Iklan Atas Artikel

Inilah 5 Destinasi Wisata Untuk Keluarga Di Purbalingga Yang Paling Favorit


Nyongmart.com - Saat mencari obyek wisata untuk keluarga setidaknya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, diantaranya aspek kenyamanan, keamanan, pendidikan dan ekonomis. Pertama, nyaman, tentu saja apalah artinya berlibur jika yang didapat hanya rasa lelah dan menyebalkan. Sebuah tempat wisata bisa dikatakan nyaman jika memenuhi beberapa kriteria berikut ini, lokasi yang mudah diakses dari jalur utama dan mudah diakses oleh kendaraan roda empat maupun roda dua, tempat parkir yang luas, WC yang banyak dan bersih, lokasi wisata yang luas, banyak spot untuk istirahat dan tersedianya fasilitas umum lainnya. Kedua kemanan, aspek ini menjadi bahan pertimbangan yang sangat penting. Karena saat berlibur dengan keluarga tentu kita membawa serta anak-anak. Kriteria sebuah obyek wisata itu aman untuk keluarga bisa dilihat dari beberapa hal, tersedianya system keamanan yang memadai seperti securiti, petugas penjaga disetiap wahana dan titik rawan, adanya kamera CCTV dll. Selain itu wisata aman untuk keluarga diantaranya lokasi wisata bukan berupa tebing, curug, sungai yang deras dan binatang buas yang berkeliaran. Selain itu nilai pendidikan juga menjadi bahan pertimbangan oleh orang tua saat hendak berlibur dengan keluarga. Ibarat pepatah sambil menyelam sambil minum air. Selain berlibur dan bercengkarama dengan keluarga juga mendapat hal baru dan pengetahuan yang berharga. Terakhir ekonomis, untuk yang ini sifatnya relatif, bahkan sangat relatif. Apalah artinya duit yang kita keluarkan demi kebahagiaan keluarga. Namun tentu saja perlu untuk dipertimbangkan juga apalagi anda termasuk keluarga besar.

Nah dari kriteria diatas inilah 5 obyek wisata di Purbalingga yang cocok dan patut dicoba untuk berliburan bersama keluarga anda.

1. Pancuran mas atau aquarium raksasa

Salah satu destinasi wisata favorit keluarga di Purbalingga adalah aquarium raksasa pancuran mas. Berlokasi di sebuah desa di kecamatan Padamara kabupaten purbalingga ini sangat layak direkomendasikan untuk keluarga, area wisata yang luas kurang lebih 6 hektar, tempat nyaman dan banyak wahana pendidikan untuk keluarga. Selain menyajikan wisata unggulan yaitu akuarium raksasa dengan berbagai jenis ikan laut maupun air tawar, disini juga telah dibuka wahana baru yang cocok untuk keluarga seperti : kolam renang lengkap dengan water boom, wahana main praon (perahu), taman bermain, ada juga kolam terapi ikan seta tersedia bioskop 3D. Wahana baru lainnya yang tidak kalah menarik dan penuh nilai Pendidikan adalah: Wahana dunia air yang merupakan wahana andalan disini dengan menghadirkan bermacam aneka jenis ikan yang berada di sebuah Akuarium raksasa yang sangat eksotik, Planet Aquarium Toyoshuka, Akuarium Nusantara, Istana Burung dengan beberapa koleksi burung asli nusantara dan mancanegara, Taman unggas, Taman Buah Naga, Konservasi Rusa dan masih banyak lagi. Jadi tunggu apalagi, segera rencanakan liburan keluarga anda untuk datang kesini.

2. Sanggaluri

Destinasi wisata yang tidak kalah menariknya adalah taman sanggaluri. Terletak disebuah desa bernama munjul, kecamatan Kutasari, arah barat dari pusat kota purbalingga berjarak kurang lebih 4-5 km. Sanggaluri sendiri merupakan singkatan dari Sanggar Luruh Ilmu. Maka sudah pasti berlibur kesini akan banyak ilmu yang didapat. Sebab disini menyediakan berbagai wahana yang penuh dengan nilai edukasi diantaranya Wahana Reptil, Wahana ini menyediakan aneka macam reptil dan berbagai jenis serangga yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Wahana IPTEK dan PRESTASI, disini pengunjung bisa menyaksikan beberapa koleksi hasil prestasi dan penghargaan tokoh-tokoh masyarakat purbalingga dan pemerintahan purbalingga. Museum Uang, disini pengunjung bisa menyaksikan koleksi mata uang indonesia dari masa kerajaan. Museum Wayang & Artefak bagi anda pecinta seni budaya wahana ini sangat cocok untuk dikunjungi. Ada juga Taman Batu, Taman Burung, Rumah Gempa, Labirin Kaca, Taman Sesat. Selain itu masih ada lagi sebagai pelengkap liburan keluarga yaitu taman lalu lintas, Istana Balon, Kuda Tunggangan dan trampolin raksasa. Bagaimana menarik sekali bukan?

Baca juga: 10 Jenis Wayang asal Indonesia dan Sejarahnya

3. Owabong waterpark

Salah satu destinasi wisata kebanggan masyarakat Purbalingga adalah Owabong. Kenapa demikian? Saat anda berkunjung disini anda akan menikmati aneka macam permainan air. Dengan luas tanah 4 hektar lebih hampir didominasi dengan wahana air. Salah satunya adalah Kolam Ombak Sagara. Selain itu terdapat juga Kolam Renang Olympic yang sudah memenuhi standar intenasional. Woow! Ada lagi wahana yang super keren yaitu waterboom, dengan ketinggian mencapai 13 meter, waterboom disini menjadi yang tertinggi di Jateng. Wahana air lainnya adalah pantai bebas tsunami, kanal arum, kolam ember tumpah, kolam renang air hangat, kolam akhir dan kolam terapi ikan.

Selain itu Owabong waterpark juga menyediakan berbagai macam fasilitas yang akan menambah kenyamanan liburan keluarga anda diantaranya terdapat restoran, food court , kamar mandi yang banyak, kamar ganti, kamar bilas, toilet yang nyaman dan bersih, tempat parkir yang cukup luas untuk pengunjung serta fasilitas peribadatan yaitu mushala. Jadi jangan ragu lagi saat liburan nanti datang dan nikmati keseruannya owabong.

4. Golaga (gua lawa)

Obyek wisata alam yang satu ini menyuguhkan pemandangan alam yang asli dan unik. Gua lawa adalah wisata alam berupa gua asli namun di display dengan sentuhan nilai artsitik yang tinggi sehingga nampak indah dan jauh dari kesan mistis. Terdapat 14 cabang gua didalamnya. Bagi anda yang suka jeprat-jepret atau swafoto, golaga adalah tempat yang tepat. Terdapat banyak spot untuk berfoto baik didalam gua maupun diluar gua. Butuh waktu sekitar 20-30 menit untuk menyusurinya. Yang baru dan satu-satunya di Asia adalah cafe mini yang ada didalam gua. Bertempat di Desa Siwarak kec. Karang reja, dengan jarak tempuh kurang lebih 45 menit sampai satu jam dari pusat kota purbalingga juga menyuguhkan nuansa pemandangan alam yang asri dan udara yang sejuk. Dengan berbagai keindahan dan tata ruang yang pas maka tempat ini cocok sekali sebagai wisata tujuan keluarga anda.

5. Taman strawberri serang

Tempat ini biasa dikenal dengan nama lembah asri atau D'las atau rest area desa serang. Terletak dikaki gunung slamet, tempat ini menawarkan panorama pemandangan yang menawan dan menentramkan. Bagaimana tidak lokasi yang berada di ketinggian 600 MDPL tentu masih menyajikan pepohonan yang rindang. Selain itu tanaman kebun strawberry menjadi destinasi paling favorit. Dikebun strawberry pengunjung bisa langsung memetik sendiri dan makan sepuasnya. Bagi anda pencinta makanan khas daerah disini juga tersedia mendoan asli banyumasan. Dijamin liburan anda semakin berkesan. Ada juga wahana terbaru dengan nama Geong, sebuah permainan yang menguji adrenalin dengan mengendarai sepeda diatas awan. Woow! Namun jangan khawatir karena wahana ini aman kok. Untuk mencapai lokasi ini anda membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari pusat kota Purbalingga ke arah barat. Dengan pemandangan pegunungan sepanjang perjalanan yang akan memanjakan mata anda. So, tunggu apalagi segera rencanakan liburan keluarga anda nanti untuk datang kesini.

Baca juga: Cerahkan Wajah kusam dengan Masker Alami, Cobalah!

Nah, itulah ulasan singkat mengenai 5 destinasi wisata keluarga di Purbalingga yang rekomended. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan peta lokasi yang akurat bisa searching di google map. Selain 5 tempat diatas sebenarnya masih banyak lagi destinasi wisata purbalingga yang patut untuk dikunjungi. Demikian semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan kami. Selamat berlibur dan jaga keselamatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel