Iklan Atas Artikel

Tips Merawat Kesehatan Ginjal Secara Alami

Tips merawat kesehatan ginjal secara alami

Kesehatan merupakan barang berharga yang mahal harganya. Banyak orang yang rela mengeluarkan uang milyaran rupiah demi sebuah kesehatan. Cukup beruntung jika kebetulan memiliki uang untuk berobat, apa jadinya jika biaya pengobatan mahal sementara tidak ada biaya untuk membayarnya. Maka cara terbaik adalah mencegah datangnya penyakit dengan cara perawatan yang rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya menjaga kesehatan ginjal.

Ginjal merupakan organ yang terletak di belakang perut, di sebelah kanan-kiri tulang belakang. Ginjal kiri terletak lebih tinggi dari pada ginjal kanan untuk memberi tempat untuk hati.

Sepasang ginjal ini bentuk dan warnanya seperti kacang merah. Ukurannya tidak jauh berbeda dengan telapak tangan manusia. Masing-masing panjang 10-12 cm, lebar 5-6 cm. dan tebal 3-4 cm. Dengan berat sekitar 140 gram.

Walaupun ukurannya kecil, namun masing-masing ginjal memiliki kurang lebih 1.300.000 satuan alat penyaring mini (nefron). Nefron bagaikan cacing berkepala besar dengan tubuh bagaikan selang yang berkelok-kelok. Jika ditarik lurus dan disambung-sambung maka panjang keseluruhannya mencapai lebih dari 140 km.

Dalam satu menit ginjal menyaring 1.200 mililiter darah atau seperlima darah yang keluar dari jantung setiap kali pompa (1700 liter darah per hari).

Ginjal akan tetap bekerja walaupun 70% nefronnya tidak berfungsi karena rusak.

Cairan darah yang tersaring bersama dengan zat-zat yang terlarut di dalamnya, kemudian akan masuk ke dalam tubuh nefron. Selama mengalir dalam tubuh nefron, cairan tersebut akan “diolah” hingga akhirnya kaluar dari “ekor’ nefron sebagai air seni. Air seni yang dihasilkan oleh semua nefron dalam ginjal akan dikumpulkan di rongga tengah ginjal lalu disalurkan sedikit demi sedikit melalui saluran ginjal/ureter ke kandung kemih (bladde) dibawahnya. Dan akan dikeluarkan oleh tubuh melalui saluran kencing (urethra).

Fungsi utama ginjal adalah:
  • Membersihkan dan menyaring darah dari racun maupun kotoran yang ada di dalam darah.
  • Seseorang tanpa ginjal, dapat mati karena diracuni yang dihasilkan oleh tubuhnya sendiri.
  • Mengatur volume cairan dalam darah
  • Ganjal dapat mengontrol jumlah cairan darah yang dipertahankan agar tetap seimbang didalam tubuh. Tanpa adanya kontrol dari ginjal maka tubuh akan menjadi kering karena kekurangan cairan darah atau sebaliknya, tubuh tenggelam karena kebanjiran cairan didalam tubuh yang menumpuk tidak terbuang.
  • Mengatur dan menjaga keseimbangan kandungan zat penting dalam darah, seperti: vitamin, hormon, asam amino, glukosa, garam, kalium, urea, potassium, elektrolit dan sebagainya.
  • Sebagai penghasil hormone
  • Pada orang dewasa ginjal menghasilkan 85% dari hormon eritropoietin, yang merangsang peningkatan laju pembentukan sel darah merah oleh sum-sum tulang belakang.
  • Mengatur keseimbangan asam basa dalam darah
  • Mengatur suhu tubuh
  • Mendaur ulang air, mineral, dan zat gizi lainnya
  • Dalam keadaan normal, 99% air yang tersaring akan diserap kembali karena banyak mengandung zat yang dibutuhkan tubuh, dan hanya 1% yang terbuang sebagai air seni. Persentase ini dapat berubah sesuai kondisi. Semakin sedikit air yang diminum. semakin besar air yang diserap kembali oleh pembuluh darah, maka semakin sedikit dan pekat air seni yang dikeluarkan. Selain karena air yang diminum, juga dipengaruhi oleh suhu dingin, gejolak emosi, minuman beralkohol dan zat kafein.

Tips Merawat Ginjal

Seperti penjelasan diatas, ginjal memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh manusia. Namun kondisi ginjal bisa saja mengalami masalah dan penyakit, yang bisa mengakibatkan fungsi ginjal hilang. Tentu hal itu tidak kita ingin terjadi pada kita. Karena mengobati sistem ini paling sulit dibandingkan sistem lainnya dalam tubuh.

Maka cara terbaik adalah lakukan langkah antisipasi dengan melaukan perawat agar kondisi ginjal senantiasa dalam keadaan baik dan bekerja sebagaimana fungsinya. Berikut ini tips Cara merawat Ginjal secara alamiah.

  1. Tidak menahan rasa ingin buang air kecil
  2. Minum air bening minimal 2.5 Liter dalam sehari semalam
  3. Lakukan perawatan alami dengan Madu dan Spirulina. Spirulina terdapat pada produk Spirulina dan N-Green.
  4. Buang racun yang mungkin masuk bersama makanan dan minuman sehari-hari dengan konsumsi Kopi 7 Elemen 2 sachet sehari. Minum segelas air bening setelah konsumsi secangkir Kopi 7 Elemen.
  5. Minum sedikit-sedikit, tidak sekaligus banyak.
  6. Tidak meniup minuman yang sudah ada dalam bejana/gelas
  7. Meneguk minuman dengan paling banyak 3x tegukan untuk sekali nafas
  8. Usahakan minum sambil posisi duduk
  9. Rasa haus tanda kekurangan air di sistem cerna segeralah minum segelas air
  10. Telinga tiba-tiba berdengung adalah isyarat kadar air di ginjal mulai berkurang. Segeralah minum secangklr air bening hangat
  11. Olah raga jalan pagi/sore 20 menit setiap hari
  12. Melakukan gerakan sholat dengan tuma’ninah, memperlama rukuk dan sujud, dan menambah gerakan sholat dengan shalat-sholat sunnah.
  13. Puasa 2 hari daIam seminggu (sunnah Senin Kamis) untuk memberi kesempatan kepada usus besar, hati, ginjal untuk menyaring dan mendorong sisa racun keluar dari badan organ-organ tersebut. Terutama ginjal karena saluran salurannya yang halus membuat ginjal membutuhkan waktu lebih lama dalam menguras sisa-sisa endapan dari dalam tubuhnya.
  14. Membersihkan dan mengeringkan farji setiap selesai buang air kecil dan buang air besar.
  15. Jika buang air kecil di WC umum jangan gunakan air di ember atau bak untuk istinja. Bila tidak ada shower khusus, kucurkan air dari kran ke gayung yang tersedia. Kadang gayung di tempat umum kurang bersih, jadi perIu sediakan gayung kecil di kendaraan anda khusus untuk keperluan tinja di setiap persinggahan.

Tips diatas juga berguna untuk menjaga kesehatan kandung kemih dari berbagai penyakit seperti radang kandung kemih dan pembengkakkan. Dikarenakan kandung kemih merupakan bagian dari sistem urinari yang memiliki keterkaitan dengan ginjal.

Demikian penjelasan tentang tips merawat kesehatan ginjal secara alami. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda dan menjadi bahan referensi dalam merawat kesehatan ginjal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel