Iklan Atas Artikel

Mirya' dan Potret Kepemimpinan Semu


Tahukah anda dengan hewan mirya'?

Mirya' adalah sejenis domba dari jenis gibas. Mirya' adalah julukan untuk domba yang hidup sendirian tanpa induknya semenjak lahir. Ia bahkan tidak sempat merasakan air susu induknya. Ia tidak disusui oleh induknya namun disusukan dengan keledai. Sementara susu induknya diperas dan dimanfaatkan oleh pemiliknya. Dikarenakan menyusu pada indukan keledai semenjak lahir maka domba ini mengira bahwa keledai tersebut merupakan ibunya.

Gambar Mirya'
Satu hal yang istimewa dari mirya' bulunya tidak dipangkas dan dijual.

Saat mirya' tumbuh besar tanduknya ikut tumbuh dan saat itulah mirya' terlihat gagah dan besar.

Untuk memberi kesan istimewa dikalungkanlah lonceng dan assesoris lain di lehernya. Sehingga menghasilkan bunyi yang bersautan tatkala berjalan.

Ketika mirya' berjalan dengan iringan suara loncengnya, maka domba-domba lain mengikuti dibelakangnya mengira dirinya sedang berjalan dibelakang pemimpin yang perkasa. Namun tahukah, bahwa mirya' yang nampak seperti pemimpin hebat itu tidaklah berjalan melainkan jika sang keledai berjalan dihadapannya. Dan selamanya mirya' tidak akan berani melewati sang keledai. Sementara domba-domba berjalan dibelakang pemimpinnya (mirya'), pemimpinnya berjalan dibelakang keledai.

Hikmah

Betapa banyak mirya'-mirya' hari ini. Tidaklah mereka berjalan kecuali jika sang keledai berjalan. Keberadaan mereka tidak lain hanyalah bayangan yang akan mengikuti arah bendanya. Tidak memiliki prinsip dan kekuasaan sedikitpun. Meskipun nampak seperti pemimpin yang mempesona tapi hakeatnya hewan kredil yang sedang berjalan dibelakang keledai yang tidak lebih bodoh lagi. Jangan tertipu dengan penampilan mereka. Jangan silau dengan asesoris yang dikenakannya. Jangan terpedaya dengan indahnya suaranya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel