Iklan Atas Artikel

Bingung Mengisi Waktu Senggang Mau Ngapain? Lakukan 5 Hal Ini, Akan Sangat Bermanfaat


Disela-sela kesibukan biasanya ada saatnya waktu senggang alias kosong. Nah disaat waktu senggang ini justru terkadang kita bingung mau ngapain. Waktu senggang yang sebenarnya tidak lama namun saat tidak ada yang bisa dikerjakan biasanya akan terasa membosankan. Dan tidak jarang justru meredupkan semangat beraktifitas.

Namun waktu senggang yang sebentar jika bisa kita manfaatkan dengan baik justru bisa meningkatkan produktifitas dan lebih dari itu bisa menghasilkan uang. Woow! Kalaupun belum bisa menghasilkan uang, setidaknya bisa menghilangkan rasa bosan yang menyelimuti kita.

Cuma mungkin kita masih bingung pekerjaan apa yang bisa kita lakukan disaat senggang? Sebenarnya ada banyak sekali hal positif yang bisa mengisi waktu senggang. Tentu aktifitas yang dimaksud adalah aktifitas yang ringan namun efektif dan berguna. Namanya juga sekedar mengisi waktu senggang disela-sela kesibukan dan pekerjaan utama.

Nah berikut ini beberapa inspirasi dari kami yang bisa sobat lakukan untuk mengisi waktu senggang. Silahkan lakukan sesuai dengan mood dan keinginan sobat dan silahkan lakukan secara bergantian agar tidak mendatangkan kejenuhan yang sama.

1. Jangan bengong

Ini adalah cara paling fatal. Mengisi waktu senggang dengan bengong. Bengong identik dengan fikiran kosong. Saat fikiran kosong alias tidak digunakan untuk berfikir, maka akan diisi dengan fikiran negatif. Atau setidaknya menyia-nyiakan waktu senggang dengan tidak menghasilkan apapun kecuali hanya bengong.

2. Mencari ide atau inspirasi

Daripada bengong lebih baik cari ide.Pertanyaannya mungkinkah waktu senggang yang mungkin hanya 15 menit atau 30 menit bisa menghasilkan ide dan inspirasi baru? Jawabannya sangat mungkin. Bagaimana caranya? Silahkan sobat coba dengan berfikir dan mengamati kondisi disekitar sobat. Lalu fikirkan hal positif dari apa yang sobat lihat. Lalu munculkan ide untuk dikembangkan berupa gagasan baru atau menemukan solusi dari persoalan yang ditemukan disekitar sobat rasakan. Catat dan simpan dalam buku saku ide sobat tadi. Kemudian kembangkan di waktu yang lebih luas. Jika setiap waktu senggang menghasilkan ide baru dan bisa diterapkan maka akan sangat bermanfaat.

3. Menyusun strategi

Saat senggang yang paling tepat kita gunakan untuk menyusun strategi. Yaitu langkah apa yang hendak kita kerjakan untuk meningkatkan kualitas pekerjaan kita? Jika kita seorang pedagang buatlah langkah-langkah apa yang bisa meningkatkan penjualan produk kita. Strategi apa yang bisa menyelesaikan persoalan-persoalan kita di kantor. Nah waktu senggang habis anda action dengan strategi yang sudah tersusun tadi. Masalah terselesaikan dan produktifitas meningkat.

4. Membaca buku

Mungkin hal ini terasa aneh. Hari gini baca buku? Ngga banget gitu loh. Iya mungkin sebagian kita berfikir repot banget harus bawa buku kemana-mana. Sebenarnya tidak harus kemana-mana bawa buku ya. Cukup taruh di tas dan dibaca saat ada waktu senggang saja. Kenapa harus baca buku? Pertanyaan yang bagus memang betul, saat ini untuk membaca tidak harus bawa buku. Karena bisa diganti dengan e-book, cukup buka hp beres. Permasalahannya jika baca e book paling banter bertahan lima menit, habis itu? Habis itu main fb, wa, ig dan game. Kapan baca e booknya? Ngga jadi. So, mulai biasakan bawa buku di tas dan budayakan membaca buku. Selain untuk menambah wawasan juga untuk menumbuhkan minat baca masyarakat kita. Walaupun hanya 15 menit sudah lumayan.

5. Manfaatkan untuk evaluasi

Saat senggang paling tepat untuk mengevaluasi kekurangan atau kesalahan apa yang sudah diperbuat. Catat setiap kesalahan yang dilakukan hari itu sekecil apapun. Jika ini dilakukan secara rutin maka akan meminimalisir bertambahnya kesalahan dan mengulangi kesalahan yang sama. Dan membantu menguraikan masalah sedikit demi sedikit.

6. Istirahat

Jika tidak bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan diatas alangkah lebih baik isi waktu senggang anda dengan istirahat. Hal ini akan lebih baik daripada bengong atau melakukan sesuatu yang negatif dan pekerjaan berat. Dengan istirahat 15 menit disaat senggang ini bisa meningkatkan semangat dan gairah saat beraktifitas. Tapi ingat hanya sebatas waktu senggang saja dan ini merupakan opsi terakhir. Baca tips sederhana ini: Cara Efektif Mengembalikan Semangat Pasca Libur Panjang

7. Ngobrol

Mungkin istilah yang tepat bukan ngobrol, karena kalo ngobrol konotasinya ngalor ngidul tidak jelas. Yang tepat manfaat waktu untuk sharing, diakusi dengan teman saat senggang. Sembari ditemani secangkir teh atau kopi sudah cukup membuat diskusi lancar. Sekali lagi manfaatkan untuk sharing berbagi pengalaman, saling mensupport dan semisalnya.

So, jadi sudah ngga ada lagi waktu senggang itu bengong apalagi bingung. Selain ketujuh hal diatas kamu juga bisa mengisi waktu dengan hal lain yang tentunya bermanfaat. Asalkan jangan menjadikan waktu senggangmu terbuang sia-sia. Ingat, waktu adalah emas. Ia sangat berharga jangan kau buang sia-sia. Siaaap?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel