Iklan Atas Artikel

Inilah 10 Usaha Kampungan, Modal Sedikit, Resiko Kecil dan Untung Besar


Nyongmart.com- Saat ini untuk menjadi jutawan maupun milyader bisa dilakukan siapa saja. Termasuk anda yang hidup dan tinggal di kampung. Asalakan punya ilmu, semangat, kerja keras dan tentunya doa. Termasuk anda orang kampung. Ternyata ada banyak usaha yang bisa dijalankan dikampung dengan keuntungan yang menjanjikan. Selain modal yang cocok untuk kantong kampungan alias modal yang sedikit juga relevan dengan kondisi kampung. Nah berikut ini 10 Ide Usaha Kampungan yang bisa anda coba.

1. Odong-odong


Tidak ada matinya. Inilah usaha berupa jasa hiburan anak-anak. Simpel, praktis dan modal yang terjangkau. Biaya perawatan yang rendah. Jam operasional yang fleksibel, bisa mencari moment tertentu saja, misal waktu anak-anak sedang bermain atau waktu liburan. Selain itu bisa juga mencari lokasi yang menjadi pusat berkumpulnya keluarga seperti alun-alun contohnya. Jika kita cek di marketplace harga odong-odong berkisar dari harga 8,5 juta hingga 25 juta tergantung jenisnya. Ini jika hendak membeli odong-odong sudah jadi alias siap pakai. Namun jika memilih merakit sendiri mungkin bisa kurang atau bahkan lebih. Namun jangan mengabaikan faktor safety atau keamanan, apalagi anak-anak yang akan menjadi "konsumennya". Keamanan dan kenyamanan dinomor satukan. Dari estimasi biaya diatas jika setiap hari beroperasi maka bisa dipastikan dalam kurun waktu kurang dari satu tahun modal sudah kembali.

2. Jasa Cuci motor


Saat ini tuntutan profesi benar-benar telah menghabiskan sebagian besar waktu. Semua orang sibuk dengan pekerjaannya. Wajar jika penyedia jasa segala jasa sangat menjamur. Nah salah satu peluang usaha yang cukup menguntungkan adalah jasa cuci motor. Hampir dipastikan semua orang punya motor bahkan lebih dari satu. Salah satu perawatan rutinnya (minimal seminggu sekali) adalah dengan dicuci. Dengan modal yang tidak terlalu besar, tidak butuh lahan yang luas, tidak perlu bangunan lengkap cukup tiang dan atap sudah bisa menjadi tempat cuci motor, pelanggan yang tidak terbatas. Ini sangat prospek sebagai usaha anda. Sebagai catatan mengingat usaha ini banyak yang menjalankan maka utamakan pelayanan dan kepuasan pelanggan.

3. Jasa Cukur


Salah satu kebutuhan hidup setiap orang adalah potong rambut. Artinya jasa potong rambut hampir seperti jasa memenuhi kebutuhan pokok. Dan dengan jumlah konsumen yang tidak terbatas. Usaha ini tergolong prospek, kenapa? Karena minimal dalam satu desa ada lima ribu penduduk, setiap orang potong rambut tidak lebih dari 2 bulan. Maka setiap hari akan melayani konsumen minimal 8 orang. Sekali potong rambut minimal 10.000 harga berfariasi. Sudah jelaskan hasilnya? Selain keuntungan yang menjanjikan usaha ini juga tidak membutuhkan modal besar dan minus kerugian. Jika ingin memilih usaha ini silahkan lakukan analisa kebutuhan pasar dan mulailah sesuai dengan kemampuan anda.

4. Bengkel motor

Semakin banyak pengguna motor maka semakin besar peluang untuk melayani service semakin besar. Saat ini pemilik dan penggunaan motor menjadi kebutuhan setiap hari. Semakin sering motor digunakan perfoma akan menurun, perfoma menurun solusinya adalah service. Jasa service motor menjadi peluang usaha yang jika ditekuni akan menjadi besar dan berkembang seiring dengan banyaknya pengguna kendaraan roda dua ini.

5. Jual pulsa

Salah satu usaha yang bisa dijalankan dikampung adalah jual pulsa. Pulsa menjadi kebutuhan wajib apalagi kuota internet. Semua orang punya HP, HP butuh pulsa. Pulsa 10 ribu satu hari bisa habis. Maka segera saja manfaat peluang usaha ini. Banyak kemudahan yang bisa dilakukan untuk memulai usaha ini, jika belum punya modal untuk sewa konter bisa buka dirumah dengan menjadikan tetangga, saudara, atau teman sebagai pelanggannya. Bukan hanya menjual pulsa HP bisa ditambah jual pulsa listrik dan lainnnya.

6. Ternak ayam kampung

Untuk memulai usaha ini tidak harus dengan modal besar. Memelihara ayam kampung sudah menjadi kebiasaan hidup dikampung. Namun ketika usaha ini ditekuni dan diperhitungkan segala sesuatunya akan mendatangkan keuntungan besar. Kelebihan ayam kampung harga relatif tinggi dibanding ayam potong, kebutuhan pasar yang besar, daya tahan tubuh ayam kampung yang kuat. Dan keunggulan lainnya. Intinya coba pelajari lebih detail lagi mengenai keuntungan usaha ayam kampung ini.

7. Ternak kambing

Bagi anda yang sedang mencari usaha dengan modal kecil ini bisa menjadi peluang. Bahkan yang tidak punya modalpun bisa memulai usaha ini dengan cara mencari investor kemudian bagi hasil. Yaitu ternak kambing. Saat ini kebutuhan akan daging kambing tidak pernah berhenti. Hal ini disebabkan beberapa hal diantaranya kebutuhan untuk kambing aqiqah, rumah makan maupun konsumsi pribadi. Selain itu menyongsong hari raya qurban kebutuhan akan kambing juga pasti meningkat. Keuntungan lain dari usaha ternak kambing adalah, mudah pemasarannya, kebutuhan pasar yang besar, omset yang tinggi dan resiko yang kecil.

Baca juga : 6 Kesalahan yang Merugikan Pengusaha Pemula
8. Laundry

Dewasa ini keberadaan jasa cuci pakaian atau laundry menjamur dimana-dimana. Bukan hanya diperkotaan atau kampus saja namun di perkampungan juga sudah ada. Nah bagi anda yang ingin memulai usaha rumahan dan modal yang kecil, sepertinya laundry adalah solusinya. Tidak dibutuhkan modal besar, lahan yang luas anda bisa menjalankan usaha ini dengan satu mesin cuci dan lahan jemuran yang ada dibelakang rumah anda. Jangan khawatir terhadap pelanggan, karena bukan hanya anak kost-kostan saja yang menggunakan jasa ini bahkan ibu rumah tangga yang memiliki kesibukan dengan pekerjaan juga memilih laundry untuk mencuci pakaian keluarganya.

9. Setrika baju

Usaha yang satu ini sebenarnya bisa dipaketkan dengan laundry. Hanya bagi anda yang hanya ingin menawarkan jasa setrika saja juga bisa. Usaha ini tergolong mudah karena hanya dengan modal setrika, semprot pewangi dan keahlian menyetrika anda sudah bisa memulai usaha ini dirumah. Sebagian ibu rumah tangga ada yang hanya bisa mencuci sendiri menggunakan mesin cuci dirumah, namun untuk menyetrika menggunakan jasa. Selain praktis hasilnya juga biasanya lebih rapi.

10. Sarapan pagi

Semua orang menginginkan efesiensi waktu. Kesibukan bekerja dan mengejar karir hampir menyita sebagian besar waktunya. Hal ini berlaku bukan hanya diperkotaan diperkampungan juga sama, saat ini orang memilih segala sesuatu yang praktis. Salah satunya menyiapkan sarapan pagi. Hampir sebagian besar ibu rumah tangga tidak punya waktu untuk menyediakan sarapan pagi anaknya yang sekolah atau suami yang bekerja. Padahal sarapan pagi menjadi kebutuhan setiap hari. Nah ini sebuah peluang usaha yang menggiurkan, menyediakan masakan atau makanan untuk sarapan bisa menjadi ladang penghasilan yang tinggi.

Baca juga : Lebih Baik Dihindari, Inilah Usaha yang Tidak Cocok untuk Mahasiswa

Saat hendak membuka usaha ini ada baiknya analisa terlebih dahulu, mulai dari modal, jenis masakan dan lokasinya. Jika sudah siap segera saja mulai usaha ini. Salah satu keuntungan dari usaha ini adalah waktu yang relatif singkat, modal yang kecil dan tempat usaha yang bisa dilakukan dirumah.

Nah, itulah 10 ide usaha dikampung dengan omset yang besar. Tunggu apalagi segera ambil peluang ini sesuai dengan budget dan kebutuhan pasar yang ada dikampung anda. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel