Iklan Atas Artikel

22 Tokoh Agama Islam yang Memiliki Pengaruh Kuat Di Indonesia

Tokoh tokoh islam di Indonesia yang paling berpengaruh

Siapa saja tokoh berpengaruh di Indonesia saat ini? Tidak diragukan lagi bahwa di Indonesia banyak sekali tokoh-tokoh yang memiliki pengaruh sangat kuat baik dikalangan ummat islam maupun bagi ummat agama lain. Dari dulu sampai sekarang. Namun demikian pengaruh ketokohan antar satu figur dengan figur yang lain bersifat relatif. Oleh karena itu pemilihan tokoh dalam artikel ini cukup subyektif dan bersifat nisbi. Dan tidak masalah jika ada perbedaan pandangan antara penulis dengan anda. Berikut ini 22 Tokoh Islam Berpengaruh di Indonesia saat ini, yang ditulis oleh Ustadz Abdus Sabur.

1.  Ustadz Yazid Jawwaz

Beliau adalah Salah satu tokoh Sentral dakwah Salafiyah di Indonesia.

mengajak manusia kepada AlQur'an dan sunnah berdasarkan pemahaman Salafus Sholeh. Memiliki pengaruh yang sangat besar sekali di Indonesia untuk dakwah Salafiyah. Dan pengaruh beliau lebih luas daripada pengaruh Ustadz Ja'far Umar Thalib dalam dunia dakwah.

Memiliki pendirian yang gigih Tegar mesti mendapatkan ujian dakwah yang begitu berat. Perjalanan dakwah Salafi di Indonesia tidak lepas dari jasa-jasa beliau. Pernah belajar dan mulazamah kepada Syekh Al utsaimin. Hafidzahullahu Ta'ala.

2. Ustadz Ja'far Umar Thalib

Mengajak manusia kepada Jalan sunnah berdasarkan pemahaman Salafus Sholeh. Memiliki pengaruh sangat besar di Indonesia. Bahkan diawal pengaruhnya lebih luas daripada pengaruh Ustadz Yazid Jawas hafizhahullah. Beliau seorang Panglima Laskar jihad harus Sunnah Wal Jamaah yang telah menolong puluhan ribu nyawa kaum muslimin di ambon maupum poso.

Sikap pribadi tegas dan tidak takut kepada siapapun, melainkan hanya kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Dia juga pernah terlibat di dalam jihad Afghanistan.

Beliau adalah murid Syekh muqbil rahimahullah Rahimahullah. Baca: Kisah Mengharukan Ustadz Ja'far Umar Thalib -Rahimahulloh-

3. Ustad Abdul Hakim bin Amir Abdat.

Beli juga adalah salah satu tokoh Sentral dakwah Salafy di Indonesia.

Salah seorang yang Alim dalam bidang Hadits dan memiliki pengaruh yang kuat dikalangan tholabul Ilmi. Beli memiliki reputasi sama dengan dua Ustadz di atas.

Belum memiliki kekuatan telaah kitab kitab Hadits dan habiskan umurnya untuk membaca kitab-kitab hadis Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam. Hafidzahullahu Ta'ala.

4. Ustadz Muhammad Umar as sewed.

Menyeru kepada Alquran dan Sunnah. Memiliki pengaruh yang cukup besar di dalam pengembangan dakwah Salaf di Indonesia.

Beliau sedikit lebih keras daripada ustadz2 kibar lainnya. Sehingga dakwah beliau tidak terlalu meluas dan lebih cenderung bentrok dengan banyak kalangan kaum muslimin bahkan bentrok sesama Salafi sekalipun. Beliau adalah salah satu murid Syekh muqbil. Hafidzahullahu Ta'ala.

5. Ustadz Farid Ahmad okbah hafidzahullah.

Beliau adalah penyeru kepada al-Quran dan Sunnah berdasarkan pemahaman Salafus Sholeh.

Beliau adalah seorang alim dan gudangnya ilmu dan telah membaca lebih dari seribu kitab. Menghabiskan waktu 6 sampai 8 jam sehari untuk membaca selama bertahun-yahun. Beliau lebih lunak dan bisa dekat dengan berbagai elemen masyarakat Islam di Indonesia Mengapa masyarakat Islam internasional. Beliau adalah salah satu murid Syekh utsaimin dan pernah belajar kepada syaikh muqbil selama 4 bulan.

Hafidzahullahu Ta'ala.

6. Ustadz Zulkarnain Sanusi.

Beliau adalah salah satu tokoh dan ulama dakwah Salafiyah di Indonesi.

Memiliki ilmu yang cukup luas dan dalam. Hafidzahullahu Ta'ala.

7. DR. Firanda Andirja

Beliau adalah salah seorang doktor alumni Jami'ah Madinah dan memiliki kapasitas ilmu yang tinggi dan sangat luas. Didikan para ulama Timur Tengah bahkan beliau menjadi salah satu ulama yang mengajar di Masjid Nabawi.

Dakwah Salafiyah modern tidak bisa lepas dari pada pengaruh beliau. Beliau adalah salah satu sosok yang tengah-tengah dan dicintai oleh masyarakat.

Beli mengalami pengusiran beberapa kali namun dia tetap tegar untuk melakukan Alquran dan Sunnah di atas pemahaman salafussholeh di Indonesia.

8. Doktor Khalid Basalamah.

Beliau adalah salah satu tokoh dakwah Salafiyah moderen di Indonesia yang dikenal dengan sikap tegas juga moderat yang sangat terkenal.

Ceramah dan dakwah beliau sangat dinanti-nantikan oleh umat Islam di Indonesia

Mengalami pengusiran di beberapa tempat karena dianggap menyebarkan pemahaman Wahabi.

9. Ustadz Abdullah Sholeh Hadrami

Beliau adalah salah seorang ulama dari Malang yang menyeru kepada al-quran dan as-sunnah berdasarkan pemahaman Salafus Sholeh.

Beliau memiliki sikap yang tengah-tengah dan banyak membangun komunikasi dengan berbagai elemen masyarakat Islam.

Beliau adalah salah satu murid Syekh utsaimin yang paling lama belajar bersama Syeikh.

10. DR. Ustadz Achmad Rofi'i.

Beliau adalah salah satu doktor yang memiliki ilmu yang cukup dalam dan luas terutama di dalam bidang hadits. Bila juga menjalin hubungan ukhuwah dan dakwah dengan berbagai macam elemen masyarakat Islam Indonesia.

11. Ustadz Adi Hidayat LC. MA.

Beliau salah seorang Halim yang dikenal oleh masyarakat luas dari berbagai macam kalangan.

Keilmuannya sangat tinggi dan luas disertai dengan kekuatan hafalan yang jarang dijumpai pada ulama-ulama lain.

Dakwahnya cenderung moderat dan membangun kerjasama dengan berbagai macam elemen masyarakat Islam.

Bella juga penyeru kepada Alquran dan as-sunnah.

Di dalam hal akidah sedikit terpengaruh dengan pemahaman asy'ariyah. (Belum terklarifikasi)

Beliau adalah Da'i Muhammadiyah yang sangat jarang jumpai seperti beliau. Hafidzahullahu Ta'ala.

12. Al Ustadz Abdul Somad LC. MA.

Beliau adalah seorang Alim dari kalangan NU yang sangat fenomenal pada hari ini.

Beliau dianugerahi oleh Allah subhanahu wa ta'ala sebagai Alim yang memiliki pendengar dan pengikut yang paling banyak dari seluruh ulama2 maupun da'i  maupun yang ada di Indonesia.

Dakwahnya cenderung moderat dan membangun kerjasama dengan berbagai macam elemen masyarakat Islam.

Di dalam hal akidah beliau beraqidah asy'ariyah.

Beliau adalah tokoh NU hari ini yang memiliki pengaruh yang sangat besar dan luas bahkan pengaruhnya  sampai ke Negara Jiran. Hafidzahullahu Ta'ala.

13. Dr Muhammad Zaitun Rasmin.

Tokoh pergerakan Wahdah Islamiyah yang memiliki pengaruh tidak kalah kuatnya di Indonesia.

Beliau memiliki relasi dakwah yang luas baik di Indonesia maupun di dunia internasional. Hafidzahullahu Ta'ala.

14. DR. Erwandi Tarmidzi

Beliau adalah dokter alumni Saudi yang hari ini menjadi salah satu ulama yang menjadi rujukan di dalam fiqih kontemporer terutama fiqih muamalah. Hafidzahullahu Ta'ala.

15. Al Ustadz Bachtiar Nasir

Beliau adalah salah satu tokoh pergerakan yang cukup ternama di Indonesia dan memiliki pengaruh yang kuat dan luas terutama di kalangan pergerakan dan anak muda. Hafidzahullahu Ta'ala

16. Al Ustadz Muhammad Arifin Ilham rahimahullahu Ta'ala.

Beliau adalah salah satu tokoh Sentral dakwah yang mengumpulkan dari berbagai macam elemen masyarakat Islam Indonesia.

Beliau konsen dengan dakwah dzikirnya yang diterima oleh berbagai macam lapisan masyarakat dan kalangan. Baca : Pengalaman DR. Arifin Badri Di Pesantren Al-Irsyad, Dari Ikhwani Berubah Salafi

17. Ustadz Yusuf Mansur

Beliau adalah salah seorang pendiri Darul Quran yang konsen dakwahnya di keutamaan sedekah dan pengembangan Alquran di indonesia.

Selain seorang Dai bila juga seorang bisnisman yang terkenal. Hafidzahullahu Ta'ala.

18. KH. Mahrus Amin

Beliau adalah tokoh pendidikan Indonesia yang telah membangun lebih dari 50 sekolah di seluruh penjuru Indonesia. Dan yang paling terkenal adalah Darunnajah dan seluruh cabang-cabangnya. Hafidzahullahu Ta'ala.

19. Al Ustadz Yusuf Baisa

Beliau adalah salah seorang Ustadznya para Ustadz. Beliau memiliki kemampuan memimpin yang luar biasa.

Memiliki sifat santun, sabar, cerdas dan tegas, pandangannya cukup jauh ke depan.

Menyatukan kekuatan dakwah Salafiyah di Indonesia. kehidupan yang sederhana dan sangat tawadhu. Hafidzahullahu Ta'ala.

20. As syaikh Ali Jabir

Beliau adalah salah seorang alim yang fokus bergerak di dunia Alquran.

Beliau memiliki jaringan dakwah yang sangat luas baik di Indonesia maupun di dunia internasional.

Bacaan Alquran yang indah dan merdu adalah salah satu kelebihan beliau.

Pengajian dan tabligh akbar beliau selalu dipenuhi oleh kaum muslimin dari berbagai kalangan.

Beliau adalah salah satu tokoh yang sangat dihormati dan dicintai di Indonesia saat ini. Hafidzahullahu Ta'ala.

21. Abu Bakar Ba'asyir

Beliau adalah salah satu tokoh pergerakan islam yang memiliki visi misi menegakkan Darul Islam atau menegekkan hukum Islam di Indonesia secara Kaffah.

Pemikirannya sering dianggap ekstrem oleh pemerintah sehingga pergerakannya dibatasi bahkan beliau dipenjara sampai hari ini dengan kondisi yang sangat lemah dan umur yang cukup tua.

Beliau dianggap memiliki relasi jihad baik di Indonesia maupun di dunia internasional. Atau dianggap sebagai teroris internasional. Hafizhahullah Ta'ala.

22. HRS.

Beliau adalah pendiri FPI atau Front Pembela Islam. Dengan jumlah anggota tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Pernah mengalami penjara beberapa tahun karena dianggap terlalu ekstrem.

Beliau adalah salah satu tokoh Sentral yang sangat besar dan luas pengaruhnya di Indonesia bahkan sampai dunia internasional sekalipun.

Tokoh yang terakhir ini adalah tokoh yang sangat fenomenal dan secara mutlak beliau tokoh yang paling berpengaruh di Indonesia pada hari ini dari seluruh tokoh yang disebut di atas. Hafidzahullahu Ta'ala. Wallahu a'alam bis showab

Catatan Penting!

Tulisan ini adalah tulisan yang diambil dari pengamatan penulis sendiri yang diukur dengan sejumlah indikator. Penulis menyingkirkan Manhaj penulis sendiri di dalam beraqidah maupun bermadzhab fiqih.

Dalam tulisan Ini tidak mengandung unsur aqidah, fiqih ataupun pandangan politik. Hanya murni menyebutkan tokoh-tokoh agama yang berpengaruh di Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel