Iklan Atas Artikel

Bosan Saat Mati Lampu? Lakukan 8 Hal Sederhana Ini, Dijamin Asyik dan Bermanfaat


Satu hal yang pasti membosankan buat kamu adalah saat padam listrik iya kan? Seakan-akan dunia ini berhenti berputar. Semua aktifitas kita terganggu dan memicu kebosanan yang mewabah semua orang. Bahkan aktifitas ekonomi juga bisa macet dan mengalami kerugian besar.

Bagi kamu yang selama ini hidupnya menatap layar HP baik untuk keperluan bisnis ataupun sekedar untuk hiburan. Padam listrik akan sangat terasa dampaknya. Menyebalkan dan membosankan. Padahal mungkin hanya padam satu jam saja, bagaimana jika seharian mati lampu?

Nah, tentu kamu tidak ingin kan terus-terusan bosan saat mati lampu? Nyongmart.com akan berbagi tips mengisi waktu kosong saat mati lampu. Berikut ini 9 hal yang bisa kamu coba untuk mengisi waktu di saat mati lampu.

1. Bersosialisasi

Solusi pertama untuk mengisi aktifitas di saat mati lampu adalah bersosialisasi. Jika selama ini kita sibuk dengan gadget dan semua perangkat teknologi yang sumber daya utamanya menggunakan listrik, maka saat mati lampu otomatis semua tidak berfungsi lagi. Nah mungkin bagi anda yang kesehariannya tidak bisa lepas dari perangkat teknologi tersebut. Saat mati lampu terasa sangat membosankan bukan? Tidak bisa main game, chating, waching dll.

Nah, agar saat mati lampu tetap asyik, cobalah bersosialisasi dengan orang-orang terdekat kamu, misalnya keluarga, tetangga atau teman. Ajaklah mereka ngobrol, bermain dan apa saja yang bisa menghibur anda selama mati lampu. Tidak perlu keluarin uang kamu cukup keluar rumah untuk ngobrol dengan tetangga dan teman sekampung. Dijamin suasana mati lampu justru lebih asyik daripada main gadget.

2. Baca buku

Bagi kamu yang bingung mau ngapain saat mati lampu. Membaca buku bisa menjadi alternatif yang bisa kamu coba. Selain mudah, membaca buku akan menambah wawasan kamu. Kan mati lampu bagaimana bisa baca? Kan bisa menggunakan lilin sebagai penerang? Iya kan, jangan ngeles! Bukankah jaman old orang belajar juga hanya menggunakan lilin dan petromak? Tapi ternyata bisa dan banyak yang menjadi ilmuwan hebat.

Mati lampu bisa jadi menjadi pertanda dan peringatan bagi kita yang selama ini lebih asyik dengan perangkat digital dan jarang banget baca buku. Maka bersyukurlah dengan pak PLN yang sudah matiin lampu. Lhoo?!

3. Merapikan rumah

Tidak usah pusing saat mati lampu karena ga bisa buka gadget. Ada banyak hal yang positif dan pastinya bermanfaat buat kamu. Apa itu? Salah satunya merapikan rumah atau kamar kamu.

Saat siang hari terjadi pemadaman listrik, cobalah kamu tengok kamar atau rumah kamu? Apakah sudah rapi? Lakukan hal-hal sederhana untuk membuat kamarmu menjadi bersih dan rapi. Mulai dari hal-hal sepele seperti merapikan buku, melipat baju, mengelap kaca atau cermin, menyapu, ngepel, bakar sampah, menyiram bunga, cuci motor dan apa saja yang bisa membuat rumah dan kamarmu jadi rapi. Satu jam mati lampu kamarmu sudah rapi dan bersih.

4. Olah raga

Jika biasanya yang olah raga hanya jempol dan jari-jari kita di layar smart phone. Maka saat mati lampu kesempatan untuk kamu berolahraga. Selain menyehatkan berolah raga saat mati lampu akan menghilangkan kejenuhan. Cobalah dengan joging, main bola, bersepeda atau berenang.

Saat lampu kembali menyala kamu akan merasakan manfaatnya badan jadi sehat, berkeringat dan yang pasti kamu tidak akan merasakan kejenuhan saat mati lampu.

5. Menulis

Untuk yang satu ini mungkin terkesan membosankan juga apalagi buat kamu yang tidak suka menulis. Padahal menulis tidak harus panjang seperti untuk dijadikan buku, tapi cukup menulis apa saja yang terlintas di fikiranmu. Sebagai contoh membuat draft rencana liburan, menghitung kebutuhan uang belanja sebulan kedepan dan lain sebagainya.

Namun jika kamu punya ide yang bagus juga bisa menulis yang bisa bernilai karya tulis seperti membuat cerpen, puisi maupun catatan harian kamu. So, mati lampu malah menghasilkan karya tulis yang bisa bermanfaat kan.

6. Jalan-jalan

Saat mati lampu dirumah justru bingung mau ngapaian. Ada baiknya kamu coba yang satu ini jalan-jalan. Tidak harus ngeluarin uang banyak-banyak karena kamu cukup jalan-jalan di taman kota dekat rumahmu. Atau sekedar jalan kaki menyusuri kampung halaman. Agar lebih asyik kamu bisa ajak teman atau adik jalan-jalan bareng sama kamu. Dijamin mati lampu akan terasa lebih asyik.

7. Belanja

Agar kamu tidak bete saat mati lampu kamu bisa cara yang satu ini "belanja". Biasanya di toko-toko swalayan memiliki genset jadi meskipun mati lampu tetap terang dan menyala. Masalahnya lagi ga punya duit atau tidak ada budget untuk belanja? Tidak masalah kamu cukup datang dan lihat-lihat saja sambil menikmati suasana terang ditengah-tengah kegelapan mati lampu tanpa harus belanja. Dengan begitu rasa bosanmu terobati tanpa harus ngeluarin uang. Mudah kan?

8. Merenung

Mati lampu bukan akhir segalanya banyak hal positif yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan merenung. Coba sejenak kamu renungkan tentang dirimu. Sudah berapa banyak kebaikan yang sudah kamu perbuat dan sudah berapa banyak dosa yang kamu kerjakan.

Sudah berbuat apa untuk orang tuamu. Dan persiapana amal apa untuk akhiratmu. Keadaanmu saat di alam kubur tidak lebih gelap dari mati lampu yang hanya sesaat. Maka ini moment yang tepat untuk kamu merenung dan memperbaiki diri selama masih hidup.

9. Tidur

Alternatif terakhir saat mati lampu adalah tidur. Tidur bisa menjadi cara paling ampuh untuk menghilangkan kebosanan saat mati lampu. Dengan catatan sudah tidak ada lagi pekerjaan yang harus anda lakukan. Maka tidur akan sangat bermanfaat bagi kamu, terutama kamu yang biasa menghabiskan waktu begadang malam hari.

Tapi hati-hati sebelum tidur pastikan lilin atau alat penerang lainnya dalam posisi aman. Untuk lebih hati-hati padamkan lilin sebelum tidur.

Ternyata banyak hal-hal yang sangat bermanfaat untuk mengurai kebosanan saat mati lampu ya gaes. So, silahkan sobat coba dan lakukan salah satu dari 9 cara diatas saat mati lampu. Semoga suasana mati lampunya kamu berkesan. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel