Iklan Atas Artikel

10 Cara Menumbuhkan Budaya Membaca Untuk Anak-Anak Di Rumah


Tahukah bunda berdasarkan riset yang dilakuakan oleh Most Literate Nations in The World, menyebutkan bahwa minat baca masyarakat Indonesia hanya sebesar 0,01%. Data diatas diambil pada empat tahun yang lalu (2016). Ironinya hal ini justru berbanding terbalik dengan jumlah pengguna internet yang mencapai 132.7 juta atau setara dengan separuh penduduk indonesia. Waah menyedihkan ya?

Lalu siapa yang bertanggung jawab untuk menumbuhkan minat baca masyarakat kita utamanya anak-anak? Bagi orang tua sebelum anak masuk sekolah, sekolah yang pertama di kehidupan anak sebetulnya adalah rumah atau keluarga. Kita sebagai orangtua memiliki peranan sangat penting dalam menumbuhkan minat baca anak. Namun untuk merealisasikan hal tersebut tidaklah mudah. Banyak sekali rintangan dan tantangan, Terlebih saat ini anak-anak lebih asyik dengan gadget dan televisi daripada membaca.

Kondisi seperti ini tidak membuat kita patah arang justru menuntut kita untuk lebih giat lagi dalam menyingkirkan benda sihir tersebut dan inovatif dalam merayu anak agar lebih tertarik dan asyik membaca buku. Inovasi seperti apa yang dibutuhkan untuk menarik minat baca anak-anak kita? Berikut beberapa cara yang dapat kita lakukan di rumah untuk menanamkan budaya membaca sejak sedini mungkin dan akan menjadikan anak ketagihan membaca buku.

1. Buatlah perpustakaan mini yang berisi buku-buku anak-anak yang menarik perhatian. Katakan kepada anak, kalau buku tersebut miliknya sehingga anak merasa bangga.

2. Luangkan waktu khusus untuk membacakan buku untuk anak rutin setiap hari. Semakin sering dilakukan, semakin terbiasa. Dengan cara ini, ada keterikatan antara anak dan orangtua. Jika awalnya hanya mendengarkan kita membaca, selanjutnya anak akan tertarik untuk belajar membaca sendiri.

3. Bacakan buku dengan kata-kata yang jelas, sehingga anak akan berkembang secara signifikan dalam hal pengembangan pengenalan kosa kata dan pemenggalan kata-kata.

4. Gerakkan jari kita ke setiap kata-kata yang kita bacakan. Hal ini agar anak menjadi lama kelamaan mulai mencerna simbol dalam kata-kata yang kita bacakan. Sehingga semakin sering kita bacakan dengan menunjukkan setiap kata, maka perbendaharaan kata dan suku kata anak akan semakin bertambah banyak.

5. Jadikan pelajaran membaca menjadi permainan sehari-hari yang mengasikkan dan menjadi rutinitas sehari-hari. Misalnya ajak bermain tebak-tebakan tulisan atau biasakan untuk membaca judul berita di majalah atau koran, membaca menu makanan di restoran, membaca rambu lalu lintas, dll.

6. Ajak anak mengisi waktu luang ke toko buku, biarkan anak memilih buku mana yang ingin ia baca atau ia beli. Arahkan anak memilih buku yang cocok dengan usia dan perkembangannya.

7. Untuk pendidikan anak usia dini, pilih buku dengan lay out menarik, full warna, disertai gambar-gambar yang menarik perhatian sehingga anak tidak menganggap membaca buku sebagai rutinitas yang membosankan.

8. Ajak anak ikut berinteraksi dalam setiap kegiatan membaca, seperti memilih buku apa yang ingin dibaca bersama, tanyakan gambar atau warna yang terdapat dalam buku. Jika anak sudah mulai dapat membaca, tawarkan kepada anak untuk membaca sendiri buku tersebut.

9. Membaca tidak hanya melalui buku, saat menonton TV juga bisa dijadikan momen belajar membaca. Misalnya saat menonton TV, ajak anak membaca tulisan yang ada di layar TV. Beri kecupan setiap anak berhasil.

10. Beri pujian, apresiasi atau tunjukkan perhatian kita di setiap acara membaca buku. Hal ini agar anak makin termotivasi dan menikmati momen membaca buku.

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Jika 10 poin diatas kita terapkan, Insya Allah anak akan makin menyukai membaca buku dan terbentuk budaya membaca sejak kecil terbawa hingga dewasa nantinya. Jika anak bunda belum bisa baca coba simak ulasan berikut 6 Metode Belajar Membaca Untuk Anak Usia Dini Yang Cocok Diterapkan di Rumah dan Sekolah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel