Iklan Atas Artikel

Cara Efektif Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan


Libur sejatinya menjadi kebutuhan untuk para pekerja apapun profesinya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan produktifitas setelahnya. Namun apa hendak dikata jika libur justru menghasilkan rasa malas untuk memulai kembali rutinitasnya yaitu kerja. Terlebih saat libur panjang. Ada beberapa faktor yang melatar belakanginya, diantaranya adalah masih merasa kurang dengan durasi waktu liburan yang dialokasikan. Sehingga membuat tambahan waktu libur diluar ketentuan. Namun apapun alasannya kuncinya adalah ada pada diri anda, dan itu bisa diperbaiki.

Tips Sederhana ini semoga membantu anda untuk lebih semangat dan giat lagi dalam bekerja setelah libur panjang.

1. Buat program liburan yang berkualitas

Hal pertama yang harus anda lakukan menyusun program liburan. Tujuannya apa? Agar waktu liburan bisa berjalan efektif tepat waktu. Karena seberapa lama apapun masa liburan anda jika tidak terprogram yang ada akan menjadikan waktu liburan terbuang sia-sia yang akhirnya berdampak pada rasa malas saat memulai kerja lagi.

2. Jaga pola hidup sehat

Liburan bukan berarti anda bebas melakukan apapun. Ingat tujuan utama liburan adalah untuk menyegarkan semangat dan produktifitas. Maka kurang bijak jika masa liburan dijadikan ajang hura-hura yang melampaui batas. Diantara kebiasaan buruk saat liburan adalah pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur, pola istirahat yang kacau, berlebihan dalam berrekreasi. Akhirnya habis masa liburan bukan semangat yang bertambah tapi penyakit yang bersarang.

3. Olah raga

Termasuk bagian dari pola hidup sehat sebagaimana tertuang pada point 2 adalah olahraga. Diantara faktor yang menyemangati usai masa liburan habis adalah olah raga. Olah raga akan menyegarkan tubuh kita. Saat kondisi tubuh fit untuk melakukan apapun akan terasa nyaman, termasuk memulai bekerja setelah liburan. Tidak membutuhkan waktu berjam-jam untuk olah raga cukup 15 menit setiap hari dengan rutin maka itu sudah cukup menyegarkan tubuh.

4. Planning

Setelah tiga point diatas dilakukan, berikutnya buatlah planning atau rencana kedepan setelah masa libur usai. Hal ini sangat penting untuk menumbuhkan motifasi dan etos kerja. Planning yang dirancang tergantung profesi masing-masing dan memiliki tingkat dan target yang berbeda-beda. Saya yakin setiap kita menghendaki peningkatan dalam setiap usaha yang kita tekuni, dan hal tersebut berlaku disetiap profesi manusia. Anda yang menjadi pegawai negeri sekalipun akan sangat mungkin meningkatkan jabatan anda menuju tingkatan golongan atas dengan memperbaiki kinerjanya. Dan ini semua dimulai dengan membuat program atau planning. Liburan adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Baca juga: 5 Tempat Liburan untuk keluarga paling favorit di Purbalingga

Penutup

Kesimpulan dari empat point diatas adalah mari kita mulai segala sesuatu dengan hal baik. Termasuk saat hendak memulai kerja setelah libur, mulailah dengan pola hidup sehat, bangun lebih awal, bagi anda yang muslim lanjutkan shalat subuh, kemudian berolah raga walaupun sebentar dan jangan lupa sarapan pagi. Insyaa Alloh hari pertama kerja anda akan lebih semangat.

Bagaimana sudah siap untuk memulai kerja lagi? Cobalah langkah-langkah diatas semoga membantu anda untuk mengembalikan semangat bekerja setelah libur panjang. Salam sukses untuk anda dan kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel