Iklan Atas Artikel

Mempengaruhi Visitor, Ini Dampak Buruk Memasang Widget Popular Posts pada Blog


Saat saya menulis keyword "apa dampak memasang widget popular posts pada blog" maka saya hanya menemukan satu blog dengan satu artikel yang mengulas masalah ini. Setelah membaca keseluruhan artikel tersebut saya coba buktikan dengan membuka blog milik master-master blogger Indonesia dan sebagian besar saya temukan tidak terpasang widget popular posts. Maka sampai pada satu kesimpulan bahwa gadget popular posts memang tidak baik untuk menjaga stabilitas jumlah pengunjung blog. Bahkan cenderung merugikan terhadap berkurangnya visitor blog. Namun sebelum mengungkap "rahasia" ini ada baiknya kita ulang kembali manfaat dan kegunaan widget popular posts.

Widget popular post adalah aplikasi widget gratis yang disediakan oleh blogger.com. Aplikasi ini berfungsi untuk menampilkan daftar postingan yang paling banyak dibaca atau dibuka oleh pengunjung dalam sebuah blog.

Saat kita menambahkan widget popular post maka dengan mudah kita bisa mengidentifikasi mana artikel yang paling populer di blog kita. Dibagian setingan widget ini kita juga bisa mengatur jumlah artikel yang ingin ditampilkan. Selain itu juga bisa diatur waktunya, misalkan kita ingin menampilkan artikel terpopuler pada satu pekan terakhir, satu bulan terakhir atau satu tahun terakhir. Penempatan widget ini juga fleksibel tergantung kebutuhan, umumnya diletakan dibagian sidebar dan footer. Kesimpulannya widget popular posts sangat berguna terhadap perkembangan blog. Karena dengan bantuan tool popular post ini, kita bisa mengetahui artikel dengan tema apa yang paling banyak dibaca dan dicari di blog. Hal ini akan memudahkan kita untuk menentukan arah tulisan blog selanjutnya. Manfaat lainnya adalah untuk meningkatkan trafik pengunjung blog. Selain bermanfaat untuk pemilik blog widget PP juga sangat berguna bagi pengunjung untuk membaca artikel yang populer dalam sebuah blog.

Kenapa popular posts berbahaya?


Mungkin anda akan bertanya-tanya, apa bahayanya widget popular posts? Seperti dijelaskan diatas bahwa fungsi utamanya adalah untuk menampilkan artikel terpopuler dalam sebuah blog. Bagi seorang blogger diantara cara riset konten artikel yang paling banyak dicari adalah dengan melihat pada bagian popular posts blog orang lain. Saat mengetahui artikel yang populer disebuah blog itu artinya artikel tersebut merupakan pembahasan yang paling banyak dicari. Maka untuk meningkatkan blog yang dimiliki buatlah tulisan dengan tema atau judul yang menjadi populer posts.

Sebuah postingan menjadi populer dan trending topic disebabkan oleh dua hal, pertama karena banyak dishare ke sosial media seperti facebook, twitter dll. Penyebab kedua dikarenakan kekuatan SEO blog dan Organic Traffic.

Nah bahayanya adalah:

1. Mudah ditiru

Seorang blogger yang jeli tentu akan melihat ini sebagai peluang untuk menulis artikel dengan jenis dan tema yang sama. Tujuannya untuk mendatangkan visitor dengan konten yang telah terbukti popular alias banyak dibaca. Dengan demikian trafik blog kita akan mengalami penurunan karena ada artikel pesaing/kompetitor.

2. Artikel dicopas atau di re-write

Diantara alasan lainnya kenapa widget popular posts bisa berbahaya. Karena bagi oknum blogger tulisan anda yang paling trending akan dicuri atau di ketik ulang, dengan tujuan merebut visitor agar terpecah tidak hanya kepada blog anda saja. Hal ini jelas menyebabkan penurunan trafik karena adanya kompetitor dalam artikel yang sama. Padahal jika anda tidak menampilkan widget popular posts maka orang tidak tahu mana artikel terpopuler diblog anda. Dan blog andapun minim pesaing dalam artikel tertentu.

Bagaimana sobat? Apakah anda setuju dengan pendapat saya? Jika setuju silahkan klik "Oke" pada kolom komentar dibawah ini.

Demikian penjelasan kenapa widget popular posts tidak baik untuk menjaga stabilitas visitor blog apalagi meningkatkan jumlah visitor. Terima kasih sudah membaca tulisan ini. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel