Iklan Atas Artikel

6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengusaha Pemula


Bisnis atau usaha butuh ilmu dan keseriusan. Selain itu selalu teliti terhadap segala hal yang memiliki keterkaitan dengan usaha. Apalagi bagi pemula jangan menganggap remeh dengan segala perubahan yang terjadi pada usaha anda, sekecil apapun. Segera cari solusi dan jalan keluarnya. Karena masalah besar sering kali terjadi disebabkan karena mengabaikan masalah-masalah kecil. Nah berikut ini 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan para Pengusaha Pemula yang menjadi pemicu kegagalan dalam bisnisnya.

1. Terlalu obsesi pada produk

Saat membangun usaha jangan terlalu obsesi pada produk yang ingin dihasilkan. Namun lakukan analisa terlebih dahulu terhadap apa yang dibutuhankan oleh orang disekeliling anda, itulah peluang usaha anda. Sebagai contoh saat tempat anda tinggal ada perusahasn dengan jumlah karyawan yang banyak, apa hal yang diperlukan oleh karyawan disitu, kebutuhan yang pasti diperlukan adalah makan siang, maka buatlah rumah makan dengan harga yang disesuaikan dengan kantong karyawan maka bikinlah warteg atau warung makan sederhana dan terjangkau. Ini lebih real. Jangan merasa gengsi dengan produk yang anda jual.

2. Terlalu Ambisi

Diantara faktor kegagalan saat merintis usaha maupun membangun usaha yang sudah berjalan adalah terlalu ambisi alias aji mumpung. Perlu diperhatikan terutama bagi pemula meskipun usaha yang anda miliki memiliki perkembangan yang pesat jangan sampai membuat anda terlalu berambisi untuk menguasai pasar tanpa pertimbangan matang. Alih-alih memperluas jaringan dengan membuka cabang lain, jika tidak dibarengi dengan mempersiapkan managerial yang bagus justru akan memicu kegagalan.

3. Strategi sukses

Menuju kesuksesan dalam membangun usaha adalah impian semua orang. Namun impian ini bisa kandas ditengah jalan jika tidak dibarengi dengan skill marketing anda. Skill marketing bagi pengusaha adalah strategi menuju sukses. Maka seorang pengusaha harus punya mentor bisnis yang berfungsi sebagai pengarah dan pembimbing dalam mengambil langkah.

4. Terlalu percaya pada kolega

Faktor ini sering sekali menimpa para pemula. Disaat usahanya melejit banyak kolega atau orang yang melirik. Mulai dari menawarkan pinjaman (riba) sampai modus investasi. Bukan berarti anda harus berperasangka buruk kepada orang lain, namun bersikap hati-hati dan mengambil langkah prefentif tentu lebih aman.

5. Kurang inovasi

Hari ini inovasi menjadi penentu kesuksesan dalam usaha anda. Skill marketing dan branding adalah hal wajib yang harus dimiliki oleh pelaku usaha. Persaingan pasar yang ketat tidak hanya ditentukan oleh nilai sebuah barang atau jasa, tapi juga inovasi yang berkesinambungan dan mengikuti perkembangan pasar yang terus dijalankan. Banyak pengusaha yang stagnan bahkan tidak mampu bersaing ditengah-tengah pasar karena minus inovasi. Diantara inovasi yang umum dikembangkan dalam sebuah bisnis adalah inovasi radikal yaitu sebuah inovasi yang bertujuan menciptakan produk baru yang berbeda sama sekali dengan produk lama. Baca juga: 10 Jenis Usaha diperkampungan dengan Modal Sedikit dan Resiko Kecil

6. Manajemen cash outflow

Satu hal yang tidak boleh luput untuk diperhatikan para pemula adalah manajemen cash flow. Cash flow Adalah seluruh bentuk kas yang masuk dalam perusahaan yang akan menambah aset sebuah perusahaan. Adapun pengeluaran atau pembelanjaan dalam sebuah bisnis disebut dengan Cash ouflow. Cash ouflow terdiri dari berbagai bentuk, seperti uang belanja perusahaan untuk memenuhi bahan-bahan baku yang dibutuhkan, dana untuk membayar gaji karyawan, dana untuk membayar sejumlah tagihan yang masuk, dana untuk membeli berbagai peralatan (aset) yang baru bagi perusahaan, biaya bunga utang cicilan, biaya pajak, dan yang lainnya. Menggunakan seluruh profit untuk membeli barang dagangan adalah sebuah kesalahan besar bagi pengusaha. Kenapa? karena saat seluruh uang "dibarangkan" ini akan menyulitkan terpenuhi kebutuhan yang sifatnya mendesak dan juga mengantisipasi terjadinya penurunan harga pasaran secara tiba-tiba yang ini jelas merugikan.

Kesimpulan

Menjalankan sebuah usaha memiliki resiko yang tidak kecil. Persiapan mental dan skill bisnis mutlak dibutuhkan. Agar bisnis yang dirintis mampu bertahan melewati masa-masa kritis diawal karier. Dan 6 kesalahan pengusaha sebagaimana diuraikan diatas bisa menjadi basic dalam memulai sebuah usaha. Semoga tulisan ini bermanfaat.

 
*Penulis coach Indiatno owner alzena skin care dan menthor bisnis PBI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel