Iklan Atas Artikel

Begini Caranya Agar Minum Kopi Aman dan Tidak Merugikan Kesehatan


Nyongmart.com- Bagi anda penggemar kopi, tips ini sangat penting untuk diperhatikan. Apa tujuannya? Agar kenikmatan minum kopi tidak berakibat buruk bagi kesehatan anda, tapi justru menyehatkan atau minimal aman bagi tubuh. Inilah tips aman minum kopi.

1. Tidak minum kopi diatas jam 6 sore

Seperti yang kita tahu, salah satu kandungan kopi adalah kafein. Zat kimia yang satu ini berfungsi meningkatkan kewaspadaan mental, sehingga orang yang mengkonsumsi kafein akan lebih konsentrasi dan terjaga dari tidur. Maka saat konsumsi kopi diatas jam 6 sore bisa berdampak pada gangguan jam istirahat tubuh, yang tentu berdampak pada terganggunya metabolisme tubuh.

2. Tidak minum kopi lebih dari 3 gelas

Dalam satu cangkir kopi diperkirakan terkandung kurang lebih 100 mg kafein. Secara umum konsumsi kafein dibawah 300 mg kafein setiap harinya masih aman-aman saja. Adapun lebih dari itu akan rentan terhadap resiko kesehatan anda. Bagi pemiliki riwayat kolestrol perlu diwaspadai bagi penderita kolestrol tinggi dan diabetes harus dibatasi. Terlebih saat sudah mulai muncul gejala jantung berdebar-debar, segera berhenti dari minum kopi.

3. Perhatikan kualitas kopi

Berbicara kualitas kopi banyak dipengaruhi beberapa faktor, seperti varietasnya, tempat pertumbuhannya, cara perawatannya, lingkungan dan sampai pada proses pengolahannnya. Untuk mengetahui itu semua tentu tidak mudah kan? Nah sederhananya jika ingin memilih kopi, pilihlah kopi alami atau murni yang belum diracik dengan apapun, atau beli langsung kepada petani kopi, jika tidak mungkin cari produsen lokal yang menyediakan kopi asli, jika tidak cari dipasar kopi yang masih utuh berupa biji lalu disangrai sendiri, yang ini kurang praktis, jika cara-cara diatas tindak ada maka saat beli kopi di warung atau toko perhatikan kemasannya, pilihlah kopi dengan kemasan aluminium.

4. Seduh kopi tanpa gula

Agar manfaat kopi bisa dirasakan lebih maksimal, seduh kopi tanpa dicampur apapun, baik gula maupun krimer. Namun bagi anda yang belum terbiasa akan terasa pahit sekali. Nah sebagai alternatifnya boleh dicampur gula asalkan kadar gulanya sedikit, atau pilih gula aren atau gula batu.

5. Campur kopi dengan kayu manis

Kedengarannya aneh ya? Tapi tahukah anda ternyata menyajikan kopi dengan campuran kulit batang kayu manis justru menyehatkan. Rempah-rempah yang satu tidak diragukan lagi manfaatnya. Diantaranya bisa meningkatkan fungsi otak, menurunkan kolestrol, menstabilkan gula darah, mencegah pertumbuhan sel kanker, mencegah darah menggumpal, meredakan rasa sakit pada penderita rematik dan berbagai manfaat lainnya.

Itulah cara aman minum kopi tanpa khawatir dampak buruk yang ditimbulkan. Namun tetap saja minumlah sesuai kadarnya. Berlebihan dalam hal apapun tidak baik. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel