hindari Ikan - ikan Besar

Ada beberapa jenis ikan yang sebaiknya dihindari saat hamil, yaitu ikan tuna steak, shark dan sea bass. Apa alasannya? ikan tuna dan yang sejenisnya, serta ikan yang berukuran besar memiliki kandungan mercuri tingkat tinggi. Yang jika dikonsumsi dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan pada saraf. Para ahli merekomendasikan jumlah maksimal wanita hamil boleh konsumsi ikan tuna adalah 12 ons per minggu.

5. Kurangi konsumsi Berbagai jenis keju

Makanan yang wajib ditinggalkan saat hamil adalah aneka keju, seperti blueveined cheese, keju lunak dan susu yang tidak di pasteurisasi. Apa bahayanya? Semua makanan diatas mengandung listeria. Yaitu semacam bakteri yang bisa menembus plasenta dan akan mengakibatkan keguguran, lahir prematur atau mengakibatkan infeksi pada janin.

6. Tinggalkan alkohol

Sehaus dan sekepingin apapun minum beralkohol, sebaiknya anda hindari saat hamil. Dampak buruk dari alkohol sangat nyata bagi janin. Diantaranya dapat mempengaruhi perkembangan janin dan mempengaruhi stabilitas emosional bayi.

7. Tinggalkan kopi

Dampak buruk kafein yang dihasilkan dari kopi sangat berbahaya bagi janin jika dikonsumsi oleh bumil. Kandungan kageinnya dapat mengurangi berat badan, keguguran dan dapat memperlambat penyerapan zat besi.

Yuk sayangi janin anda dengan menghindari 7 macam makanan berbahaya diatas. Dan konsumsilah makanan yang sehat dan mencukupi kebutuhan gizi janin maupun ibunya. Dengan demikian ibunya sehat bayinya juga sehat.

Demikian ulasan seputar makanan dan minuman yang wajib dihindari oleh bumil. Semoga tulisan ini membantu anda para ibu dalam merawat masa kehamilan dan persiapan kelahiran.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel