Iklan Atas Artikel

Menguak 15 Rahasia Sukses Orang Cina Menjadi Kaya Raya


Nyongmart.com- Populasi warga keturunan tionghoa di Indonesia memiliki jumlah besar. Tersebar di berbagai daerah dan kota di Indonesia. Jika diamati kita akan mendapati mayoritas mereka tinggal di perkotaan, sedikit sekali yang tinggal diperkampungan. Seperti yang kita tahu kota adalah simbol kemakmuran dan kemajuan. Mereka menjadi "penguasa" perekonomian di wilayah mereka tinggal. Kesimpulannya adalah mayoritas warga cina sukses menjadi orang kaya secara finansial. Lalu apa sebenarnya rahasia kesuksesan mereka menjadi orang kaya? Berikut ini 15 rahasia sukses orang cina menjadi kaya raya:

1. Gemar menabung atau investasi

Menabung menjadi tradisi warga keturunan china. Seberapapun profit yang didapatkan mereka tetap menyisihkan sebagiannya untuk ditabung. Maka saat kondisi ekonomi memburuk mereka tetap bisa bertahan dengan menggunakan harta tabungannya tanpa harus terbebani dengan hutang. Selain itu mereka juga gemar berinvestasi mulai dari sekala kecil maupun besar

2. Tidak suka pamer harta kekayaan

Salah satu yang menjadi karakter orang cina mereka tidak suka pamer kekayaan. Lazim kita saksikan mereka selalu tampil apa adanya dan sederhana. Gaya pakaian dengan kaos oblong celana pendek dan jalan kaki menjadi hal biasa dalam kesehariannya. Padahal bisa jadi harta mereka sudah milyaran. Namun sebaliknya kita yang notabene biasa-biasa saja namun selalu berpenampilan perlente.

3. Membeli sesuatu dengan tunai

Pantangan besar bagi mereka untuk membeli dengan hutang maupun kredit. Lebih baik hidup seadanya daripada kelihatan berada tapi hasil hutang. Pertimbangannya lebih baik sabar menunggu sampai uang mencukupi atau membeli sesuai dengan budget yang ada. Inilah rahasia sukses yang mesti kita tiru.

4. Hemat dengan memilih masak sendiri

Ini juga menjadi faktor penting kesuksesan mereka. Jika masih bisa makan dengan cara masak sendiri maka tidak akan membeli makanan diwarung. Secara itung-itungan harga masak sendiri tentu lebih murah daripada membeli sayuran atau lauk diwarung makan.

5. Pekerja keras

Tidak diragukan lagi bahwa warga keturunan cina memiliki etos kerja yang besar. Type pekerja keras dan pantang menyerah selalu diwariskan kepada anak keturunan mereka secara turun temurun. Maka tidak aneh jika kita dapatkan orang cina bangun tengah malam untuk mempersiapkan dagangannya.

6. Mencari kerja sampingan

Meskipun sudah memiliki penghasilan besar, namun tidak menjadikan mereka merasa puas dengan itu. Mereka masih mencari usaha sampingan ditengah-tengah kesibukannya. Selalu berfikir jauh kedepan. Wajar jika dalam waktu singkat omset dan harta mereka sudah berkembang dengan pesat.

7. Karena semangatnya Mendapat kepercayaan para bos

Kepercayaan menjadi harta termahal dalam hidup. Saat seseorang sudah menaruh rasa percaya maka akan mudah baginya memberikan apa saja yang dibutuhkan, termasuk modal usaha maupun barang dagangan. Rasa percaya para bos ini bukan karna sebab. Seperti dijelaskan diatas mereka memiliki etos kerja keras dan siap hidup prihatin.

8. Mengutamakan manfaat bukan gengsi

Mereka selalu berfikir realistis. Saat menginginkan sesuatu bukan sekedar gengsi tapi nilai manfaat yang didapatkan. Pola pikir sperti akan melahirkan sikap hidup sederhana dan hemat.

9. Bekerja dengan sepenuh hati

Contoh dari pekerjaan yang dikerjakan sepenuh hati bisa kita lihat dari outputnya. Mereka akan bekerja secara totalitas tidak setengah-setengah. Hasil pekerjaan rapi dan memuaskan pelanggan.

10. Gaya hidup hemat

Mereka lebih memilih berpakian sederhana dan makan apa adanya. Tinggal dikontrakan ala kadarnya. Bukan karena tidak mampu membeli tapi lebih karena memang gaya hidupnya seperti itu. Inilah ciri-ciri orang kaya sesungguhnya.

11. Belajar bisnis semenjak kecil

Jiwa entrepreneur yang mereka miliki merupakan hasil didikan dari semenjak kecil. Sebagai contoh mereka sudah membiasakan anak-anak mereka untuk membantu jualan dari sejak kecil. Tidak memanjakan anak-anaknya dengan barang-barang mewah. Tidak mendidik anak-anak mereka menjadi konsumtif.

12. Punya skill dalam bidang manajemen

Diantara kelebihan yang patut kita hargai adalah kemampuannya dalam manajemen yang luar biasa. Terutama manajemen keuangan. Mereka mampu mengatur usahanya dengan teliti dan rapi. Berbagi peran dan tugas dalam menjalankan usaha bisa disinergikan dengan baik. Sebagai contoh saat ada uang pecahan 100 rupiah saja harus diperhitungkan.

13. Berani mengambil resiko

Mental pejuang seolah-olah sudah melekat disetiap aliran darah orang-orang cina. Kerasnya persaingan dalam dunia bisnis telah melahirkan mereka mental pejuang. Sikap inilah yang membuat mereka memutuskan perkara dengan cepat dan tepat, karena tidak banyak pikir dan ragu-ragu. Segera mengambil peluang yang ada tanpa ragu-ragu.

14. Disiplin waktu

Rahasia lain dari kesuksesan mereka adalah disiplin waktu. Ini berlaku bagi diri mereka sendiri maupun karyawan yang menjadi bawahannya.

15. Saling membantu

Terakhir diantara rahasia kesuksesan mereka menjadi orang kaya adalah memiliki jiwa solidaritas yang tinggi terhadap sesama etnis tionghoa. Mereka saling menopang usaha atau bisnis mereka. Yang sudah sukses membantu yang baru memulai merintis usahanya. Dan ini berlaku terus menerus sampai turun temurun. Alhasil mereka sukses bersama.

Jika anda ingin sukses ikutilah jejak orang-orang sukses disekitarmu atau orang sebelummu. Dengan membaca kisah-kisah perjalanan mereka akan membakar sangat untuk meraih kesuksesan. Semoga tulisan ini, Rahasia sukses orang cina menjadi kaya raya bisa menginspirasi anda untuk mewujudkan impian menjadi orang kaya. Note: Tulisan ini semata-mata dimaksudkan untuk dijadikan inspirasi bagi siapapun dan tidak ada maksud selainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel