Iklan Atas Artikel

Berikut Ini Kelebihan dan Kelemahan Dompet Digital yang Wajib Anda Tahu


Kembali hadir sebuah produk teknologi yang menawarkan berbagai kemudahan bertransaksi baik secara online maupun offline. Dompet digital atau e-wallet sebuah trobosan baru yang populer beberapa tahun belakangan. Di Indonesia setidaknya ada empat perusahaan dompet digital dengan jumlah pengguna yang banyak yaitu OVO, Go-Pay, T-cash dan e-Money. Dilihat dari manfaatnya, dompet digital merupakan aplikasi elektronik yang digunakan sebagai alat transaksi secara online melalui smartphone, secara umum dompet digital memiliki kesamaan dengan kartu kredit maupun debit dalam aspek kegunaannya. Bedanya jika kartu kredit membebani anda biaya financial charge maupun materai yang tinggi sementara dompet digital bisa menekan kost yang berlebihan alias berhemat.

Untuk menjaga privasi dan keamanan para penggunanya, e-wallet menerapkan kata sandi pada setiap akun pengguna. Dengan system perlindungan ini tentu meminimalisir tindak kecurangan dan pencurian data. Selain kata sandi, dompet digital juga memiliki keamanan tingkat tinggi. Hal ini dikarenakan, setiap aplikasi e-wallet rata-rata menggunakan tiga platform berbayar, yakni QR Code, Near-Field Communication (NFC), dan One-Time Password (OTP), seperti yang kita tahu, ketiga platform diatas membutuhkan verifikasi dari pengguna di setiap transaksi yang akan dilakukan.

Sebagaimana lumrahnya sebuah produk teknologi, selalu memiliki dua hal yakni keunggulan dan kelemahan. Tak terkecuali e-wallet, dibalik seabreg kemudahan dan keunggulan yang ditawarkan ada juga sisi kelemhannya. Lalu apa kelebihan atau keunggulan dompet digital?

Keunggulan e-wallet:

1. Mudah dan Aman

Diantara keunggulan dompet digital adalah menawarkan banyak kemudahan dalam bertransaksi. Sebagai contoh dengan menggunakan layanan ini saat hendak belanja atau membayar tagihan tidak perlu keluar rumah cukup menggunakan HP dan koneksi internet saja segala kebutuhan bisa terpenuhi. Bertransaksi semacam ini tentu meminimalisir terjadinya tindak kriminal seperti perampokan dan lain sebagainya. Dari sini keamanan pengguna terjaga dengan baik.

2. Tersedianya riwayat transaksi

Salah satu fitur penting yang tersedia pada aplikasi e-wallet adalah transaksi histori. Hal ini berfungsi mempermudah anda dalam pencatatan keuangan. Anda bisa dengan mudah menemukan riwayat transaksi yang hendak dicari dan tersimpan aman dalam bentuk digital. Informasi riwayat transaksi yang tersimpan juga lebih detail dan diatur sedemikian rupa sehingga rapi dan mudah dicari.

3. Praktis

Kelebihan lainnya dari e-wallet adalah memberikan efektifitas dan fleksibilitas tingkat tinggi. Dimana aplikasi ini sangat mudah digunakan oleh siapapun. Anda cukup menginstal aplikasi dompet digital tersebut pada smartphone. Kemudian ikuti petunjuk pengisian informasi security yang diperlukan. Cara bertransaksinya juga sangat mudah dimulai dengan memasukan password untuk memverikasi pembayaran. Dijamin gak ribet dan mampu membantu anda dalam memonitor cek maupun saldo yang anda miliki.

Kelemahan e-wallet

Walau memiliki banyak keunggulan seperti yang diuraikan diatas namun e-wallet juga memiliki sisi kelemahan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dompet digital yang perlu diketahui :

1. Minimnya layanan

Minimnya layanan disini adalah terbatasnya layanan yang disediakan. Sebagai contoh Dompet digital tidak dapat digunakan untuk bermacam-macam transaksi. Karena dompet digital ini hanya bisa digunakan untuk merchant yang sudah ada kerja sama dengan penerbit dompet digital itu sendiri.

2. Saldo tidak bisa diuangkan

Uang anda yang sudah didepositkan dalam dompet digital tidak bisa dicairkan. Apabila bisa dicairkan maka hanya terbatas dan hanya bisa ditransfer ke sesama pemilik aplikasi yang sama. Terlebih ada batas maksimum saldo sehingga ada ambang batas transaksi yang diterapkan. Biasanya maksimum isi dompet digital ini ialah sebesar Rp.10.000.000.

3. Tidak ada system bagi hasil

Dompet digital tidak sama dengan rekening bank yang mana jika semakin banyak uang anda yang didepositkan maka tidak ada bunga sama sekali. Keunggulannya dompet digital tidak membebani biaya administrasi yang mampu mengurangi saldo dompet anda. Ini artinya uang anda di dompet digital tidak akan berkembang.

Penutup

Dari uraian diatas tentu anda sudah tahu keunggulan maupun kelemahan dompet digital. Keputusan untuk menentukan pilihan ada ditangan anda. Jika teknologi ini dirasa penting silahkan gunakan dengan bijak. Namun jika merasa ragu lebih baik pikirkan kembali sampai anda yakin untuk menggunakannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel