Iklan Atas Artikel

Inilah Penyebab Utama Artikel Tidak Terindeks Google Padahal Sudah Submit di Webmaster Tools

Penyebab utama artikel tidak terindeks google padahal sudah submit url artikel di webmaster tools

Hai gaees, seneng bisa ketemu lagi dengan sobat semua. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman pribadi seputar blogging. Saya bukan master atau mastah apalagi pakar seo. Cuma sekedar berbagi pengalaman boleh kan? Dan jika pengalaman yang saya rasakan teorinya tidak benar menurut ilmu seo mohon dikoreksi.

Jadi begini saat pertama kali menekuni dunia blogging biasanya kita ingin agar karir blog kita di mesin pencarian google cepat meroket. Termasuk saya. Bahkan kalau bisa mengalahkan blogger yang sudah ada. Iya kan? Berobsesi boleh saja kan? Asal tidak melakukan kecurangan. Next, salah satu yang kita lakukan untuk meningkatkan seo blog adalah menulis artikel dengan keyword yang berpotensi dicari banyak orang. Dengan harapan artikel kita nantinya nangkring di page one. Padahal umur blog baru seumur jagung dan jumlah artikel baru lima biji.

Terlepas dari persepsi saya diatas, baik bagi anda yang newbie maupun oldbie, berangkat dari pengalaman pribadi untuk menjadikan sebuah artikel cepat terindeks mesin pencari google perlu teknik yang jitu dan tepat. Silahkan anda cari rahasianya dari tulisan para pakar seo yang bertebaran di jagad maya.

Disini saya cuma mau menceritakan pengalaman yang saya alami. Saya pernah menulis satu artikel tentang panduan bisnis online. Kalau tidak salah yang judulnya ini 7 Langkah Mudah Membangun Bisnis Online Dari Nol Sebagai Dropshipper. Ternyata sekian kali saya submit url artikel di webmaster tetap tidak berhasil. Setelah saya googling ketemulah jawabannya. Dimana penyebab utamanya terletak pada kata kunci yang saya gunakan.

Sebenarnya ada beberapa penyebab kenapa artikel tidak terindeks google padahal sudah submit url artikel di webmaster tools. Tapi hasilnya tetap belum berhasil di crawl oleh google. Darimana tahu jika artikel yang baru kita posting belum terindeks google. Cara termudah dengan cara copy url artikel dan tempel di mesin pencarian google. Jika muncul artikel sesuai dengan url artikel itu artinya sudah terindeks, namun jika muncul keterangan belum ada artikel itu artinya belum terindeks. Coba carilah penyebabnya dan segera diperbaiki.

Nah selidik punya selidik ternyata penyebab utama yang saya alami adalah karena faktor keyword yang saya gunakan. Yaitu karena keyword yang saya gunakan merupakan keyword dengan persaingan yang ketat antar kompetitor. Dengan perkiraan keyword tersebut diatas 1 juta alexa rank. Woow!
Setelah saya searching di mbah google ternyata benar. Jika artikel dengan keyword persaingan yang ketat akan sulit terindeks. Dengan catatan khusus untuk bloger yang masih bayi alias baru bikin. Alhasil artikel yang baru kita posting tidak lolos di mesin pencarian google.

Artikel terkait: Bahaya Memasang Widget Popular Post Pada Blog

Contoh keyword yang sangat populer dan memiliki tingkat pencarian yang tinggi adalah, "bisnis online", jika anda membuat artikel dengan judul yang ada kata tersebut dijamin akan sangat lama terindeks. Contoh lain kata google, Facebook, blog dan kata apapun yang populer di mesin pencarian google maka akan sulit terindeks. Tapi ini hanya berlaku jika kata kunci tersebut tercantum pada url artikel.

Lalu bagaimana solusinya?

Jika artikel terlanjur ditulis dan sudah diposting di blog, maka tidak ada pilihan lain selain kembali ke draft dan ganti dengan judul yang lain dengan keyword yang tidak memiliki persaingan yang tinggi. Lalu postingkan ulang dengan judul yang baru tadi. Dan lakukan submit url di google webmaster tools. Dengan cara ini mungkin akan berhasil.

Namun jika artikel belum terlanjur diposting maka alangkah lebih baik lakukan analisa kata kunci terlebih dahulu dengan cara install addon yang bernama SEOquake yang bisa Anda download di https://www.seoquake. Setelah add on tersebut aktif, selanjutnya ketik kata kunci yang Anda cari di Google lalu perhatikan situs yang berada pada ranking 1-10. Kemudian hitung jumlah website yang punya Alexa Rank lebih dari 1 juta. Setelah Anda temukan hasilnya, kemudian hitung berapa jumlah hasil pencariannya. Ukurannya adalah jika website berada di peringkat 1-10 yang Alexa Ranknya lebih dari 1 juta jumlahnya minimal 3 dan jumah hasil pencariannya kurang dari 500 ribu maka artikel website Anda bisa dengan cepat terindex Google.

Artikel terkait: Berapa Jumlah Traffic Per Day Blogger Terbaik Indonesia?

Bagaimana gaes apakah anda pernah mengalami hal serupa? Jika pernah apa penyebannya dan bagaimana solusi pemecahannya? Silahkan sharing lewat kolom komentar dibawah ini.

Nah, itulah gaes sekedar berbagi pengalaman pribadi dan analisa yang saya lakukan terhadap masalah tersebut. Mohon maaf jika analisa yang saya sampaikan salah dan mohon koreksinya dari para master.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel