Iklan Atas Artikel

Masih Mau Pinjam Uang Pakai Pinjol? Baca Penjelasan Ahli IT Ini, Hasilnya Sangat Mengerikan


Saat ini aplikasi pinjaman online atau pinjol sangat banyak jumlahnya di play store. Sebuah aplikasi yang menawarkan pinjaman secara online ini juga ternyata banyak penggunanya. Memang kelebihan dari system yang ditawarkan dari aplikasi ini adalah kemudahan saat mengajukan pinjaman. Namun dibalik kemudahan yang ditawarkan, ternyata ancaman privasi dan data rahasia pengguna sangat dikhawatirkan.

Seorang pakar IT mengungkapkan akan dampak dan bahaya ketika seseorang mengajukan pinjaman melalui aplikasi pinjol. Hampir semua data pribadi sudah masuk dan terakses ke pihak pengembang. Bahkan transaksi dengan gojek juga bisa terlacak.

Dari hasil analisa Niko Tidar Lantang Prakasa yang ditulis melalui akun facebooknya pada tanggal 21 juli 09.20 wib bahwa, data para pengguna layanan ini bisa dilihat dengan mudah, mulai dari nomor handphone, nama, no KK dan alamat lengkap. Bahkan bukan hanya itu kata Niko nomor telpon kerabat juga bisa diakses

"Hari ini saya iseng untuk mengetest aplikasi pinjaman online yang ada di play store. Hasilnya cukup mengejutkan, dimana database mereka dapat di akses secara public tanpa authentication. Disana saya dapat melihat ribuan data pengguna dari aplikasi tersebut dari mulai nomor handphone, nama lengkap, alamat lengkap, nomor kerabat, nomor kk dan nomor ktp hingga foto ktp dan foto selfienya."
Selain itu aplikasi pinjol juga merekam history perjalanan penggunannya dengan grab dan sejenisnya. Dan data yang didapatkan sangat lengkap sampai nomor plat motornya

"Tidak hanya itu, ternyata aplikasi ini juga merecord history perjalanan Grab dan Go-Jek anda, saya dapat melihat dengan detail lokasi penjemputan dan tujuan pergi, nomor handphone customer dan driver, email, balance gopay dan plat nomor si driver. Tidak sampai disini, aplikasi ini juga merecord history pembelian anda di Tokopedia, saya dapat melihat barang apa yang di beli, harga barang, nama pembeli, nomor handphone, email serta alamat dimana barang tersebut di kirimkan. This is insane."
Screen shot postingan Niko 

Bagaimana masih mau pinjam uang online ini???

Jika demikian adanya sungguh ini sangat berbahaya bagi keamanan data para penggunanya. Dan langkah apa yang bisa ditempuh untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan? Tulis opinimu di kolom komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel