Iklan Atas Artikel

Waspada! Inilah Ciri-ciri Hewan Kurban Tidak Sehat


Menjelang hari raya idul adha para peternak dan pedagang hewan kurban meraup omzet sangat besar dibandingkan dengan hari-hari basanya. Berbagai macam hewan ternak terutama sapi dan kambing akan banyak kita jumpai di pasaran. Harganyapun bervariasi mulai dari yang murah sampai yang mahal tergantung ukuran hewan tersebut.

Bagi anda yang hendak membeli sapi atau kambing untuk dikurbankan ada baiknya ketahui terlebih dahulu ciri-ciri hewan yang tidak sehat. Jangan karena tergiur dengan harga yang murah tapi ternyata hewan tersebut belum layak atau bahkan tidak layak untuk dikurbankan. Padahal sangat dianjurkan agar hewan yang akan dikurbankan adalah hewan terbaik dengan tidak memiliki cacat dan penyakit yang berbahaya.

Mengacu kepada hadits Nabi tentang 4 ciri-ciri hewan kurban yang tidak diperbolehkan:


"Ada empat macam yang tidak boleh ada pada hewan qurban: buta sebelah yang jelas butanya, yang sakit jelas sakitnya, yang pincang jelas pincangnya, dan hewan yang tidak memiliki sumsum." ( Hadits Riwayat Abu Daud: 2802)

Kondisi fisik hewan yang tidak sehat juga berimbas pada daging yang tidak sehat dan tidak layak konsumsi. Karena daging yang tidak sehat bisa menimbulkan bermacam-macam penyakit berbahaya bagi manusia. Disebabkan adanya virus yang menempel pada organ tubuh hewan seperti daging dan hati.

Untuk itu penting bagi kita mengenali ciri-ciri hewan yang tidak sehat agar kita tinggalkan. Berikut ini adalah beberapa ciri hewan kurban yang tidak sehat yang harus kita waspadai. Baik dari jenis sapi maupun kambing.

1. Cacat

Termasuk ciri hewan yang tidak sehat jika terdapat cacat di tubuhnya. Seperti tanduknya patah, kakinya pincang sebelah, matanya buta, ada bagian tubuh yang terluka atau terbakar. Cacat dalam jenis ini tidak mengapa jika daging untuk konsumsi harian alias bukan untuk qurban. Namun jika untuk kurban anda temukan hewan dengan ciri-ciri diatas maka jangan dibeli.

2. Tidak nafsu makan

Diantara cara mengetahui ciri-ciri hewan tidak sehat adalah dari nafsu makannya. Hewan yang memiliki nafsu makan rendah bisa terindikasi hewan berpenyakit. Cara sederhana untuk mengetahuinya sangat muda coba sodorkan rumput atau makanan yang disukai apakah langsung dimakan apa tidak, dan jika tidak dimakan maka bisa diperkirakan hewan tersebut tidak sehat. Maka cari yang lain saja.

3. Slow respon

Cara lain untuk mengetahui sehat dan tidaknya hewan kurban adalah dengan menguji seberapa cepat respon saat kita sentuh terutama pada bagian-bagian yang sensitif di area wajah. Jika sapi kurang respon saat kita sentuh di bagian sensitifnya bisa disimpilulkan hewan tersebut dalam kondisi kurang sehat

4. Tatapan mata redup

Selain ciri-ciri diatas, cara untuk mengetahui kondisi hewan tidak sehat adalah dari sorot matanya yang tidak tajam. Sorotan mata yang meredup biasanya disebabkan oleh gangguan pada kesehatan. Dengan ditandai warna mata memerah, berair dan ada kotoran di pojok mata. Maka jika ada sapi dengan ciri-ciri mata seperti itu tinggalkan saja

5. Bulu kusut dan tidak mengkilap

Ciri-ciri lain hewan tidak sehat bisa dilihat dari bulunya. Ketika hewan bulunya kusut, tidak mengkilap dan rontok maka kemungkinan hewan tersebut tidak sehat. Cara mengeceknya bisa dengan cara ditarik bulunya jika rontoknya sangat banyak bisa dimungkinkan hewan dalam kondisi tidak sehat

6. Kulit kusut

Selain rambut yang kusut ciri hewan tidak sehat adalah kulitnya kusut. Bagaimana cara mengetahuinya dengan cara dipencet-pencet kulitnya jika dipencet terasa kering dan sangat tipis maka bisa kemungkinan besar hewan tersebut tidak sehat. Adapun jika dipencet daging terasa kenyal maka itu ciri-ciri hewan sehat.

Artikel terkait: 5 Peluang Usaha Menjelang Idul Adha Tanpa Modal

Syarat tambahan: Jika anda hendak berkurban maka pilihlah kambing yang bertanduk, warna putih bercampur hitam diantara kedua mata dan kakinya. Hal ini berdasarkan hadits 'Aisyah yang artinya: "Sesungguhnya Nabi berqurban dengan domba yang bertanduk dan bulu kakinya warnanya merata hitam disekitar matanya berwarna putih." (HR At-Tirmidzi)

Ternyata sangat mudah ya untuk mengetahui ciri-ciri hewan yang tidak sehat. Ciri-ciri diatas berlaku untuk sapi maupun kambing. Jadi jangan tergiur dengan harga yang murah tapi tidak sehat. Karena jika kondisi hewan tidak sehat maka dagingnyapun tidak sehat selain juga jumlah dagingnya sedikit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel