Iklan Atas Artikel

Tinggi Kandungan Gizi, Inilah 13 Daun Yang Disukai Oleh Ayam


Diantara peluang bisnis yang sangat prospek saat ini dan tidak ada matinya adalah usaha ternak ayam kampung. Selain cukup mudah usaha ayam kampung juga bisa dijalankan dengan modal kecil. Namun bagi anda pemilik modal besar, maka akan lebih baik jika menjalankan ternak ayam kampung dengan sistem yang lebih profesional.

Salah satu faktor penunjang dan sekaligus kendala dalam menjalankan usaha ayam kampung adalah faktor pakan. Jika pemberian asupan pakan yang tepat maka akan mempercepat pertumbuhan ayam, namun jika salah pemberian pola pakan dan jenis pakan akan memperlambat pertumbuhan ayam.

Dalam pengadaan Pakan ayam kampung terdapat dua cara:
  • Pakan instan buatan pabrik
  • Pakan olahan buatan sendiri
Dari dua macam pakan tersebut diatas, Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangan baik-baik oleh peternak. Secara kalkulasi biaya, pakan menjadi faktor yang mempunyai pengaruh besar. Terdapat 60 - 80 % biaya yang dikeluarkan untuk pengadaan pakan. Biaya ini termasuk sangat besar. Oleh karena itu, untuk menekan pengeluaran biaya pakan, peternak harus kreatif dengan mengetahui jenis pakan yang memiliki nilai gizi tinggi tapi harganya ekonomis.

Apakah pakan instan buatan pabrik lebih bagus?

Jika anda memutuskan untuk membeli pakan jadi, disarankan untuk beli pakan buatan pabrik yang sudah terpercaya. Kualitas dan kandungan gizi pakan harus sesuai dengan harga yang sudah dibayarkan. Pakan jadi buatan pabrik berharga relatif mahal. Kelebihannya, peternak tidak perlu repot menyusun formula pakan, mencari bahan pakan dan mencampurnya menjadi pakan.

Macam-macam bentuk pakan buatan pabrik dan plus minusnya

Ada tiga macam bentuk pakan ayam kampung produksi pakan ternak yang dijual bebas di toko pakan ternak (poultry shop), yaitu : bentuk tepung, bentuk butiran atau pelet dan bentuk butiran pecah atau “crumble”.

1. Pakan bentuk tepung

Bentuk tepung merupakan yang paling mudah dan paling cepat dicerna. Biasanya diberikan dalam keadaan kering dengan disediakan minum yang cukup. Sedangkan apabila diberikan dalam bentuk adonan (basah) harus segera habis dimakan karena jika lebih dari 2 jam akan timbul jamur (asam). Diberikan kepada ayam anak ayam sampai umur 2 bulan.

2. Pakan bentuk butiran atau pellet

Bentuk ini merupakan perkembangan dari bentuk tepung komplit. Kelebihannya, pertama agar pakan tidak banyak yang tercecer, kedu amenghemat atau mencegah pemborosan. Karena pakan bentuk pellet merupakan campuran dari beberapa bahan pakan yang dipadatkan kemudian dicetak dengan alat pelleting.

3. Pakan bentuk butiran pecah atau crumble

Merupakan perkembangan dari bentuk tepung komplit, kemudian diubah menjadi butiran pecah. Bentuk pakan pellet dan crumble banyak dibuat oleh industri/pabrik pakan ternak.

Membuat pakan sendiri

Membuat pakan sendiri memang dapat menekan biaya pengeluaran. Pakan dapat disusun dari bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar kita. Bahan pakan dapat dipilih yang berharga murah. Limbah pertanian dan industri umumnya dengan sedikit pengolahan masih bergizi dan dapat digunakan sebagai bahan pakan untuk ternak, termasuk ayam kampung. Namun, untuk dapat membuat pakan sendiri membutuhkan keterampilan dan pengetahuan penyusunan ransum.

Bahan-bahan pembuatan pakan

Pakan ayam kampung bisa dibuat sendiri bila memungkinkan. Sebaiknya bahan pakan yang akan dijadikan pakan memenuhi syarat-syarat:
  • Mudah didapat (banyak terdapat di sekitar kita dan terjamin pasokannya) 
  • Harganya lebih murah
  • Nilai gizinya memadai
Menurut jenisnya, bahan pakan ayam dapat dibedakan menurut bahan asalnya terbagi menjadi 3 macam:

a. Bahan pakan yang berasal dari nabati (tumbuh-tumbuhan)

Yang termasuk bahan pakan ini adalah: butir-butiran, contoh jagung dan kedelai. Bungkil-bungkilan, contoh : bungkil kelapa, bungkil kacang kedelai dan bungkil kacang-kacangan. Limbah pertanian, contoh : bekatul dan dedak. Sayur-sayuran, seperti kangkung, bayam, daun pepaya dan tauge

b. Bahan pakan yang berasal dari hewani (hewan)

Yang termasuk bahan pakan hewani adalah : tepung ikan, tepung darah, minyak atau lemak. Bahan pakan asal hewan ini umumnya merupakan limbah industri, sehingga sifatnya memanfaatkan limbah. Bahan pakan hewani yang biasa digunakan adalah tepung ikan, tepung tulang, tepung udang dan tepung kerang. Beberapa bahan pakan hewan yang lain adalah cacing, serangga, ulat dll. Bahan-bahan pakan ini ditemukan ayam yang dipelihara secara intensif, cacing, serangga dan lain-lain tidak diberikan. Tetapi bekicot yang banyak didapat di musim hujan, sudah mulai diternakkan, merupakan bahan pakan alternatif yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan protein pada ransum ayam.

c. Bahan Pakan Pelengkap/Suplemen

Bahan pakan pelengkap ini merupakan bahan buatan pabrik dan diproduksi untuk melengkapi zat-zat gizi yang biasanya kurang banyak atau kurang lengkap dikandung oleh bahan pakan alami seperti:

a. Kandungan Vitamin

Vitamin merupakan zat gizi yang berfungsi untuk pembentukan tulang, pertumbuhan serta memberikan daya tahan tubuh terhadap penyakit atau infeksi.

b. Kandungan Mineral

Mineral merupakan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang tidak banyak tetapi sangat penting untuk pembentukan alat-alat tubuh antara lain untuk pembentukan tulang (Ca dan P). darah (zat besi/Fe) dan kerabang telur (Ca dan P).

c. Kandungan Lysine dan Methionine

Seperti diketahui dalam formula ransum ayam kampung, 90% disusun dari bahan pakan nabati yang umumnya tidak mengandung Asam Amino yang imbang. Biasanya bahan pakan nabati ini miskin akan Lysine dan Methionine. Biasanya kekurangan Asam Amino ini dapat diatasi dengan penggunaan tepung ikan pada formula ransum. Tetapi karena harganya mahal penggunaan tepung ikan ini terbatas. sehingga untuk mengatasi kekurangan Asam Amino ini digunakan Lysine dan Methionine buatan pabrik. Lysine dan Methionine merupakan Asam Amino esensial yang dibutuhkan oleh ternak. Dewasa ini kedua Asam Amino sudah diproduksi dan dikemas sebagai produk siap pakai oleh pabrik.

d. Kandungan Probiotik

Probiotik adalah koloni kecil bibit mikroba yang berasal dari lambung sapi, yang dikemas dalam campuran tanah, akar rumput dan daun-daunan atau ranting yang dibusukkan. Mikroba-mikroba tersebut berfungsi sebagai penghuni protein, serat kasar dan nitrogen fiksasi non simbiotik. Dengan menambahkan probiotik tersebut dalam ransum ayam, maka ransum yang digunakan menjadi lebih efisien dan kadar amonia lebih rendah sehingga bau menyengat yang biasanya kita cium disekitar kandang menjadi berkurang karena sifatnya sebagai pengurai. Dan berbagai manfaat lainnya.

Daun yang disukai ayam

Saat kita memelihara ayam kampung, kita dapat menyaksikan saat ayam-ayam dilepas dari kandang biasanya akan mencari makanan sendiri. Salah satu makanan yang dicari oleh ayam saat dilepas adalah rerumputan dan aneka dedauanan. Ternyata insting ayam bisa membedakan daun atau tumbuhan yang baik untuk dimakan dan yang tidak baik untuk dimakan.

Berikut ini 13 macam daun yang disukai oleh ayam yang bisa dijadikan sebagai variasi pakan karena kandungan gizi yang memadai untuk pertumbuhan ayam.
Cara pengolahan paling sederhana dari daun dan sayuran diatas adalah dengan dipotong kecil-kecil untuk memudahkan saat ditelan. Atau bisa juga dicampur dan dipadukan dengan pakan utama yang sudah dibeli. Dengan demikian proses pertumbuhan akan lebih cepat dan menekan biaya pengeluaran untuk pakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel