Iklan Atas Artikel

7 Langkah Mudah Memulai Bisnis Sebagai Dropshipper Untuk Pemula


Siapa yang tidak ingin sukses membangun bisnis online. Jawabanya semua orang ingin usahanya sukses. Hanya saja jalan menuju kearah situ tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Butuh keseriusan dan kerja keras yang dibarengi dengan strategi yang tepat.

Selain itu kompetensi dasar internet marketing juga harus dimiliki. Sebab bisnis yang akan dijalankan berbasis internet. Tidak harus menjadi ahli, namun setidaknya pengetahuan dasar penggunaan internet sudah ada.

Saat ini pesatnya perkembangan teknologi sangat memudahkan para pelaku bisnis online. Hampir seluruh bisnis bisa dijalankan melalui sistem online atau internet marketing. Selain itu kemudahan lain yang dihasilkan dari teknologi menjadikan bisnis atau usaha yang hendak dijalankan nyaris tanpa modal sedikitpun. Salah satunya adalah system dropshipper.

Dropshipper merupakan salah satu sistem bisnis yang paling banyak diminati. Selain karena kemudahan untuk menjalankannya juga karena sedikitnya modal yang dibutuhkannya. Dan pada artikel ini akan dijelaskan tahap-tahap memulai bisnis dropshipper. Setahap demi setahap sampai anda berhasil menjadi pengusaha dengan sistem dropshipper.

Apa Itu Dropshipper?

Mungkin masih ada diantara kita yang belum tahu apa itu dropshiper. Dropship adalah sistem jualan online dimana penjual atau dropshipper tidak perlu memiliki barang yang hendak dijual karena barang berada di tangan supplier. Skema dari sistem ini adalah anda sebagai penjual mempromosikan barang lalu melayani pesanan dan anda meneruskan pesanan pembeli kepada pihak supplier. Selanjutnya supplier menyiapkan barang pesanan anda dan mengirimkannya langusng ke alamat pembeli dengan atas nama anda sebagai penjual.

Apa Keunggulan Jual Beli Sistem Dropshipper?

Ada banyak keuntungan atau kelebihan bisnis sebagai dropshipper dibandingkan bisnis non drophsip yaitu:
  1. Modal yang dibutuhkan sedikit bahkan bisa tanpa modal
  2. Penjual tidak perlu repot mengurus stok barang karena ini menjadi tanggung jawab supplier
  3. Cara pemasaran yang simpel dan sangat mudah
  4. Resiko kerugian sangat kecil
  5. Waktu pemasaran fleksibel tergantung kesanggupan dropshipper

Hukum Dropshipper Dalam Islam

Hukum jual beli sistem dropship menurut para ulama boleh. Penentuan hukum bolehnya dropshipper di qiyaskan dengan system jual beli salam. Yaitu jual beli suatu barang yang disebutkan sifat-sifatnya dengan penyerahan barang tertunda, namun pembayaran kontan di awal.

Akad salam dibolehkan dalam syariat dengan dalil dari Al Qur’an dan As Sunnah. Dalil dari As Sunnah, dari Ibnu Abbas radhiallahu’anhu, beliau berkata:


“Setibanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam di kota Madinah, diantara kebiasaan penduduk Madinah ketika itu adalah memesan buah kurma dalam waktu 2 (dua) atau 3 (tiga) tahun. Maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa memesan sesuatu, maka hendaknya ia memesan dalam takaran yang jelas, timbangan yang jelas, dan tempo yang jelas” (Muttafaqun ‘alaihi)

Dengan menggunakan pendekatan ini, maka bisa kita simpulkan bahwa dropship dapat digolongkan sebagai akad salam. Reseller atau dropshipper bertindak sebagai musallim, barangnya sebagai musallam fihi, dan dalam dropship reseller menyebutkan kriteria atau spesifikasi dari barang.

Syarat-syarat Sah Sistem Dropshipper 

Namun syarat-syarat agar dropship bisa dianggap sebagai akad salam harus memenuhi beberapa syarat berikut:
  1. Dropshipper menyebutkan sifat-sifat barang secara rinci beserta jenis dan ukurannya sertakan contoh barangnya.
  2. Pembayaran tidak boleh di kredit alias harus kontan di muka
  3. Harus dipastikan tempo batas akhir penyerahan dan sampainya barang kepada pembeli
  4. Barang yang dijual bukan berupa aset pasif seperti rumah dll.
  5. Jika empat syarat diatas terpenuhi maka dropship hukumnya boleh karena termasuk akad jual beli salam.

* * *

Apakah dari uraian diatas anda sudah paham? Jika sudah paham apakah anda yakin akan menjalankan bisnis dengan sistem dropshipper? Jika jawabannya iya, silahkan lanjutkan membaca artikel ini. Disinilah anda akan dipandu memulai bisnis online dengan dropshipper dari nol sampai sukses. In syaa Alloh. 

Langkah-langkah Menjadi Dropshipper

Berikut ini adalah ringkasan dari tulisan Jeremy Tanuardy seorang digital marketing dalam tulisannya yang berjudul 11 Cara Menjadi Dropshipper Sukses Mulai dari NOL Sampai Punya Brand Sendiri!


Untuk memulai bisnis sebagai dropshipper lakukanlah langkah-langkah berikut ini step by step. Perhatikan dan pahami setiap langkahnya agar tidak melakukan kesalahan sebelum memutuskan. Agar jangan sampai 6 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengusaha Pemula anda lakukan.


1. Memilih Jenis Produk

Produk apa yang hendak anda pasarkan? Menentukan jenis produk yang hendak dipasarkan memang cukup membingungkan antara memilih satu produk dengan yang lainnya. Menentukan produk berfungsi untuk memaksimalkan marketing anda nantinya. Dan agar anda fokus pada satu produk saja. Adapun untuk memudahkan anda dalam menentukan jenis produk yang akan dipilih silahkan ikuti langkah-langkah berikut:
  • Tentukan satu jenis produk saja dan dengan spesifikasi produk yang jelas
  • Pilih produk yang dibutuhkan dalam jangka waktu lama
  • Pilih produk dengan jumlah permintaan pasar yang besar
  • Pilih produk yang berguna dan dipakai
  • Pilih produk yang legal secara hukum yang berlaku
  • Tinggalkan produk dengan jumlah kompetitor yang banyak
  • Pilih produk yang memiliki ukuran simpel

2. Tentukan Siapa Calon Pembeli Produk Anda

Untuk menentukan kriteria calon pembeli yang menjadi sasaran marketing produk anda harus jelas meliputi:
  • Jenis kelamin, pria atau wanita
  • Usia, anak-anak, remaja atau orang tua
  • Wilayah jangkauan

3. Analisa Kekuatan Kompetitor

Saat hendak menjalankan sebuah usaha, salah satu pra syarat yang harus dilakukan adalah analisa kompetitor. Apa tujuan dari analisa ini? Yaitu untuk mengetahui seberapa besar peluang dengan produk yang akan kita jual bukan menempatkan kompetitor sebagai lawan maupun musuh.


Langkah-langkahnya adalah:

  • Pelajari Cara pemasaran yang dilakukan kompetitor
  • Perhatikan dimana sisi kelemahannya
  • Bandingkan dengan kompetitor lain
  • Kemudian rangkum hasil analisa untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetitor yang ada. Lakukan analisa minimal kepada lima kompetitor.

4. Memilih supplier

Termasuk yang akan menentukan nasib bisnismu kedepan adalah tepat dalam memilih supplier. Sebab jika salah dalam memilih supplier akan berakibat fatal untuk masa depan bisnis anda. Kriteria supplier yang bagus meliputi:
  • Fast response
  • Terpercaya
  • Harga bersaing alias murah
  • Produk berkualitas
  • Komisi jelas
  • Lokasi supplier masih satu kota
  • Stok barang melimpah

Untuk menguji terpenuhinya kriteria diatas beli sampel produk dari minimal 2 supplier dengan kriteria diatas. Apa tujuannya? Untuk mengetahui kecepatan dan ketepatan pengiriman barang. Responsifitas terhadap pelanggan. Serta kualitas barang yang akan menjadi bukti saat andai mendeskripsikan barang tersebut. Setelah melakukan uji coba dengan membeli produk tersebut saatnya tentukan pilihan anda pada 1 supplier saja.

5. Buat Nomor Rekening

Setelah keempat langkah diatas anda lakukan selanjutnya membuat nomor rekening. Termasuk langkah menuju keberhasilan menjalankan usaha adalah menentukan bank tempat anda membuka rekening sebagai alat transaksi bisnis dropshipper. Ada bebera kriteria yang penting untuk dipilih:

1. Pilihlah bank dengan Teknologi yang canggih

Semakin tinggi teknologi yang dimiliki oleh sebuah semakin bagus dalam memudahkan pelayanan kepada nasabah

2. Jumlah nasabah

Pilih bank dengan jumlah nasabah banyak. Atau cari bank yang mayoritas dimiliki oleh setiap orang

3. Reputasi bank baik

Pilih bank dengan reputasi yang baik. Belum ada kasus berat yang menjerat bank tersebut.

4. Costumer service

Pilihlah bank dengan pelayanan yang friendly dan mengedepankan kekeluargaan dalam menyelesaikan masalah

Selain itu untuk memudahkan transaksi dengan konsumen buka rekening dari beberapa bank.

6. Tentukan Jasa Pengiriman Barang

Dropshipper harus memberikan kepuasan pelanggan. Salah satunya dengan memberikan keunggulan dalam pengiriman barang. Untuk mencari jasa ekspedisi bagi dropshipper pilihlah jasa ekspedisi dengan kriteria sebagai berikut:
  • Pilih jasa pengiriman barang yang memiliki jangkauan luas
  • Ongkos kirim jelas dan murah
  • Pilihan paket kirim yang lengkap, melayani kelas premium dan ekonomi.
  • Memberikan jaminan keamanan barang kiriman
  • Menyediakan fasilitas tracking atau pelacakan
  • Pilih yang kantor pelayanan terdekat dengan rumah anda

7. Mulailah Promosikan Produk


Jika enam langkah diatas sudah anda lakukan kini saatnya anda bergerak dengan mempromosikan produk anda. Cara promosi produk yang paling efektif adalah melalui media sosial seperti IG, WA dan Facebook. Lakukan promosi dengan cara:


  • Buat nama brand yang menarik
  • Jelaskan secara spesifik produk anda
  • Posting iklan secara konsisten
  • 10 Langkah Sukses Jualan dengan Instagram
  • Sertakan foto barang dengan jelas
  • Buatlah akun sosial media populer seperti IG, WA dan FB
  • Cantumkan nomor telpon dan alamat anda dengan jelas
  • Bergabung dengan komunitas bisnis yang ada di FB maupun WA
Jika langkah-langkah diatas sudah anda lakukan, selanjutnya tawakkal kepada Alloh. Karena rizki tidak mungkin tertukar. Hasil tidak mengkhianati ikhtiar. Baca juga ulasan Panduan Membangun Bisnis Percetakan dan Advertising

Itulah panduan ringkas memulai bisnis online dengan menjadi dropshipper. Semoga tulisan ini bermanfaat. Dan bisnis anda sukses menjadi dropshipper kelas dunia. Aamiin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel