Iklan Atas Artikel

Dibandrol Ratusan Ribu Perkilo, Inilah Segudang Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan


Jika anda pernah hidup di kampung pasti tidak asing dengan buah ciplukan. Dan kemungkinan anda juga pernah merasakan. Ciplukan sangat mudah kita temukan di kebun atau pekarangan disekitar rumah. Ukuran buah ciplukan cukup kecil seukuran dengan kelereng. Dengan dibalut oleh kelopak yang menutupinya. Saat masih muda atau mentah warnanya hijau, namun jika sudah masak warnanya berubah kekuning-kuningan. Ukuran batang pohon ciplukan cukup pendek, berkisar antara 60 - 80 cm saja. Setiap pohonnya memiliki cabang cukup banyak. Bunga yang akan menjadi cikal bakal buah ciplukan terletak di ketiak daun dengan warna putih kekuning-kuningan.

Namun tahukah anda buah yang dulu tidak ada harganya bahkan kerap dibuang dan diabaikan. Kini buah ciplukan menjadi komoditas pasar yang sangat mahal. Untuk mendapatkan satu 1 buah ciplukan saja anda harus mengeluarkan duit sebesar 10.000 rupiah, bahkan di pusat-pusat perbelanjaan atau mall sekilonya bisa dibanderol sekitar 500.000 rupiah.

Bagi orang kampung biasanya digunakan sebagai obat tradisional. Bagian dari buah ciplukan yang digunakan untuk pengobatan luka adalah bagian daunnya. Dengan cara dilumatkan lalu ditempelkan pada luka, dan orang yang bersangkutan juga akan memakan buahnya sehingga lukanya cepat sembuh.

Setelah dilakukan analisis, ternyata buah ceplukan ini mengandung vitamin C yang relatif tinggi yang diklaim lebih tinggi dibandingkan anggur. Selain itu Ciplukan juga efektif dimanfaatkan sebagai anti hiperglikemi, antibakteri, antivirus, imunostimulan dan imunosupresan (imunomodulator), antiinflamasi, antioksidan, analgesik, dan sitotoksik.

Mengutip penjelasan dari situs brilio.net setidaknya terdapat 16 khasiat buah ciplukan untuk penyembuhan berbagai macam penyakit.

1. Menyembuhkan Penyakit Jantung

Bagi anda yang punya masalah dengan jantung, pengobatan dengan ciplukan menjadi alternatif yang bisa dicoba. Caranya cukup mudah, siapkan 40 helai daun ciplukan dan haluskan dengan blender seperti jus, kemudian minum tanpa campuran apapun. Selain dibuat seperti jus, daunnya juga bisa kita makan langsung, tapi pastikan sudah dicuci bersih dulu ya.


2. Sebagai Obat Asma

Manfaat lain buah ciplukan adalah untuk pengobati asma. Cara pengobatannya cukup mudah, Ambil daun dan batang dari buah ciplukan, rebus dan minum air rebusan tersebut. Atau ambil daunnya, kemudian campur dengan kapur sirih lalu dihancurkan dengan menggunakan kedua telapak tangan. Kemudian basahkan dengan air. Setelah itu gumpalkan pada telapak tangan sehingga keluar air berwarna hijau keputih-putihan serta buih. Oleskan pada bagian dada, perut, dan punggung.

3. Mengobati Penyakit Kurap

Bagi anda yang punya masalah dengan penyakit kulit yang satu ini jangan khawatir, karena ternyata ciplukan bisa menjadi obat kurap yang cukup efektif. Walaupun bukan kategori penyakit kronis tapi keberadaan kurap cukup mengganggu. Selain membuat nggak nyaman juga merusak penampilan jika terjadi pada bagian tubuh yang terbuka. Bagiaman cara meramunya? Untuk mengobatinya cukup hancurkan daun dari buah ciplukan dan oleskan pada bagian kulit yang terkena kurap.

4. Menurunkan Demam

Jika anda tidak mau menggunakan obat kimia untuk mengobati demam anda bisa memanfaatkan buah ciplukan sebagai penggantinya. Caranya sederhana silahkan konsumsi buah ciplukan secukupnya. Hal ini berkhasiat menurunkan demam atau panas terutama pada anak-anak.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi termasuk penyebab kematian yang cukup tinggi. Bagi anda yang memiliki gejala tekanan darah tinggi, sangat dianjurkan konsumsi ciplukan. Adapun untuk pengobatan, Caranya dengan meminum air rebusan daun, buah dan akar selama tiga minggu berturut-turut.

6. Membersihkan Kencing Kotor

Bagi anda yang mengalami air kencing kotor atau keruh daun ciplukan bisa membantu membersihkan air kencing dengan cepat. Cukup dengan minum air rebusan dari akar sampai pucuk buah ciplukan. Lakukan sampai warna urin normal.

7. Mengobati Kanker Payudara

Kanker payudara mungkin terdengar sebagai penyakit yang mengerikan. Tapi buah ciplukan ternyata juga bisa menyembuhkan penyakit ini. Caranya, pucuk yang muda dicampur dengan empat biji beras dan tunas kunyit. Kemudian digiling dengan parutan kelapa sampai lumat. Setelah itu ramuan tadi langsung ditempelkan pada payudara. Selain ciplukan buah bawang dayak juga terbukti ampuh obati kanker, baca testimoninya disini

8. Mengobati Kuning pada bayi yang baru lahir

Khasiat lain dari buah ciplukan adalah sebagai obat kuning pada bayi. Bagi bunda yang memiliki bayi yang baru lahir mengalami penyakit ini coba terapi dengan buah ciplukan. Caranya, ciplukan di jemur hingga kering, kemudian digunakan untuk mandi pada bayi yang baru lahir.


9. Menyadarkan Orang Pingsan

Saat terjadi pingsan pada seseorang baiknya jangan panik. Lakukan langkah penanganan dengan pohon ciplukan. Caranya, Ambil akarnya lalu dbakar. Kemudian abunya dicampur dengan kapur sirih. Setelah itu campurkan dengan sedikit minyak kelapa, dan oleskan pada kepala orang yang sedang pingsan.

10. Sebagai Obat Stroke

Stroke tergolong penyakit kronis yang umumnya diderita pada orang dengan rentang usia 50 tahun keatas. Walaupun tidak menutup kemungkinan siapapun bisa menderita stroke. Cara menerapi stroke dengan buah ciplukan adalah dengan Meminum dan memakan bagian-bagian dari buah ciplukan secara rutin juga dapat membantu mengobati penyakit stroke lho.

11. Meningkatkan Kecerdasan

Selain untuk penyembuhan berbagai penyakit diatas ternyata ciplukan bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak anak. Dengan dijadikan sebagai minuman buah ciplukan dicampur air, jeruk nipis, dan sedikit gula. Sudah rasanya nikmat juga dapat meningkatkan kecerdasan anak.

12. Mengobati Kencing Manis

Kencing manis atau diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti. Selain proses penyembuhan yang lambat juga terasa menyakitkan bagi penderita. Untuk mengobati kencing manis siapkam batang pohon dan akar dari buah Ciplukan, kemudian jadikan minuman, konsumsi tiga kali sehari.

13. Menghilangkan sakit persendian

Sakit persendian kerap mengganggu aktifitas kita. Rasa sakit dan ngilu yang datang secara tiba-tiba ini berada dipersendian. Untuk mengobatinya cukup mudah, caranya campur daun ciplukan dengan kapur sirih kemudian tempelkan pada persendian yang sakit. Jangan diangkat hingga rasa sakit sudah hilang

14. Menurunkan kolesterol

Manfaat lain dari buah ciplukan adalah berkhasiat obati kolesterol. Bagi anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi bisa dicoba terapi dengan buah ciplukan. Caranya makan daun dari buah ciplukan sebanyak dua helai lakukan tiga kali sehari. Lakukan chek up kadar kolesterol secara berkala

15. Untuk Menambah Darah

Bagi anda yang memiliki keluhan darah rendah, ciplukan bisa menjadi alternatif penambah darah. Adapun cara pengobatannya yaitu dengan cara dimasak bagian batang dari pohon ciplukan, kemudian minum ari rebusannya.

16. Penawar Racun

Satu lagi manfaat luar biasa dari buah ciplukan adalah untuk penawar racun. Karena kandungan antioksidan yang tinggi Semua bagian dari buah ciplukan ternyata bisa dikonsumsi sebagai penawar racun.

Perlu diingat, walaupun buah ciplukan ini memiliki khasiat yang luar biasa. Tetapi jangan mengonsumsinya bersamaan dengan kopi ya, karena konon malah dapat menyebabkan keracunan.

Mengetahui besarnya manfaat buah dan pohon ciplukan seperti uraian diatas, maka sudah semestinya wajib menanam pohon yang satu ini dikebun atau di pekarangan rumah kita. Sebagai persiapan jika suatu saat kita membutuhkan tidak perlu repot mencarinya diluar apalagi sampai harus keluar uang. 

Semoga uraian tentang manfaat buah ciplukan pada artikel ini bermanfaat untuk kita terutama anda yang sedang memiliki keluhan penyakit yang bisa disembuhkan dengan buah ciplukan. Selamat mencoba, semoga Alloh angkat penyakit anda dan menjadikan anda sehat wal 'afiyat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel