Iklan Atas Artikel

Langkah-langkah Merintis Bisnis Percetakan & Advertising dari Nol


Usaha yang benefit dan cukup menjanjikan omset jutaan rupiah saat ini adalah jasa percetakan atau advertising. Besarnya kebutuhan pasar akan media promosi bisnisnya menjadi pangsa pasar yang sangat potensial. Selain itu instansi pemerintah dan lembaga-lembaga pendidikan juga bisa menjadi patner maupun costumer. Tentu ini peluang besar yang tidak boleh disia-siakan. Memang dewasa ini jasa percetakan sudah menjamur dimana-mana. Namun dengan system marketing yang baik dan tawakal kepada Alloh bukan sesuatu yang mustahil untuk menjadi pengusaha percetakan yang sukses.

Pertanyaanya berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha percetakan? Ternyata memulai usaha percetakan juga bisa dilakukan dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal. Apakah hal ini masuk akal? Tentu saja. Menghadapi persaingan pasar yang ketat para pemilik jasa percetakan tentu membutuhkan patner dalam menjalankan usahanya agar tidak tergerus oleh derasnya persaingan. Maka inilah peluang anda untuk memulai usaha ini tanpa modal. Cukup menjadi patner maupun sejenisnya. Bagaimana caranya?

Berikut ini adalah langkah-langkah memulai usaha jasa percetakan tanpa modal dari nol.

#Langkah pertama:

  • Buatlah branding atau merek sesuai dengan usaha percetakan anda dan sesuaikan dengan target pasar. Perlu diketahui brand sangat berpengaruh ter­hadap keberhasilan sebuah bisnis. Karena fungsi Branding tidak hanya bermanfaat bagi anda saja namun juga bagi customer. Maka buatlah merek produk anda dengan nama yang unik, mudah diingat dan mewakili nama perusahaan anda. Logo perusahaan sederhana, unik dan memiliki filosofi perusahaan anda.
  • Perangkat komputer dengan spek yang support untuk desainer jika ada. Kendaraan juga dibutuhkan untuk mobilitas minimal sepeda motor.
  • Jika belum memiliki tempat untuk perusahaan anda cukup gunakan rumah atau tempat tinggal Anda sebagai alamat, atau bekerjasama dengan teman yang memiliki lokasi yang cukup strategis, atau menyewa ruko kecil sebagai kantor.
  • Tentukan terlebih dahulu secara spesifik jasa percetakan apa yang ingin anda tawarkan. Contoh menerima jasa pembuatan banner, brosur, kartu nama atau undangan.
  • Cari dan pilihlah perusahaan percetakan besar yang akan dijadikan patner. Pelajari dengan detail price atau harga setiap produknya. Cermati perbedaan harga antar satu perusahaan dengan perusahaan lain yang akan dijadikan sebagai patner. Agar mendapatkan margin harga jual bisa sangat bersaing. Jangan lupa spesifikasi format file yang support yang bisa dicetak, seprti format CDr, Adobe Ilustrator, Freehand, PNG, EPS dll.
  • Pilihlah percetakan besar yang memiliki mesin dengan teknologi mutakhir. Sehingga memudahkan kita dalam melayani berbagai pilihan pelanggan.
  • Jika anda belum memiliki skill desainer maka carilah desainer yang siap melayani jasa desain pesanan anda. Saat ini sudah banyak sekali jasa desainer. Hanya pilihlah dengan desainer yang hasilnya rapi dan tarifnya ekonomis. Namun jika anda mampu melakukannya sendiri ini jauh lebih baik
  • Sebagai bahan inspirasi rajin-rajinlah mencari contoh desain yang terbaru di beberapa situs penyedia desain kelas dunia secara gratis. Seperti situs www.freepik.com, www.freevector.com, www.vecteezy.com dan masih banyak lagi.

#Langkah kedua

  • Teknis penerimaan order, pertama tanyakan kepada pelanggan produk apa yang dibutuhkan secara spesifik, meliputi kualitas dan kuantitasnya. Atau untuk memudahkan calon pelanggan sodorkan katalog harga produk yang sudah disiapkan.
  • Setelah deal selanjutnya buatlah draft desain awal, lalu minta persetujuan pelanggan, untuk memudahkan pelanggan buatlah beberapa pilihan desain sebagai alternatif sehingga mereka dapat memilih.
  • Setelah draft desain awal mendapat persetujuan pelanggan selanjutnya kembangkan desain tersebut sehingga layak untuk diproduksi. Untuk mendapatkan kualitas desain yang maksimal gunakan file-file foto dengan resolusi tinggi (high resolution), lalu convert file foto menjadi CMYK untuk bisa dicetak.
  • Sebelum proses Print out dilakukan pastikan hasil desain sesuai dengan pesanan pelanggan, pastikan juga tidak ada kesalahan pengetikan kata dan gambar, lalu pelanggan menandatangani proof desain yang sudah finish hal ini diperlukan jika terjadi komplain dari pelanggan dikemudian hari.
  • Langkah berikutnya copy file hasil desain menggunakan flash disk, kirim kepada perusahaan percetakan. Untuk mempercepat proses cetak pilihlah perusahaan dengan basis teknologi internet untuk pengiriman file melalui email.
  • Spesifikasi produk yang dikirim kepada perusahaan juga harus sama dengan permintaan pelanggan. Biasa perusahaan sudah menyediakan format draf ordernya.
"15 Peluang Usaha Penyedia Jasa Sewa Barang yang Potensial Untuk Dijalankan," Simak ulasannya Klik Disini

#Langkah ketiga

  • Sebagai pebisnis tanpa modal anda harus ekstra rajin dan kreatif dalam mempromosikan jasanya.
  • Ketatnya persaingan didunia bisnsis percetakan maka anda harus memiliki nilai tambah dari produk anda yang akan menjadi daya tarik tersendiri. positioining Anda, sebagai contoh dari segi harga lebih murah, kualitas desain bagus, pengerjaan yang cepat atau hal-hal lain yang menjadi nilai tambah dan membuat Anda berbeda dari pesaing-pesaing lainnya.
  • Lakukan survey kepada perusahaan-perusahaan serupa, untuk mengetahui fasilitas apa saja yang ditawarkan. Kelebihan dan kekurangan apa yang ada di perusahaan tersebut. Hal ini untuk bahan evaluasi dan memperbaiki layanan perusahaan anda.
  • Mintalah testimoni dari pelanggan-pelanggan anda untuk bahan marketing.
  • Ikutilah event-event bisnis maupun non bisnis yang ada di kota anda maupun luar kota. Buat brosur sederhana, namun menarik dan unik yang dapat digunakan sebagai bahan promosi. Anda dapat membagikan brosur-brosur tersebut kepada mereka yang menurut Anda prospek.
  • Pelajari internet marketing untuk melejitkan usaha anda. Buat website yang berisi portofolio perusahaan Anda dengan lengkap dan jelas. Untuk menekan tambahan biaya pilihlah platform gratisan seperti blogspot.com dan wordpress.com.
  • Mulailah membangun relasi yang bersifat kemitraan dengan instansi-instansi yang ada. Begitu juga lembaga-lembaga formal maupun nonformal. Perusahaan micro maupun macro. Jalin kominikasi dan rajin-rajinlah menawarkan produk anda.
  • Sebagai pengusaha dengan modal nol maka anda dituntut aktif dan kreatif dalam mencari pelanggan. Seperti memberikan diskon untuk pelajar, merekrut sales baik digaji tetap maupun freelance, semakin banyak yang Anda rekrut semakin besar peluang Anda mendapat proyek, karena mereka akan termotivasi dengan komisi yang Anda berikan.

#Penutup

Selain menerapkan langkah-langkah bisnis percetakan diatas ada baiknya simak tips sukses bisnis percetakan berikut ini:
  • Selektif dalam menentukan supplier dan percetakan yang berkualitas, harga bersaing dan tepat waktu dalam pengerjaan.
  • Desain-desain yang dihasilkan memiliki konsep, tidak asal artistik, namun memiliki konsep yang sesuai dengan konsep pemasaran/produk pelanggan.
  • Pelayanan yang friendly ini benar-benar mutlak, lakukan pendekatan personal kepada pelanggan, bicarakan masalah-masalah pribadi, sehingga mereka akrab dan nyaman berbisnis dengan Anda.
  • Tepati Janji, tepat waktu! jangan banyak janji tapi tidak ada bukti, lebih baik berjanji sedikit tapi memberikan lebih, daripada berjanji lebih tapi memberikan kurang. Jangan over promise!
  • Perbaiki cara berbisnis dengan menemukan konsep yang tepat, unik dan tidak banyak dilakukan orang. Pilih positioning yang tepat, jangan asal terima proyek, kembangkan merek dan fokus bisnis yang kuat pada satu konsep saja, bangun merek dengan sungguh-sungguh, sehingga tercipta image positif dari merek tersebut

Bagaimana apakah anda sudah siap mengambil peluang bisnis ini?

* * *
Note: Tulisan ini di ambil dari website www.pengusahamuslim.com dengan sedikit editing untuk keperluan publishing. Penulis: Fadil Fuad Basymeleh salah satu kontributor website tersebut sekaligus praktisi dunia percetakan, desain dan advertising sejak tahun 1992.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel