Iklan Atas Artikel

10 Langkah Sukses Jualan Online di Instagram


Menggunakan instagram sepintas terlihat gampang. Namun tidak untuk anda yang menjadikan Instagram sebagai toko online produk anda. Perlu trik dan cara-cara yang tepat agar jualan anda bisa laku. Berbeda dengan warung dan toko di desa yang produknya langsung bisa dilihat atau bisa dicicipi calon pembeli. Bisnis online butuh kreatifitas dan langkah-langkah yang tepat agar produk anda bisa dilihat banyak orang dan menarik calon customer. Nah berikut ini Trik Jualan Menggunakan Instagram yang bisa anda lakukan Step by step.

1. Lengkapi profil Instgram anda dengan keterangan yang jelas

Agar calon pembeli yakin dan percaya terhadap produk-produk yang anda tawarkan di instagram maka lengkapilah profil akun IG anda dengan foto atau logo brand anda dan keterangan produk anda dengan jelas. Jangan lupa sertakan juga no telpon yang bisa dihubungi.

2. Update konten dengan konsisten setiap hari

Memang tidak ada batasan minimal untuk menulis sebuah konten di IG, namun semakin sering memposting tentu lebih bagus. Selain itu tentukan tema, hal ini bertujuan untuk memberikan kesan serius terhadap pembaca. Alangkah lebih baik jika tema tulisan yang diposting memiliki keterkaitan dengan produk anda. Misal anda jual kosmetik, maka konten yang relevan adalah seputar tips-tips kecantikan. Selain itu postinglah konten di waktu-waktu yang mayoritas orang sedang aktif menggunakan smart phone, semisal siang hari dari jam 12.00 - 14.00 atau sore hari dari jam 17.00.

3. Buat postingan berupa gambar visual yang menarik

Kreatifitas dan inovasi bagi marketer sangat dibutuhkan. Nah IG merupakan aplikasi yang memang disediakan untuk memudahkan kita dalam mempromosikan produk, salah satunya dengan gambar visual. Gambar visual yang menarik dan desain yang unik akan menjadi daya tarik bagi calon pembeli. Masalahnya bagaimana caranya untuk membuat sebuah gambar visual yang menarik? Saat ini sudah banyak aplikasi edit gambar untuk android, salah satunya aplikasi snapseed. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dengan fitur yang lengkap sangat cocok untuk mempromosikan produk anda.

4. Sharing testimoni pelanggan

Salah satu yang bisa meyakinkan calon pembeli adalah dengan membagikan testimoni dari pelanggan. Tentu saja pilih testimoni yang positif saja. Caranya bisa dengan di scren shoot secara lengkap meliputi nama, foto dan testimoninya. Serta jangan lupa terlebih dahulu minta izin kepada klien yang testimoninya akan di publikasikan.

5. Foto dan vlog stok barang

Pembeli akan lebih percaya ketika terlihat foto stok barangnya. Foto bisa diambil dari berbagai sudut dan jarak, misal mulai dari zoom in zoom out, kanan kiri. Gunakan kualitas foto yang tinggi agar foto terlihat jelas dan tidak buram. Usahakan foto harus real. Selain foto juga video pendek yang merekam stok barang yang ada.

6. Membalas setiap komentar dengan ramah dan informatif

Jangan abaikan setiap komentar dipostingan IG anda. Apalgi jika itu berupa pertanyaan segera balas. Jangan sampai membuat calon pembeli kecewa karena pertanyaanya tidak direspon. Berikan balasan sesuai porsinya dan mewakili deskripsi produk yang berkaitan. Selain itu sesering apapun klien bertanya usahakan balaslah dengan ramah. Jika diperlukan arahkan klien dengan japri melalui contact yang ada.

7. Promosikan produk dengan Endorse dan Paid Promote

Bagi anda yang memiliki jumlah follower sedikit. Endorse merupakan solusinya. Meskipun harus mengeluarkan sedikit biaya. Namun cara ini efektif untuk mendongkrak followers bagi akun anda. Yang tentunya akan berimbas pada peluang peningkatan bisnis anda. Caranya carilah akun instagram dari kalangan artis, selebgram, pejabat atau siapapun yang jumlah followernya sudah melimpah.

8. Gunakan Hashtag

Diantara kelebihan instagram dibandingkan dengan medsos lain adalah adanya fitur hashtag atau taggar. Dengan fitur ini membantu memudahkan pemilik akun instagram dalam pencarian konten sesuai tujuan. Selain itu hashtag juga bermanfaat untuk menambah atau meningkatkan jumlah followers di instagram. serta meningkatkan interaksi dua arah (mendapatkan like, comment, dan lainnya) dan manfaat yang paling penting adalah sebagai tool atau alat mengenalkan produk anda dengan luas.

9. Tawarkan Giveaway dan Diskon untuk Followers

Salah satu strategi marketing dalam bisnis online adalah giveaway. Caranya adalah anda menawarkan hadiah kepada followers setia anda namun dengan syarat, misalnya dengan lik, share dan mentage akun lain selain anda. Hadiah yang diberikan adalah sesuai produk yang anda miliki. Dengan cara ini tanpa susah payah anda mempromosikan followers yang mempromosikan produk anda dengan sharing dan hashtag. Kapan tawaran give away ini diberikan? Tidak harus setiap hari namun cari moment-moment penting yang spesial.

10. Soft Selling

Soft selling bisa diartikan jualan tersembunyi. Dimana anda sebenarnya sedang berjualan tapi tanpa kelihatan sedang jualan. Sebenarnya maksud dari soft selling adalah menghilangkan kesan jenuh saat beranda anda dipenuhi iklan produk anda. Cara penggunaan soft selling adalah Misalnya dengan membuat sebuah postingan tentang aktifitas harian anda atau membuat cerita lalu kaitkan cerita tersebut dengan menyebutkan salah satu kualitas produk anda. Untuk bisa melakukan teknik ini anda coba anda lakukan riset di lapak atau akun instagram orang lain.

Simak Artikel ini : 15 Peluang Usaha Penyedia Jasa Sewa Barang Yang Menjanjikan

Nah itulah kurang lebih langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan produk di Instgram. Selain itu update terus perkembangan algoritma Instagram yang sewaktu-waktu bisa berubah. Sekian semoga tulisan ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel