Iklan Atas Artikel

Sate Blater Pak Indra, Sate Ayam Paling Favorit Di Purbalingga


Satu lagi kuliner asli nusantara yang melegenda dan patut dicoba. Kali ini datangnya dari tempat kelahiran saya, purbalingga. Sate ini melegenda karena berdiri sudah bertahun-tahun lamanya. Blater diambil dari nama desa tempat tinggal pak Indra. Bagi anda orang asli purbalingga pasti tahu semuanya. Sate blater pak Indra. Sate ayam dengan cita rasa yang berbeda dari biasanya. Menjadi menu favorit dalam setiap acara resmi dan keluarga. Mulai dari hajatan, pesta ulang tahun, buka bersama, acara perpisahan, arisan dan acara pengajian. Selain kemasan dan penyajiannya yang praktis, harga sate blater ini juga tergolong ekonomis. Cukup merogoh kocek 15.000 sudah dapat satu porsi dengan jumlah sate 10 tusuk + lontong yang sudah dipotong-potong.

Keistimewaan lainnya dari sate Pak Indra adalah terletak pada bumbu dan pengolahannya. Sebelum dibakar sate direndam dalam air yang sudah dicampur bumbu rempah-rempah dalam beberapa menit. Setelah itu sate diangkat dan dibiarkan air rendaman mengering. Selanjutnya proses pembakaran dimulai dengan bara api yang sudah membara. Proses pembakaran sate ini juga menjadi kunci penentu rasa. Tidak sembarang membakar maupun dikipas-kipas.

Setelah sate selesai dibakar tibalah pada tahap akhir penyajian. Penyajian sate Pak Indra tergolong biasa saja. Namun memberi kesan istimewa dan beda. Sate disajikan dengan lumuran bumbu sambal kacang yang dipadukan dengan rempah-rempah yang khas. Potongan lontong dengan ukuran lebih kecil dari dadu selalu menemaninya. Pada gigitan pertama anda akan merasakan empuknya daging sate Pak Indra. Bumbu yang meresap kedalam setiap daging ayamnya membuat lidah sulit berhenti. Dagingnya agak besar tidak kekecilan, empuk dan sangat pas saat dikunyah.

Sate blater pak Indra khas Purbalingga

Selain sate ayam, pak Indra juga menyediakan sate kambing. Meskipun tidak sepopuler sate ayam, pak Indra selalu memanjakan pelangganya dengan cita rasa yang beda dan istimewa. Daripada penasaran anda boleh mencoba dua-duanya. Mau makan ditempat juga bisa. Tapi jika ingin makan bersama keluarga silahkan bawa pulang saja.

Beralamat di jalan Kaptain Sarengat dan jl. Pujowiyoto Purbalingga atau sebelah perempatan bangjo (traffic light). Bisa diakses dari mana saja karena lokasinya ditengah-tengah kota. Untuk memudahkan anda saat hendak mengunjunginya. Alun-alun bisa jadi patokannya. Terletak disebelah timur alun-alun perempatan pertama. Berjarak 200 m kira-kira. Angkat sedikit kepala anda ke arah selatan timur perempatan. Dari arah alun-alun (arah barat). Akan terpampang tulisan besar Sate Pak Indra. Untuk lebih akuratnya bisa gunakan aplikasi google map dengan kata kunci sate blater pak Indra. Lalu ikuti navigasi tanpa butuh waktu lama anda akan menemukannya. Jika kesulitan menjangkaunya anda cukup pesan via handphone saja. Ini nomor costumer service-nya (0851-0064-6331).

Bagaiamana apakah anda tertarik untuk mencicipinya? Jika iya, langsung datang saja ke Purbalingga. Sambil jalan-jalan keliling kota lalu mampir ke sate blater pak Indra. Dijamin maknyuuus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel