Iklan Atas Artikel

Haid Tidak Teratur? Lakukan Tips Sederhana Ini Insya Alloh Haid Kembali Normal


Haid atau yang sering disebut datang bulan atau tamu bulanan yang selalu dirasakan oleh kaum perempuan. Haid adalah keadaan rutin yang selalu dialami oleh perempuan yang umumnya mulai usia 12 tahun hingga 40an sampai 50an tahun. Haid juga menandakan proses perkembangan seorang perempuan, dimana hal tersebut dapat menandakan kematangan biologis perempuan. Perempuan mengalami menstruasi normalnya selama 2 hari hingga 7 hari. Namun ada juga yang lebih dari 7 hari. Proses haid yang normal terjadi setiap bulan sekali, dan siklus normalnya biasanya 28 – 35 hari. Namun, ternyata hal ini tidak terjadi pada semua perempuan. Siklus haid yang dirasakan perempuan berbeda–beda, ada yang terlalu cepat dan juga ada yang lebih lambat hingga dapat mengalami haid, bisa 2 bulan sekali bahkan 3 bulan sekali. Nah, proses haid yang tidak normal yang terjadi pada perempuan hal ini menandakan haid yang terjadi pada perempuan tersebut dapat dianggap tidak lancar. Haid yang datang terlambat bahkan tidak lancar biasanya sering diindikasi bahwa perempuan tersebut tidak hamil, padahal tidak selalu seperti itu sebab banyak faktor yang dapat mempengaruhi proses haid seorang tidak lancar salah satunya yaitu stres dan hormon pada tubuhnya tidak seimbang. Apabila anda juga mengalami hal tersebut, maka anda tidaklah perlu panik dan khawatir sebab dalam artikel ini kami akan membahas terkait tips yang dapat anda lakukan agar haid anda lancar. Oke langsung saja, berikut beberapa tips agar haid anda lancar.

Mengkonsumsi makanan pelancar haid

Salah satu penyebab haid tidak lancar adalah tidak adanya keseimbangan hormon pada tubuh anda. Oleh sebab itu agar haid anda dapat lancar alangkah baiknya anda melakukan usaha untuk menyeimbangkan hormon pada tubuh anda. Salah satu hal yang dapat anda lakukan yaitu dengan mengkonsumsi makanan bergizi yang dapat menyeimbangkan hormon dan memperlancar haid, makanan yang dapat anda konsumsi antara lain wortel, daun pepaya, kunyit, dan jahe serta makanan bergizi lainnya.

Gaya hidup sehat

Cara selanjutnya untuk memperlancar haid yaitu dengan melakukan gaya hidup sehat. Tentunya sudah tidak asing lagi bagi anda jika gaya hidup sehat itu identik dengan pola makanan yang sehat dan olahraga, bukan. Namun, selain hal itu anda juga harus mengurangi kebiasaan tidak sehat seperti merokok, minum–minuman berakohol, minum kopi berlebih, serta bergadang. Hal yang tidak sehat tersebut sudah terbukti dapat mempengaruhi jadwal haid yang terjadi pada perempuan maka dari itu agar haid anda lancar hindarilah hal tersebut.

Tidur teratur

Istirahat yang cukup dapat membantu hormon kartisol terproduksi dengan baik. Hormon kartisol ini dapat membantu meredakan stres yang anda alami. Sehingga dengan tidur yang teratur anda akan memiliki hormon kartisol yang cukup sehingga saat anda mengalami stres, setres anda dapat dengan segera teratasi dan tidak akan mempengaruhi hormon hypothalamus yang merupakan hormon pengatur jadwal haid anda. Dengan begini maka haid anda dapat terjadi dengan lancar.

Banyak minum air minera (air bening)

Tips melancarkan haid yang paling mudah yaitu dengan banyak mengkonsumsi air mineral, sebab air mineral sangat penting untuk menyeimbangkan metabolisme di dalam tubuh. Nah, jika metabolisme dalam tubuh anda lancar maka proses haid anda juga dapat terjadi dengan lancar.

Demikianlah uraian singkat mengenai tips dan solusi sederhana untuk memperlancar haid. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda khususnya para wanita. Sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel