Iklan Atas Artikel

8 Langkah Mengkondisikan Anak Sebelum Kelahiran Adiknya


Mempersiapkan Kakak untuk menyambut adik baru? Tahukah bunda perubahan sekecil apapun dalam sebuah keluarga menuntut adanya penyesuaian yang tidak mudah. Tak jarang proses penyesuaian itupun menimbulkan tekanan mental bagi anggota keluarga yang terlibat. Oleh karena itu ketika merencanakan bertambahnya anggota keluarga baru harus disosialisasikan sejak dini mungkin.

Diantara yang membutuhkan persiapan ekstra adalah mempersiapkan anak atau calon kakak. Sebab kehadiran adik baru bagi sebagian anak bisa jadi menjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor diantaranya kehadiran adik baru dianggap akan mengganggu perhatian orang tua terhadap dirinya. Karenanya jika tidak disipakan sedini mungkin akan mengakibatkan kecemburuan yang berlebihan.

Pernahkah bunda mendengar kisah seorang anak yang tega menyakiti adiknya yang masih bayi sampai meninggal dunia. Dan ternyata penyebabnya adalah timbulnya rasa cemburu yang tidak terobati. Belajar dari kejadian ini tentu kita tidak menhendaki hal ini terjadi kan? Oleh karena itu pada kesempatan ini kami akan berbagi tips sederhana mempersiapkan calon kakak agar tidak cemburu pada adik barunya. Berikut ini langkah-langkah yang bisa bunda lakukan :

1. Siapkan Mentalnya 

Mempersiapkan mental, bagaimana caranya? Sampaikan kepada anak dengan bahasa yang mudah dimengerti bahwa kelak ia akan mempunyai adik, jika hal ini telah disampaikan sejak awal kehamilan insyaa Alloh secara mental anak bunda sudah siap menanti kehadiran adiknya.

2. Jalin kedekatan, baik fisik maupun mental

Diantara upaya yang bisa dilakukan bunda adalah dengan selalu berbicara dari hati ke hati. Ajak anak berbincang dengan suasana yang ramah, membacakan cerita yang bermanfaat dan menghibur.

3. Libatkan anak dalam berbagai hal

Melibatkan anak disini adalah kaitannya dengan persiapan kedatangan adik barunya, misalnya ketika kontrol ke dokter, ketika membeli perlengkapan untuk bayi, dll.

4. Jelaskan bahwa suatu ketika ibu akan meninggalkannya sebentar di rumah sakit, guna proses kelahiran adiknya.

5. Jika memungkinkan, ajak ia bermalam di rumah sakit sehingga ia tidak merasa terpisah dengan orang tua dan adik barunya.

6. Beri hadiah yang disukainya ketika waktu kelahiran tiba sehingga ia merasa mendapatkan 'reward' ketika adiknya lahir. 

7. Libatkan ia dalam perawatan sang adik. Dengan mengambilkan bedak, popok, atau melipat baju adik setelah dijemur, menjadikan ia merasa 'diperlukan' dan tetap diperhatikan. Dengan cara ini pula, akan muncul tanggung jawabnya untuk ikut menjaga dan merawat adik.

8. Tetap luangkan waktu khusus untuknya. Sesekali ajaklah ia pergi hanya berdua dengan ayah/ibunya. Sehingga ia tidak akan merasa kehilangan 'momen' berharga seperti sebelum kelahiran adiknya.

Selain faktor cemburu diatas ada juga faktor iri. Untuk meminimalisir rasa Iri sang kakak kepada sang adik, ada satu tips yang mungkin dapat diterapkan untuk mengatasi masalah Ini. Menjelang kelahiran adik, ada baiknya orang tua mempersiapkan kado untuk kakaknya. Kado tidak harus berharga mahal. Sediakan dana untuk membelikan barang kesukaan atau keperluan mereka (misalnya alat tulis, buku cerita, asesoris. Bungkus tiap barang sehingga memungkinkan satu ana untuk mendapatkan beberapa kado. Anak kecil tidak akan memerhatikan berapa harga barang tersebut, namun lebih pada nilai pemberian kadonya. Mereka merasa diperhatikan dan disayangi dengan adanya kado yang diberikan oleh keluarga mereka.

Demikian tips sederhana yang bisa kami sampaikan disini semoga bisa bermanfaat bagi bunda semua. Aamiin

Sumber : Buku Panduan Terlengkap Kehamilan Bagi Muslimah, Nurul Chomaria S.Psi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel