Iklan Atas Artikel

Jangan Anggap Enteng 5 Kesalahan Kecil Ini Bisa Merusak Suasana Kebersamaan Anda Bersama Teman


Mungkin anda termasuk orang yang pernah merasakan ketidaknyamanan saat kumpul bersama teman maupun keluarga. Suasana yang mestinya menjadi momen kebersamaan terkadang rusak dengan hal-hal sepele. Entah dengan sengaja maupun tidak sengaja, efeknya tetap membuat suasana menjadi terganggu.

Terlebih jika berkumpulnya anda bukan sekedar dengan teman, tapi berkumpul dengan kolega dan patner bisnis anda. Tentu jika hal ini sampai terjadi akan merugikan semuanya.

Berdasarkan pengalaman penulis, baik sebagai korban, pemerhati maupun pelaku. Ada hal-hal sepele tapi berakibat fatal dalam kebersamaan yang tidak diperhatikan oleh sebagian orang. Memang ini sifatnya sangat relatif, dimana bagi sebagian orang mungkin bisa mngundang ketidaknyamanan minimalnya ilfel namun tidak bagi orang lain. Selain itu juga disebabkan faktor adat kebiasaan yang berlaku di masing-masing tempat.

Dan berikut ini perilaku yang penulis anggap kerap mengganggu suasana kebersamaan menjadi kacau.

1. Batuk Berdahak

Bagi penulis pribadi batuk memang bukanlah sebuah perilaku tercela. Karena batuk adalah penyakit yang tidak diinginkan oleh kita. Namun jika tidak memperhatikan situasi dan kondisi bisa membawa pada ketidaknyamanan orang lain. Terlebih jika batuk disertai dahak atau lendir akan mengganggu suasana kebersamaan. Solusinya membawa sapu tangan untuk penahan saat batuk atau memberitahu terlebih dahulu sebelumnya bahwa anda sedang batuk dan minta izin menjauh jika terasa akan batuk

2. Cuek

Salah satu sikap yang cukup menyebalkan saat berkumpul bersama adalah jika ada salah satu anggota ada yang cuek. Bukan hanya menyeblkan namun juga merusak suasana keseriusan. Diantara contoh sikap cuek yang terjadi saat berkumpul adalah mainan gadget atau ngobrol sendiri. Saat bersama nikmatilah suasana kebersamaan dengan menghentikan seluruh aktifitas pribadi

3. Ngantuk/Menguap

Bagi sebagian orang melihat orang lain menguap mungkin tidak masalah, namun menguap ditempat umum bukanlah sikap yang baik. Apa yang ada dibenak anda jika sedang asik ngobrol dengan temanmu tiba-tiba dia menguap, kita akan merasa seolah-olah yang kita bicarakan sesuatu yang ngga penting buktinya ia tidak serius mendengarkan. Tentu jika hal itu yang kita lakukan pada lawan bicara kita, akan merugikan diri kita sendiri karena ditinggal pergi.

4. Keceplosan

Mungkin anda pernah berseloroh atau keceplosan mengucapkan kalimat yang senonoh atau menyinggung perasaan lawan bicara kita disebuah perkumpulan. Jika ini yang terjadi akan merusak suasana kebersamaan bahkan menimbulkan permasalahan serius. Alih-alih menguatkan ikatan kebersamaan justru menyulut permusuhan. Maka solusinya jaga lisan, berfikirlah sebelum berucap. Karena lukanya hati yang tersinggung membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh.

5. Ngupil

Perilaku buruk yang tidak disukai semua orang adalah ngupil ditempat umum. Meskipun ngupil adalah hobi anda. Jangan sekali-kali memperlihatkan hobi ini di depan umum. Hal sepele namun akan terlihat menjijikan dan kurang sopan. Jika sangat mendesak lebih baik meminta ijin untuk sekedar buang upil. Selain lebih sopan juga demi menjaga kebersihan.

6. Kentut

Kentut itu sendiri sebenarnya nikmat yang luar biasa besarnya. Namun untuk nikmat yang satu kita harus pelit membagikannya kepada orang lain. Mana ada orang yang suka dengan bau kentut orang lain. Saat anda sedang menjalankan kebersamaan dengan teman maupun kelurga hindari kentut sembarangan. Tidak jarang orang yang ilfeil saat melihat seseorang kentut sembarangan. Penilaian buruk juga kerap disematkan pada orang yang tidak bisa menahan kentut ditempat umum. Entah kentut yang berbau maupun yang netral tanpa bau. Solusinya mudah saja, cukup meminta izin kepada teman sekumpulan saat hendak kentut dan menjauh dari perkumpulan.

Bagaimana guys, sudah fahamkan dari penjelasan 6 point diatas? Alhamdulillah, jika sudah yuuk belajar untuk menghormati dan menghargai orang lain saat berkumpul bersama. Dengan demikian anda juga akan dihargai dan dihormati. Yang tidak kalah pentingnya, dengan menahan diri dari perlikau diatas, suasana kebersamaan akan terjalin dengan baik dan harmoni. []

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel