Iklan Atas Artikel

Inilah Istimewanya Pemakaman Ma'la, Pemakaman Keluarga Rasululloh


Kaum muslimin wajib tahu. Salah satu kuburan yang berada di sebelah selatan Masjidil Haram - Makkah. Bukan sembarang kuburan. Al-ma'la diistimewakan karena makamnya orang-orang istimewa. Selain sebagai pemakaman tertua didunia (1700 tahun), ia merupakan makam keluarga Nabi dari kakek dan neneknya (Qusyai bin Kilab) sampai kepada paman-paman beliau. Selain itu sebagian sahabat nabi dan tabi'in juga dimakamkan disini.

Nama lain Ma'la

Al-ma'la memiliki arti ketinggian dikarenakan posisi makam al-ma'la lebih tinggi dari tanah disekitarnya. Nama lain dari pemakaman ini adalah al- hajun dikarenakan keberadaanya yang berdekatan dengan bukit hajun. Selain itu nama lainnya adalah Jannatul ma'la (surga ma'la)

Mengapa pemakaman al-hajuun istimewa?

Diantara latar belakang keistimewaan al-hajuun adalah adanya beberapa peristiwa penting yang terjadi disana, diantaranya:

Jaminan masuk surga tanpa hisab, dalam sebuah hadits dari Abdullah bin Masud ra, bahwa Rasulallah saw bersabda “Allah membangkitkan dari tempat ini (pemakaman Ma’la) dan dari seluruh tanah Haram 70.000 orang yang masuk surga tanpa hisab atau tanpa perhitungan dosa. Setiap orang dari mereka dapat membawa 70.000 orang. Wajah mereka cerah dan bersinar bagaikan bulan purnama. (Al-Jundi Fi Fadhailil Makkah-Hadits dhaif atau maudu')

Al-ma'la menjadi istimewa karena disana tempat dimakamkannya istri pertama Rasululloh, Khadijah binti Khuwailid. Bukti lain keitimewaan al-hajuun adalah ditandai dengan menetapnya Rasululloh di al-hajuun sebelum fathu makkah. Saksi politik islam, salah satunya dengan berkunjungnya Abu Musa al-Asyari. Peristiwa penting lainnya adalah terjadinya pertemuan Rasululloh dengan kelompok jin di al-hajuun yang menjadikan mereka masuk islam.

Nama-nama Tokoh yang Dimakamkan di Al-Hajuun

Tokoh penting yang dimakamkan di ma'la banyak sekali, diantaranya istri Rasululloh Khadijah binti khuwailid, puteranya Nabi yang bernama Qasim dan Abdullah, kakenya Nabi Abdul Muthalib, paman Nabi Abu Thalib bin Abdul Muthalib, Sahabat Nabi yang bernama Abdurrahman bin Abi Bakar, Asma binti Abu Bakar, Sumayyah binti Khayath, Zainab binti Madz'un, Abdullah bin Zubair, Imam Hajar Al-Haitami dan Khalifah Abasiyah Abu Ja'far Al-manshur dan ulama-ulama besar lainnya.

Catatan:

Maksud istimewa dalam pengertian diatas adalah bukan pada tempatnya melainkan karena nilai historisnya. Lebih jelasnya yang menjadikan al-ma'la istimewa adalah karena orang-orang shalih yang dimakamkan disana. Adapun jika bukan karena kesolihannya maka al ma'la sama dengan kuburan pada umumnya. Dan tidak setiap orang yang dimakamkan disana pasti solih sehingga layak mendapat jaminan surga. Karena nikmat dan adzab bukan ditentukan oleh tanah tempat dimana seseorang dimakamkan tapi karena amalnya masing-masing. Wallohu a'lam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel