Iklan Atas Artikel

Tips Aman Mengonsumsi Daging Sapi Tanpa Takut Kolestrol Naik


Sebentar lagi hari raya idul adha tiba. Sudah menjadi tradisi bagi ummat islam berkurban dengan Sapi maupun domba. Saat hari raya kurban jumlah daging sapi maupun kambing melimpah. Berbagai macam olahan dagingpun sangat menggiurkan. Namun sayang bagi anda yang khawatir kadar kolestrol naik tentu akan menghindarinya. Baik daging kambing maupun daging sapi keduanya merupakan sumber protein hewani yang cukup baik bagi tubuh. Protein dari kedua hewan ini dibutuhkan untuk pembentukan hormon, enzim, protein darah. Selain itu juga untuk mengganti dan memperbaiki sel yang rusak.

Sebenarnya bagian tubuh sapi yang paling berpotensi menjadi pemicu kadar asam urat meningkat selain bagian yang kandungan lemaknya tinggi adalah bagian jeroannya. Hal ini dikarenakan jerohan memiliki kandungan purin. Maka dengan menghindari makan jeroan akan meminimalisir potensi peningkatan asam urat maupun asam urat dalam darah. Selain itu cara mengolah daging sapi atau kambing dengan cara dibuat gulai dan bumbu santan juga menjadi masalah bagi kesehatan. Terutama bagi anda yang menderita hipertensi, kadar Kolesterol tinggi, kadar asam urat tinggi, penderita kencing manis dan kegemukan, harus lebih berhati-hati jika ingin mengonsumsi daging kambing atau sapi di hari raya idul adha.

Namun jangan khawatir berikut ini kami akan berbagi tips aman mengkonsumsi daging kambing dan sapi di hari raya qurban tanpa takut kolestrol naik:

Pertama; Masak daging sapi dan kambing dengan cara di sate atau di sop cara ini lebih aman dari pada dibuat gulai

Kedua; Perbanyak konsumsi buah-buahan, seperti apel, mentimun, pisang, strawberry dan alpukat. Buah-buahan tersebut bisa disajikan dalam bentuk jus atau sesuai selera. Selain itu perbanyak juga sayur-sayuran. Hal ini bertujuan untuk mengurangi efek samping akibat makan daging berlebihan.

Ketiga; Makan daging kambing atau sapi secukupnya saja, jangan berlebihan. Tidak ada batasan tertentu, hanya untuk menghindari hal-hal buruk kadarnya cukup 50-100 gr/hari. Selain itu jangan makan dengan intensitas waktu yang singkat.

Keempat; Jangan makan daging kambing atau sapi dimalam hari, selambat-lambatnya 2 jam sebelum tidur.

Kelima; Kurangi konsumsi makanan berlemak lainnya seperti coklat, susu, es krim, kacang-kacangan dan keju selama sedang mengonsumsi banyak makan daging.

Keenam; Selain itu alangkah lebih baiknya sehabis makan dengan daging kambing atau sapi tidak mengonsumsi minuman berkalori tinggi seperti teh manis, kopi maupun sirup.

Ketujuh; Minum air bening yang banyak, berkisar antara 8-10 gelas sehari, hal ini bertujuan untuk mencegah sembelit.

Kedelapan; Lakukan olah raga secara konsisten selama masa hari raya idul adha, meskipun sekedar melakukan olah raga ringan.

Nah itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan sebelum menikmati daging hewan kurban di hari raya. Selebihnya jauhkan segala fikiran negatif dan yakinlah bahwa tidak ada ciptaan Alloh yang sia-sia. Dan yang tidak kalah pentingnya jangan berlebihan dalam segala hal, termasuk mengonsumsi daging kurban.

Penting! Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit-penyakit seperti yang disebutkan diatas, ada baiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan tips diatas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel