Iklan Atas Artikel

Mengenal 4 Teknik Bekam Sinergi

Mengenal 4 teknik bekam sinergi

Bekam Sinergi adalah Sebuah metode penanganan penyakit yang melibatkan penarikan Qi (Energi) dan Xue (darah) ke permukaan kulit menggunakan ruang hampa udara (vakum) yang tercipta di dalam gelas atau kop dengan mempertimbangkan kekuatan 7 materi dasar den 6 patogen eksternal yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh.

Bekam sinergi memandang, proses terapi bekam adalah mengeluarkan sesuatu yang berlebih dari dalam tubuh. Sesuatu tersebut adalah beberapa patogen/penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Ada 6 macam patogen menurut Konsep Kedokteran Timur. Maka tujuan kita membekam adalah mengeluarkan ke 6 patogen tersebut sehingga tubuh terbebas dari ke 6 patogen ini.

Ke 6 patogen ini terdiri atas angin, panas, dingin, kering, lembab dan api. Ini adalah 6 unsur yang akan kita keluarkan dengan metode bekam. Dari ke 6 unsur ini tidak semuanya bisa dikeluarkan dengan bekam basah. Sehingga diperlukan teknik lain untuk mengeluarkan lembab dan dingin yaitu dengan menggunakan bekam api dan terapi moksibusi.

Tetapi perlu kita ketahui, tidak semua orang yang sakit terkena 6 patogen ini. Boleh jadi ia terkena penyebab lain seperti emosi yang tidak stabil, maupun penyebab lainnya semisal kecelakaan, kurang gizi, gaya hidup yang salah dan sebagainya. Dalam buku ini kami hanya akan membahas penyakit-penyakit yang bisa ditangani dengan bekam dan penyakit yang tidak bisa dilakukan Dembekaman.

Pembekaman merupakan proses pengeluaran patogen yang berlebih/ ekses. Maka ketika dilakukan pembekaman, akan diikuti oleh materi tubuh yang ikut keluar. Materi tersebut dinamakan 7 materi dasar. Tujuh materi dasar ini meliputi : Qi, Xue, jin‘, Ye, jing, Yin dan Yang. lnilah unsur yang harus kita perhatikan saat melakukan pembekaman.

Saat seseorang akan dibekam, maka dia harus dalam keadaan cukup materi. Jika tidak, akan membuat tubuh semakin Iemas dan terapi bekam tidak memberikan kesembuhan malah membuat orang tersebut menjadi sakit.

Ada 4 teknik yang dipakai dalam bekam sinergi, yaitu:

1. Bekam Basah

Bekam basah adalah proses pembekaman dengan melakukan sayatan untuk mengeluarkan darah yang ada di kapiler epidermis.

Bekam basah merupakan teknik mengeluarkan patogen angin, panas dan api serta darah stasis. Bekam basah sangat utama untuk sindrom panas ekses dan sindrom panas ekses yang membuat darah menjadi stasis.

Dalam bekam basah ada materi tubuh yang ikut keluar Qi/energi xue (darah) jin ye yin dan yang.

2. Bekam Kering

Bekam kering adalah pengekopan dengan pompa tanpa mengeluarkan darah. Bekam kering akan mengeluarkan patogen angin, panas dan api. Teknik ini sangat bagus untuk menangani sindrom panas defisien/Yin Xu. Meskipun prinsip sindrom Yin xu terapi utamanya adalah dengan tonik Yin bukan dengan bekam kering. Tetapi bekam kering akan membantu meningkatkan mengeluarkan patogen angin dan menurunkan panas pada orang dengan kondisi Yin xu.

Bekam kering tidak mengeluarkan darah tetapi juga mengeluarkan enegi, Maka diperlukan kehati-hatian bagi orang dengan kondnsi energ yang lemah.

3. Bekam Api

Bekap api adalah proses pembekaman dengan bantuan api sebagai media pembuatan ruang hampa udara dalam gelas vakum. Manfaat bekam api (cupping Cina/cupping fire) adalah untuk menghangatkan meridian, menyegarkan Qi/energi dan sirkulasi darah, membuang lembab dan dingin, mengusir stagnasi darah yang disebabkan patogen dingin atau Iemahnya energi, bengkak dan nyeri. Pada umumnya diterapkan untuk Bi sindroms, gangguan pencernaan dan gangguan organ paru.

Bekam Api akan mengeluarkan patogen angin, dingin dan lembab yang tidak bisa dikeluarkan dengan bekam basah dan bekam kering.

4. Moksibusi

Moksibusi adalah teknik tambahan bagi pasien dengan kondisi kekurangan Yang/Yang Xu. Keadaan ini biasanya ditandai dengan badan Iemah, letih, lesu dan loyo disertai keluar keringat dingin, anggota gerak terasa dingin, nafas pendek, diare dan rona wajah yang pucat. Pada kondisi ini sangat tidak boleh dilakukan pembekaman. Solusinya dengan mengualkan Yang Qi tubuh dengan terapi moksibusi. Ketika kita berbicara pengobatan, maka bekam sinergi memandang tidak semua harus dilakukan dengan bekam. Bekam untuk sindrom Iemah tidak diperbolehkan. Maka kembali kepada analisis hadits lbnu Abbas dari Nabi, ”Kesembuhan itu ada dalam tiga hal: dalam syurthah mihjam (Sayatan pisau bekam), minum madu atau sundutan api, Namun, aku melarang umatku melakukan sundutan” Madu adalah mewakili herbal dengan fungsi menambah energi.

Artikel terkait: Keajaiban Bekam Sebagai Metode Pengobatan Nabi

Dan dari hadits ini menunjukkan bahwa kondisi setiap penyakit berbeda beda dan diperlukan sebuah analisis yang tepat untuk mengambil sebuah tindakan terapi bekam atau bukan. Dalam dunia pengobatan, terkadang moksa sudah tergantikan dengan terapi modern seperti Infra red dan TDP healing lamp yang semuanya berfungsi untuk menghangatkan. (Sumber: Buku Bekam Sinergi, Achmad Ali Ridho)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel