Iklan Atas Artikel

7 Tumbuhan Herbal Yang Kaya Manfaat Untuk Pengobatan Berbagai Macam Penyakit


Al-Quran menyebutkan bahwa Allah SWT menumbuhkan tanaman, biji-bijian, aneka buah bagi manusia. Tidak hanya untuk makanan sehari-hari, tetapi banyak juga terdapat manfaat secara pengobatan. Hal ini disebabkan, di dalam tumbuhan terkandung berbagai zat-zat aktif alami yang saling bekerjasama untuk menjaga keseimbangan tubuh manusia.

Pengobatan herba merupakan kaedah pengobatan tertua di dunia dan telah di gunakan oleh lebih dari 80% penduduk dunia. Pengetahuan tentang tumbuh-tumbuhan sebagai obat telah dilakukan turun-temurun dari generasi ke generasi.

Berikut ini 7 tumbuhan herbal yang memiliki khasiat luar biasa untuk kebutuhan terapi pengobatan maupun untuk menjaga kesehatan tubuh yang sudah teruji secara klinis.

1. Azadirachtae folium (Mimba)

Di India Mimba disebut “the village pharmacy", sebab memiliki banyak sekali manfaat sebagai obat. Mimba tumbuh liar di hutan atau di tepi jalan yang tanahnya agak tandus sebagai perindang karena pohonnya dapat mencapai tinggi 20 meter. Banyak terdapat di daerah Jawa Barat, Jawa Timur, Madura 1-300 meter.

Daun mimba ini memeliki rasa yang sangat pahit, sehingga oleh masyarakat secara tradisional digunakan untuk berbagai macam penyakit.

Kandungan daun mimba: Azadirachtin, dekahidrotetrametil, minyak gliserida, asam asetiloksifuranil, oksosiklopentanatolfuram Asetat. keton (heksahidro, hidroksitetrametil, fenantenon (nimbol)

Efek Farmakologi: Anti diabetes. merangsang/mengaktifkan kelenjar, anti hipertensi, antiinflamasi, antipiretik, antioksidan, antibakteri, dan sebagainya.

Khasiat daun Mimba:

  • mengobati darah tinggi dan penyakit kardiovaskular
  • Mengobati penyakit kulit mengatasi pendarahan
  • Menurunkan demam demam
  • antibakteri dan insektisida
  • obat malaria dan kanker
  • obat penyakit lambung
  • pembangkit selera makan dan lain-Iain

2. Andrographidis (Herba Sambiloto)



Sambiloto merupakan sejenis tanaman herba dari famili Acanthaceae, yang berasal dari Asia Tropika. Daun sambiloto banyak mengandung senyawa Andrographolide yang memiliki sifat melindungi hati (hepatoprotektif), dan terbukti mampu melindungi hati dari efek negatif galaktosamin dan parasetamol. Khasiat ini berkaitan erat dengan aktifitas enzim-enzim metabolik tertentu. Meskipun rasanya sangat pahit, namun sambiloto telah lama dikenal memiliki khasiat medis dan pengobatan yang sangat banyak sehingga dikenal sebagai Raja Pahit.

Kandungan sambiloto: Ekstrak Sambiloto mengandung Lakton berupa deoxy-andrographolide, andrographolide (zat pahit), neoandro-andrographolide, 14-deoxy-11,12-didehydroandrographolide dan homoandrographolide; Flavonoid berupa polymethoxyflavone, andrographin, panicolin, mono-o-methilwithin dan apigenin-7,4-dimethylether; alkane; ketone dan aldehyde; kalium; kalsium; natrium dan asam kersik; damar; andrografolida; kaimegin (zat amorf).

Efek farmakologi: Hepatoprotektor (melindungi sel hati), antibiotik, antioksidan, antimalariai, antipiretik, depurative (pembersih darah), Anti hiperglikemia, antiinflamasil antidiabetik. dan sebagainya.

Khasiat:

a. Menjaga dan merawat organ hati
b. Mengobati penyakit diabetes atau kencing manis
c. Menyembuhkan Thypus
d. Mengobati gatal-gatal
e. Mencegah kanker
f. Mencegah malaria karena itu daun ini disebut obat anti malaria
g. Menjaga daya tahan tubuh dan stamina
h. Mengatasi peradangan
i. Menurunkan kadar gula dalam darah
j. Meningkatkan aktifitas kelenjar-kelenjar tubuh
k. Antibiotik.
l. Pereda panas.
m. Menghambat pembengkakan.
n. Pereda nyeri (analgesik)
o. peluruh air seni (diuretik)
p. Meningkatkan kekebalan tubuh

3. Puntago folium (Daun Sendok)



Daun sendok adalah tanaman kebun dari family Plantaginaceae yang berbentuk kumpulan daun berbentuk manyarupai sendok. Daun sendok tumbuh liar di hutan, ladang, halaman berumput yang agak lembap ini berasal dari dataran Asia dan Eropa.

Kandungan: Plantagin, acubin, ursolic acid, beta sitosterol, hontria-contane dan plantaglucide yang terdiri dari methyl d-galacturonate. 0-3 galactose, L-arabinose dan L-rhammose. Vitamin B1. C. A dan kalium. Rhinantin, turunan dari naphazolin sebagai andrenergik agent, flavonoid, polifenol, dan tanin.

Efek Farmakologi: Antidiabetes, hepatoprotektor antiinflamasi, diuretik, antitusif (pereda batuk) dan lain-lain.

Khasiat:

a. Mengobati diabetes
b. memperbaiki penglihatan pada penderita diabetes (glukoma),
c. menjaga fungsi hati
d. gangguan pencernaan, diare
e. anti radang,
f. melancarkan air kemih,
g. menghentikan batuk
h. dan sebagainya

4. Gynura procumbensis folium (Sambung Nyawa)



Sambung Nyawa merupakan salah satu tanaman asli Indonesia yang memiliki manfaat pengobatan sangat banyak. Tumbuhan ini bersifat dingin dan natural. Permukaan daun sedikit kasar karena memiliki bulu-bulu halus, tulang daun menyirip dan daun sedikit bergelombang dan agak bergerigi.

Kandungan: Alkaloid, saponin, flavonoid dan tannin

Efek Farmakologi: Hipoglikemia, antiinfiamasi, antioksidan dan diuretik.

Khasiat :
  • Menurunkan kadar gula dalam darah
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Mengatasi radang tenggorokan 
  • Menurunkan kolesterol
  • Mengatasi masalah ginjal
  • Mengatasi masalah tumor
  • Mengatasi masalah lambung
  • Menurunkan demam
  • Menghentikan pendarahan Dan lain-lain.
5. Daun Dewa (Gynura divaricata folium) 



Tumbuhan Daun Dewa ini banyak tumbuh di daerah dengan ketinggian 200-800 meter di atas permukaan air laut , daun dewa berkembang biak dengan umbi atau stek batang. Bagian tumbuhan yang banyak digunakan sebagai bahan obat alami adalah bagian daun.

Kandungan: Saponin, minyak atsiri, flavonoid, tannin, polifenol, asam klorogenat, asam kalfeat, asam vani/at, asam p-kumarat, asam p-hidroksi benzoate, alkaloid, triterpenoid dan sterol.

Efek Farmakologi: Anti diabetes, Stimulasi sirkulasi, diuretik, antiinflamasi, analgesik, anti koagulan (mencairkan bekuan darah), dan sebagainya.

Khasiat:

a. Meredakan rasa nyeri
b. Mengatasiperadangan
c. Melancarkan sirkulasi darah
d. Menurunkan tekanan darah tinggi
e. Mengobati luka memar
f. Menghentikan pendarahan
g. Meluruhkan kencing
h. Penurun panas
i. Obat kencing manis
j. Membersih racun dalam tubuh
k. Dan lain-lain.

6. Sonchus folium (Tempuyung)



Tempuyung mempunyai sifat dingin dan rasanya pahit. Banyak tumbuh secara liar di tempat terbuka yang terkena sinar matahari atau sedikit terlindung, dan daerah yang banyak turun hujan. Tempuyung termasuk jenis tumbuhan terna, yaitu tumbuhan yang batangnya lunak karena tidak membentuk kayu.

Kandungan: Alfa-lactucerol, betha-lactucerol, manitol, inositol. Silika, kalium, flavonoid, taraksasterol, tanin, palifenol, kalsium, magnesium, natrium, inositol dan asam fenolat.

Efek Farmakologi: Diuretik, antipiretik, antidot, peluruh batu saluran kemih dan batu empedu dan hipotensif.

Khasiat:

a. pelurun air seni
b. memecah batu pada saluran empedu
c. mengatasi kencing batu
d. mengatasi disentri
e. mengobati wasir
f. mengobati rematik
g. mengobati radang usus buntu
h. mengatasi radang payudara
i. mengobati bisul
j. Mengatasi darah tinggi
k. Mengeluarkan asam urat
l. Menghilangkan pegal dan linu
m. Dan lain-Iain

7. Whantophi (herba tapak liman)



Tapak Liman juga merupakan jenis tumbuhan tema (tumbuhan yang batangnya lunak karena tldak membentuk kayu) Dalam pengobatan. seluruh bagian tanaman busa dimanfaatkan. Namun, yang paling sering digunakan adalah daunya. Tapak Liman juga dikenal sebagai "Viagra Jawa”.

Kandungan: Epifrieelinol, lupeol, stiqmasterol, triacontan-1-ol. dotnacontan-1-ol, lupeol acetat, deoxyelephan topin, isodeoxyelephantopin.

Efek farmakologi: Melancarkan sirkulasi, analgesik. antikoagulan (mencairkan darah beku). antiradang. antijamur, antiseptik,antiporetik, afrodisiak, antioksidan, antikanker, diuretik dan sebagainya.

Baca juga:



Khasiat: Mengatasi batuk, menurunkan demam, mengatasi sariawan, mengatasi panas dalam, mengatasi diare, mengatasi bisul, mengatasi eksim, mengatasi keputihan, sebagai pelembut kulit kaki,mengatasi gigitan binatang buas dan lain sebagainya.

Tanaman-tanaman diatas dapat dengan mudah dibudidayakan di pekarangan rumah anda. Dengan begitu memudahkan anda untuk menggunakannya sebagai pengobatan. Namun jika anda tidak mau repot-repot menanam dan meramunya sendiri kini telah tersedia produk Herbal dengan kandungan tujuh tanaman herbal diatas yaitu DIABEXTRAC sebuah ramuan herbal unggulan dari HPAI. Untuk membelinya anda bisa pesan kepada stokis di nomor 0831-4447-9991. Pemesanan dilakukan via WA dan barang akan dikirim ke alamat anda.

*Referensi: Buku Diktat KHT DASAR (Kuliah Herba Thibbunnabawi Tingkat Dasar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel