Iklan Atas Artikel

Tanpa Bahan Pengawet, Ini Dia Makanan Sehat Untuk Musim Dingin Yang Digemari


Nyongmart.com- Saat ini suhu di Indonesia cenderung menurun, bahkan dibeberapa wilayah suhu mencapai 0 derajat yang menyebabkan pembekuan embun menjadi salju atau disebut frost, seperti di Pegunungan Dieng-Wonosobo. Nah saat kondisi dingin mungkin yang biasa kita lakukan untuk mengusir dingin dengan menggunakan jaket tebal dan duduk terpaku sambil menikmati secangkir teh hangat. Iya kan? Namun cara ini terkadang belum bisa mengusir hawa dingin seutuhnya. Nah, gaes kali ini nyongmart.com akan berbagi makanan dan minuman, upps sorry, maksudnya berbagi informasi tentang makanan sehat untuk musim dingin, yang jika dikonsumsi akan menghasilkan energi yang akan menggerakan tubuh. Sehingga tubuh akan terasa hangat dan rasa dinginpun perlahan akan hilang.

1. Wedang jahe

Salah satu minuman yang dikenal efektif sebagai pengusir rasa dingin adalah wedang jahe. Disamping juga memiliki banyak khasiat untuk obati penyakit. Rempah-rempah ini juga terbukti ampuh menghangatkan tubuh dikala dingin. Untuk mendapatkan rasa hangat dari jahe tidak selalu dalam bentuk minuman, jahe juga bisa campur dengan sop ayam, atau bubur kacang hijau. Justru cara yang lebih efektif untuk mendapatkan rasa hangat dari jahe adalah dengan dikunyah langsung.

2. Lada hitam dan cabai

Sebagai rempah-rempah cabai mengandung senyawa aktif yang disebut capsaicin. Senyawa ini berfungsi mendatangkan rasa panas dari dalam tubuh melalui rangsangan pada sistem peredaran darah. Cara konsumsi rempah-rempah ini bisa dijadikan sambal atau dicampur dalam sayuran. Namun perlu diperhatikan bagi anda penderita tukak lambung tidak dianjurkan mengkonsumsi cabai jenis apapun karena akan memperlambat penyembuhan.

3. Kayu manis

Selain jahe dan cabai ternyata ada juga rempah-rempah yang ampuh menghangatkan tubuh yaitu kayu manis. Bagaimana cara menikmatinya? Gampang saja, cukup campurkan dengan teh atau kopi anda atau bisa juga dijadikan bumbu makanan kesukaan anda. Dan tunggulah reaksi hangat yang akan dihasilkan dari kayu manis ini.

4. Buah-buahan

Bahan alami yang ampuh menghangatkan tubuh saat dingin adalah buah-buahan, tentu tidak semua jenis buah memiliki khasiat ini hanya buah tertentu saja. Diantara buah yang menghasilkan energi hangat dalam tubuh adalah pisang dan apel. Kenapa pisang? Sebagaimana yang kita tahu pisang memiliki kandungan vitamin B dan magnesium yang tinggi.kedua kandungan ini berfungsi membantu tiroid dan kelenjar adrenal sehingga tubuh menjadi hangat saat cuaca dingin. Adapun apel buah dengan kandungan serat yang tinggi. Saat anda banyak konsumsi buah apel cukup untuk membuat perut anda kenyang. Dengan perut kenyang dinginpun hilang.

5. Minyak kelapa

Yang terakhir bahan alami yang efektif usir rasa dingin adalah minyak kelapa. Kenapa harus minyak kelapa? Karena kandungan vitaminnya dapat mempercepat proses metabolisme dalam tubuh sehingga meningkatkan suhu dalam tubuh anda.

Nah, itulah lima makanan atau minuman sehat yang cocok dikonsumsi dimusim dingin seperti sekarang ini. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel