Iklan Atas Artikel

Gunung Tangkuban Perahu Erupsi, Berikut Tips Jika Terjadi Hujan Abu Vulkanik


Seperti yang dilansir dari beberapa sumber, Gunung Tangkuban Perahu mengalami Erupsi pada hari Jum'at tanggal 26 Juli 2019 tadi sore.

Berdasarkan pantauan kepala PVMBG saat ini kondisi gunung tangkuban perahu berada di Level 1. Oleh karena itu masyarakat diminta tenang dan mengikuti arahan.

Dalam pesan singkatnya, kepala PVMBG Kasbani mengatakan: Belum ada indikasi ke arah letusan yang lebih besar. PVMBG akan memantau perkembangan aktivitasnya secara intensif,"

Meskipun statusnya level 1 alias aman, masyarakat diminta menjauh dari radius 1,5 km. Dan pihaknya berencana menutup sementara aktivitas wisata sambil memantau perkembangan selanjutnya.

Seperti yang rekaman video yang viral di medsos, Saat terjadi gunung tangkuban perahu mengalami erupsi jum'at sore para wisatawan yang berada di lokasi pun panik dan berlarian.

Berikut ini tips apabila terjadi hujan abu vulkanik dikawasan gunung tangkuban perahu.

1. Jangan panik

Tetaplah tenang, jangan panik, jika berada di luar jangkauan zona merah yang telah ditetapkan, (1,5 km) tak perlu bersiap untuk mengungsi untuk menjauhi kawasan bencana.

2. Tetap di dalam ruangan

Untuk menghindari abu vulkanik, sebaiknya sementara tinggal di rumah atau gedung yang terlindung. Jika ingin pergi keluar semuanya aman.

3. Jika terpaksa di luar ruangan, carilah bangunan atau mobil yang bisa dipakai untuk berlindung.

4. Gunakan masker, saputangan untuk menutup hidung karena abu vulkanik sangat lembut, jika terhisap ke paru-paru bisa menimbulkan gangguan pernapasan akut.

5. Jangan memakai lensa kontak

Dikarenakan alat ini rawan tercemari oleh kotoran. Dan abu vulkanik sangat lembut dan mudah menempel ke dinding lensa yang bisa mengakibatkan iritasi pada mata. [Eris Riswandi]

Demikian semoga tips ini bermanfaat untuk anda. Dan jangan lupa bagikan kepada saudara anda yang saat ini sedang membutuhkan.

#PrayForBandung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel